Masalah jerawat merupakan masalah yang umum dijumpai dan berlaku hampir disemua negara. Menarik untuk menyimak bagaimana cara menghilangkan jerawat dari beberapa negara yang ada di dunia ini. Secara umum tentu ada beberapa kesamaan, namun juga pasti ditemukan tips menghilangkan jerawat yang unik dan tidak terpikirkan oleh kita. Yuk kita simak.

Di beberapa negara banyak dijumpai para remaja dan muda-mudi menghilangkan jerawat dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  1. Pengobatan dengan minyak biji Camelia Japonica di Jepang.

    Basuh kulit wajah sebersih mungkin, gunakan air keran yang bersih, lanjut dengan membilas dengan air matang. Air keran banyak mengandung kuman dan bakteri yang bisa menempel di kulit, apalagi bila kulit ada yang lecet, iritasi, maka mudah terjadi peradangan pada kulit karena infeksi. Perawatan wajah berjerawat harus dimulai dari perawatan wajah secara teratur dan rutin. Hal ini berlaku hampir disemua negara dan semua masalah jerawat.

    tips menghilangkan jerawat

    Adakan sedikit pemijatan pada kulit wajah dengan menggunakan punggung telapak tangan anda dengan cara berputar-putar seputar wajah. Rasakan dengan relax hingga anda merasa kulit wajah agak hangat, berarti pori-pori telah terbuka. Pori-pori yang terbuka penting guna menyerap minyak yang akan di oleskan pada wajah. Di negara sakura ini, remaja muda dan kawula muda banyak menggunakan minyak camelia.

    Oleskan minyak biji Camelia Japonica, ini dengan merata pada bagian kulit wajah, dan biarkan meresap hingga 5 menit. Wajah anda terasa nyaman dan tidak merasa ada tarikan yang membuat wajah tegang, karena minyak ini memang anti peradangan dan menutup pori-pori wajah. Setelah itu anda basuh dengan air segar hingga bersih, sampai kulit anda cerah kembali. Ulangi pemakaian ini secara rutin, hasilnya akan nampak dalam waktu yang singkat. Minyak biji Camelia merupakan pelembab yang berdaya serap tinggi, tidak menimbulkan komedo. Pori-pori terbuka, tidak menimbulkan alergi jerawat.

    Minyak biji Camelia ini memulihkan kulit kering, sengatan sinar matahari, kulit yang kasar dan tua. Di negara sakura minyak biji camelia, banyak dijual dalam bentuk telah di proses yang bisa langsung dipakai, dan sangat bagus sebagai obat jerawat alami. Berikut info yang mungkin cukup penting mengenai produk jadi dari olahan 100% biji minyak Camellia, yang digunakan mencegah penuaan dini, kulit pecah, kulit kering. Harga dijual berkisar 9,5 USD dan ongkos kirim 6.95 USD. Cukup mahal harganya 17.5 USD, karena produk ini mengaku diproses melalui pengolahan alami tanpa kimia atau kimia dan kandungan produk ini kaya akan Pholiphenols, vitamin A,B,D,E dan banyak mineral, omega 3. Produk ini mengklaim bisa melindungi kulit dari jerawat dan bersifat antiseptic alami.

  2. Pengobatan dengan Teh Hijau di China.

    Manfaat teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi dan mengurangi peradangan, bisa didapatkan dengan cara mencampurkan madu asli 1 sendok makan dan meminumnya tiap pagi dan sore. Teh hijau segar mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh, zat racun inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan inilah yang menjadi penyebab jerawat. Dengan mengkonsumsi teh hijau ini maka peredaran darah jadi lancar. Perlu dicatat bahwa makanan dan minuman bisa juga membantu pengobatan untuk menghilangkan jerawat dari dalam tubuh, karena juga akan mempengaruhi hormon.

    tips menghilangkan jerawat secara alami

    Khusus bagi remaja yang memasuki masa pubertas, baik laki maupun wanita sama berpotensi mengalami jerawat. Ini karena faktor hormonal yang tidak stabil. Dalam kondisi seperti ini tak perlu merasa risau atau galau, tetap tenang. Minumlah obat Decolgen 1 biji setelah makan, lalu istirahat 10 menit minimal, barulah minum jeruk nipis yang di beri madu untuk awalnya. Setelah itu minumlah secara rutin teh hijau 2 kali sehari secangkir, ini memberikan dampak segar pada tubuh anda karena wajah tidak meradang lagi. Selain itu, agar jerawat anda cepat hilang, hindari konsumsi makanan penyebab jerawat atau yang memicu peradangan seperti makanan pedas.

  3. Pengobatan external di beberapa negara tropis untuk menghilangkan jerawat.

    Pengobatan ini menggunakan garam yang asalnya dari air laut, bukan air tambak. Untuk mengurangi kulit berminyak dan mencegah jerawat datang kembali maka basuh wajah dengan air garam laut. Caranya adalah basuhlah wajah anda dengan menggunakan sepucuk garam lalu aduk dalam gelas berisi air panas. Di kota yang banyak menghasilkan buah apel, konon apel cuka yang di hasilkan bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat.

    Hal ini dikarenakan asam cuka mengandung antiseptik alami, yang membasmi bakteri penyebab jerawat tersebut. Caranya adalah gunakan pada waktu mau tidur, campuran air dan 1 sendok makan apel cuka, oleskan pada wajah. Biasanya jerawat akan mengering, dan jangan dikupas agar tidak terjadi peradangan lagi. Peradangan inilah yang sangat berpotensi terkena infeksi bila digaruk, sehingga jadi jerawat.

    Penggunaan garam air laut ini sangat efektif digunakan, buktinya nelayan di laut jarang yang mengalami jerawat yang berarti, meskipun ada beberapa kasus khusus lainnya. Kasus khusus misalnya karena menderita sakit diabetes sehingga timbul jerawat meradang. Jarang ditemukan kasus nelayan baik wanita atau laki-laki mengidap jerawat akut, ternyata mereka banyak kena air garam dan itu sebagai masker wajah tiap hari. Cukup murah bukan? Tidak perlu perawatan di salon atau klinik kecantikan mahal jika anda memang tidak terlalu memiliki pos keuangan yang berlebih.

  4. Pengobatan dengan kayu manis di negara Middle East.

    Cara pengobatan untuk menghilangkan jerawat ala Timur tengah, menggunakan manfaat kayu manis yang dicampur madu untuk dioleskan pada kulit berjerawat. Khasiat madu secara alami berkhasiat menjadikan kulit lembut dan mengurangi peradangan pada kulit. Gunakan pada malam hari atau waktu senggang anda yang santai.

    Cara penggunaannya adalah, ambillah beberapa batang kulit kayu manis, dan blender hingga jadi bubuk, campur dengan sedikit madu. Adonan yang telah jadi tersebut berkhasiat menghilangkan bekas jerawat agar pulih seperti semula. Oleskan adonan kayu manis dan madu tersebut ke wajah lalu tunggu hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, bersihkan dengan air dingin, agar pori-pori mengecil dan kulit jadi lembut berseri.

  5. Pengobatan dengan Aloevera, dilakukan banyak di negara asia.

    Manfaat lidah buaya diyakini bisa mengurangi peradangan dengan mengoleskan jus batang Aloevera gel. Lidah buaya bisa digunakan beberapa kali dalam sehari agar memperoleh hasil yang optimal. Hasilnya adalah wajah mendapatkan asupan vitamin yang baik dari Aloevera, karena banyak enzym yang diserap oleh kulit.

    Beberapa daerah di Indonesia, khususnya di kota Yogyakarta, banyak yang mengkonsumsi umbi Aloevera ini. Caranya adalah mereka mengupas kulit lidah buaya ini, setelah bersih maka lidah buaya ini di celupkan pada air yang sudah dididihkan. Selang beberapa saat, angkat buah lidah buaya ini, dan siap disajikan. Penyajian bisa ditambah dengan manfaat jeruk lemon dan dicampur madu secukupnya.

    Khasiat lidah buaya bercampur madu ini adalah, menetralisir kadar gula dalam darah, sehingga menjadi normal kembali. Tubuh yang gula darahnya tinggi sering disebut diabetes, biasanya apabila ada iritasi atau luka sekecil apapun, sulit sembuh. Penderita diabetes bila terkena luka tergaruk di wajah, akan mudah meradang dan sulit kering. Meskipun diberikan obat jerawat apapun, baik diminum maupun di oleskan, tetap saja wajah meradang.

    Dengan mengkonsumsi lidah buaya maka gula darah jadi normal, luka jerawat jadi mengering dan akhirnya sembuh dengan sempurna. Aloevera kini banyak dijual di super market besar, dibungkus plastik dengan dicampur sirup gula. Rasanya enak namun, sebaiknya untuk pengobatan menghilangkan jerawat kurangi konsumsi gula, ganti dengan madu saja. Bagi anda yang sulit mengolah aloevera sendiri, bisa mencoba konsumsi yang siap saji, harganya terjangkau dan sangat mudah penyajiannya. Beli yang kadaluarsanya masih lama, dan ada Ijin Depkes di plastiknya, jaminan kebersihan dan kesehatan serta keamanan produk yang khusus di konsumsi. Sebaiknya tentu yang dari bahan lidah buaya segar, selain fresh, juga lebih murah dan enak dicampur madu.

  6. Pengobatan dengan buah Bengkuang di negara tropis.

    Manfaat bengkuang untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat diyakini juga mampu digunakan dalam pengobatan jerawat, diantaranya ada yang dikosumsi seperti makan buah pada umumnya. Atau ada pula yang di parut lalu digunakan sebagai kompres wajah, dengan cara mengoleskan pada wajah. Khasiat buah Bengkuang, adalah mengandung zat antiseptik alami, juga membuat kulit kencang, memulihkan bekas jerawat, membuat kulit lebih cerah.

    Bengkoang atau Pachyrizus erosus, sering dimakan sebagai bahan rujak di Jawa atau Bali, warna bengkuang putih berbentuk bulat, ada yang tidak beraturan, warna kulitnya kecoklatan. Buah bengkuang ini mengandung Calcium, Phosphor yang tinggi, dan Oligosakarida yang baik untuk tubuh, khususnya bagi remaja atau muda-mudi yang masa pertumbuhan.

    Bengkuang bisa menetralisir gula dalam darah, dan sangat bagus untuk pengobatan jerawat, karena luka meradang bisa pulih kembali. Ini bila dikonsumsi masuk ke dalam tubuh, dan bengkuang juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Masker wajah dengan buang bengkuang sangat manjur untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara memarutnya sesuai kebutuhan, lalu adon dengan sedikit madu. Adonan tersebut dioleskan pada wajah dan di diamkan selama 20 menit dengan dikipas–kipas agar cepat kering dan meresap ke dalam kulit.

    Kemudian bilas dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil dan mengurangi masuknya debu atau bakteri. Kulit yang berpori-pori kecil bisa membuat kulit nampak lembut dan nampak lebih mudah. Inilah khasiat bengkuang untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada, selain black-spot hilang, radang merah jadi mengering juga.

  7. Pengobatan dengan Kunyit di negara Thailand.

    Kunyit banyak ditemui di kota Jawa barat, khususnya orang Bandung suka mengkonsumsi Kunyit sebagai lalapan. Orang Bandung selalu makan siang dengan menggunakan kunyit. Manfaat kunyit ini secara alami sebagai antibiotik alami yang baik bagi kulit, untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi. Pada umumnya kunyit ini juga digunakan sebagai jamu, dengan cara membakar 3 buah kunyit tersebut hingga agak kecoklatan lalu barulah diparut. Parutan kunyit tersebut diberi air dingin sebanyak 3 gelas lalu direbus hingga mendidih, kemudian endapan pertama dibuang, ambil yang bening saja.

    Jamu kunyit yang agak keruh tersebut di dinginkan ke kulkas. Tiap gelas jamu kunyit tersebut campurkan dengan madu sesuai keinginan anda, minimum satu sendok makan madu. Rasa kunyit dengan madu tersebut enak dan menyehatkan, karena mengandung zat anti peradangan. Wajah yang merah meradang karena jerawat akan merasakan nyaman setelah beberapa kali meminumnya.

    Khasiat kunyit yang diminum bisa membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh, mengendorkan syaraf agar tidak stress. Perlu diketahui bahwa menghindari stress berlebih adalah salah satu cara mengobati jerawat. Ini sangat penting karena semanjur apapun obat jerawat yang diminum apabila stress melanda dirimu maka jerawat tetap akan tumbuh juga. Itulah sebabnya banyak orang Thailand membiasakan diri mengkonsumsi kunyit ini. Selain itu mereka juga memakai kunyit putih di aduk dengan madu, sebagai masker wajah, dimana kulit yang hitam meradang akan sembuh dan tidak meninggalkan bekas hitam

cara menghilangkan jerawat

Jerawat di setiap negara selalu tidak pernah memandang bulu, jerawat selalu menyerang laki atau wanita, baik remaja maupun muda-mudi. Jerawat paling tumbuh subur pada orang yang stress, orang yang kurang menjaga kebersihan, juga kurang menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh, kurangnya pengetahuan yang benar.

Betapa bedanya orang yang mengetahui cara menghilangkan jerawat dan mereka yang asal coba saja. Ibarat seseorang yang memasuki kamar, yang tahu letak tombol lampu tentu lebih cepat menikmati ruang untuk segera beristirahat, dibanding yang masih meraba-raba letak tombol tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah, setiap terjadi jerawat di wajah jangan langsung mengobatinya dengan obat jerawat. Pastikan dulu apa penyebab atau pemicu jerawat tersebut, kalau pipi atau hidung bengkak meradang, maka minumlah Decolgen yang diresepkan oleh dokter dan bisa dibeli di Apotik atau toko yang ada di sekitar anda. Sembuhkan pilek atau batuk lebih dulu, biasanya jerawat yang bengkak meradang akan mengikutinya jadi sembuh.

Sebenarnya kita harus bersyukur bahwa setiap orang di beri jerawat. Lho koq bisa?

Ya, jerawat yang timbul bisa memberikan petunjuk pada kita, bahwa ada organ tubuh kita yang kurang sehat. Sebagai contoh, jerawat yang tumbuh di sekitar dahi, biasanya organ pencernaan kurang baik, kurang minum air. Jadi pencernaan yang kurang baik mengakibatkan jerawat tumbuh di dahi. Begitu pula jerawat yang tumbuh di dagu, leher atau dada, menunjukkan terjadinya stress berat, akibat hormon tubuh tidak stabil. Wanita memiliki ovarium dan pria memiliki testis, inilah salah satu penyebab utama mengapa manusia berjerawat.

Wanita dengan ovariumnya mengeluarkan hormon Estrogen, sedangkan pria memiliki testis yang menghasilkan hormon Androgen. Baik hormon estrogen maupun hormon androgen, merangsang kerja kelenjar Sebaceous untuk menghasilkan minyak di kulit. Minyak yang berlebih inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah kita.

Demikianlah beberapa tips untuk menghilangkan jerawat dari berbagai negara. Selamat hidup sehat, bersih dan penuh kegembiraan, niscaya jerawat akan malas datang pada anda.

Last edited 08 July 2015