loading categories..
PeopleHOPE Lifestyle Community

Tips Memilih Mainan Edukatif Untuk Anak Usia 2-5 Tahun

2
1 Posts
5 Points
Bily.lee posted this in Kids and Parenting

Anak-anak sangat identik dengan mainan. Orangtua harus cerdas memilih mainan yang terbaik untuk anak-anaknya. Memilih mainan untuk anak yang berusia 2-5 tahun tidak boleh sembarangan. Jangan asal memilih mainan yang terlihat menarik dan atraktif namun bisa membahayakan sang buah hati anda. Mainan yang baik bagi anak usia 2-5 tahun adalah mainan yang sesuai umur mereka dan tidak membahayakan.

Selain itu kita juga perlu mengetahui bahwa anak yang berusia 2 tahun belum bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, karena itu jangan membelikan mainan berbahasa asing, kecuali kalau kita memang ingin membiasakan anak kita berbahasa asing tersebut. Namun hal ini harus dilakukan secara konsisten, jika tidak, hal ini justru akan memperlambat kemampuan bicaranya. Hal ini disebabkan karena sang anak dapat mengalami kebingungannya dalam memilih bahasa. Jika telah lancar berbicara, sekitar usia 3 tahun ke atas, mainan seperti ini boleh diberikan.

enter image description here

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah melihat mainan dari bentuk dan bahan dasarnya. Jika mainan berbahan kayu dan dicat, sebaiknya pilihlah cat yang tidak berbahaya bagi anak. Karena anak biasa memasukkan mainan ke dalam mulut tanpa sadar, karena bisa saja hal ini luput dari pengawasan orang tua.

Untuk anak usia 2 tahun, sebaiknya memilih mainan yang ukurannya besar, jika kecil, dikhawatirkan akan tanpa sengaja masuk ke dalam mulut dan tertelan.

Mainan-mainan apa saja yang direkomendasikan untuk anak balita??

Contohnya: Balok plastik yang memiliki tonjolan-tonjolan yang bisa disambung-sambung menjadi suatu bentuk tertentu dan tersedia dalam aneka warna dan ukuran.

Selain seru dimainkan, mainan balok ini juga bisa mengasah kreatifitas anak. Anak bisa membentuk apapun yang diinginkannya sambil berpikir bagaimana cara membuatnya, selain bermain, otaknya juga diasah.

Last edited 22 March 2014


comments
1 user(s) write 1 comment(s) on this post
guest posted this 11 February 2013

Info yang menarik... Kadang kita Sebagai ortu tidak memikirkan sampai dari mainan yang kita berikan kepada anak2 kita.

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers

Klik untuk Lihat Jadwal TV Hari Ini

2
2 Posts
10 Points
Yossy posted this in Kids and Parenting

Tips memilih mainan edukatif untuk anak usia 2-5 tahun dari Nazly Jordan M.S.Ed

Mainan yang dapat digunakan sekaligus sebagai alat pembelajaran akan sangat baik diberikan kepada anak-anak kita yang berusia 2-5 tahun. Dengan demikian, fungsi mainan yang edukatif ini memiliki fungsi ganda, selain sebagai sarana hiburan bagi anak, namun juga bermanfaat bagi kecerdasan dan pendidikan sang anak.

Nazly menyarankan mainan seperti pembelajaran alphabet, yang mana dapat membantu putra-putri kita memiliki reading skills (kemampuan membaca) yang baik.

Last edited 18 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..

Or

Ada pertanyaan?? Silahkan hubungi Team Support PeopleHOPE menggunakan Yahoo Messanger di bawah ini.
loading