Hobi saya adalah olahraga, yang menjadi favorit saya saat ini adalah bulutangkis. Saya sudah menekuni olahraga ini sejak masih duduk di bangku SMP. Awal mulanya saya tertarik dengan olahraga bulutangkis ini sejak menonton pertandingan Thomas Cup yang menampilkan Taufik Hidayat. Melihat gaya permainannya dan akhirnya bisa membawa harum nama Indonesia di dunia Internasional, maka saya mulai suka dengan olahraga yang satu ini.

Pada awal saya menyukai olahraga bulutangkis, maka raket seringkali tidak menjadi masalah, asal ringan dan tidak cepat rusak saja. Kadang-kadang seorang yang masih pemula dalam olahraga bulutangkis sulit memahami bagaimana cara mendapatkan raket yang sesuai untuknya. Padahal memilih raket badminton ternyata tidak boleh sembarangan. Karena nantinya raket yang kita pilih sedikit banyak akan berpengaruh dengan karakter permainan kita.

tips memilih raket bulutangkis

Sebelum memilih raket badminton kita menentukan karakter permainan yang seperti apa yang akan kita gunakan. Ada raket yang dirancang khusus untuk tipe menyerang, tipe bertahan atau bisa juga gabungan dari keduanya. Dengan cara memilih raket yang tepat maka teknik dan kemampuan bermain kita akan menjadi lebih meningkat dan optimal.

Berikut ini tips yang bisa anda gunakan dalam memilih raket bulutangkis:

  1. Tipe permainan dengan gaya menyerang. Jika anda seorang pemain bulutangkis yang memiliki gaya menyerang yang aggresif, maka sebaiknya anda memilih raket badminton yang tidak terlalu fleksibel. Pilihlah raket dengan bobot yang mantap untuk menghasilkan pukulan yang memiliki power.

    Untuk permainan menyerang, pilihlah raket jenis 3U – 2U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 285-300 cm. Ini akan membuat kekuatan pukulan smash anda semakin mantap.

  2. Untuk permainan tipe bertahan dan kontrol. Jika anda termasuk pemain yang mengandalkan reli dalam permainan dan berusaha untuk mengontrol bola yang akan diarahkan ke lawan, maka sebaiknya anda memilih raket badminton yang tidak terlalu berat seperti jenis 4U – 3U dengan titik keseimbangan dari ujung grip 270 – 285 cm. Dengan tingkat fleksibilitas sedang. Dengan spesifikasi raket ini anda akan memiliki akurasi dan respon yang lebih cepat dalam menahan serangan lawan.

  3. Untuk jenis permainan yang merupakan kombinasi dari permainan bertahan dan menyerang sebaiknya memilih raket badminton jenis 3U dengan titik kesimbangan 270 – 285 cm dan memiliki tingkat fleksibilitas sedang.

Demikianlah kira-kira beberapa hal dasar yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih raket bulutangkis yang tepat dan terbaik untuk anda. Spesifikasi raket yang demikian biasanya dapat ditemukan pada raket-raket tertentu yang bermerek. Untuk masalah merek sebenarnya tergantung selera anda, namun yang paling banyak disarankan oleh orang-orang yang berpengalaman dalam bulutangkis adalah merek Yonex, Apacs, Astec, Pro-Ace, dan Gosen.

Perhatikan juga ketika ingin memilih raket badminton yang sudah memiliki merk seperti Yonex, pastikan raket yang kita pilih benar-benar raket asli bukan tiruan. Tentu anda tidak mau membayar mahal untuk sebuah raket tiruan bukan? Agar tidak tertipu dengan raket tiruan maka kita perlu memastikan penjual raket memiliki sertifikat resmi dari Sunrise.

Selain berkaitan dengan gaya permainan anda, ada beberapa hal yang lain yang perlu diperhatikan dalam memilih raket bulutangkis secara umum, yaitu:

  • Pilihlah raket dengan bahan dasar yang berkualitas seperti carbon-fiber yang mempunyai karakter sangat aerodinamik dan ringan, namun kuat dan tidak mudah berkarat. Raket jenis ini sangat nyaman digunakan dan lebih tahan lama, sehingga anda bisa menggunakannya selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang berarti.

  • Pada saat memilih raket, pilihlah yang mempunyai diameter gagang (pegangan) yang sesuai dengan ukuran tangan kita. Pertimbangkan juga jika kita ingin menambahkan handgrip, karena pegangan akan bertambah besar. Dengan posisi pegangan yang mantap dan nyaman, maka anda bisa bermain bulutangkis dengan lebih maksimal.

  • Usahakan ketika memilih raket bulutangkis, anda bisa mencoba langsung raket yang akan dibeli. Coba simulasikan gerakan ayunan dan pukulan anda, pastikan apakah ayunan yang dihasilkan oleh raket tersebut cocok dan nyaman dengan anda. Jika anda ingin membeli secara online karena harganya bisa lebih murah, maka anda bisa coba dulu di toko-toko terdekat dan catat merek dan spesifikasinya agar pada saat kita membeli secara online bisa mendapatkan raket yang tepat dan sesuai.

    enter image description here

Dalam memilih raket badminton, gaya dan teknologi yang dimiliki raket tersebut adalah pada urutan kesekian. Karena percuma saja memiliki raket dengan teknologi paling canggih tapi tidak sesuai dengan tipe permainan kita.

Punya tips lainnya?? Share disini donk...

Last edited 26 June 2016