Tahu

1
708 Posts
910 Points

Tahu... siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini?? Jika boleh dibilang, hampir sebagian besar makanan yang berbahan dasar tahu ini disukai oleh orang Indonesia. Bahkan pada saat harga kedelai naik tinggi beberapa bulan yang lalu dan banyak para pembuat tahu yang mogok bekerja, maka masyarakat Indonesia mulai menjadi resah karena tahu kosong di pasaran...

Sejarah Makanan Tahu

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya tahu merupakan makanan yang berasal dari masyarakat Tionghoa (China). Makanan tahu ini sudah dikenal lama di negeri China, tepatnya sejak 2200 tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri tahu mulai dikenal ketika para pedagang dan imigran dari China masuk dan menetap di Indonesia.

tahu makanan favorit di Indonesia

Jika di China, tahu merupakan makanan favorit dan sudah merakyat, artinya sudah dinikmati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, begitu pula dengan di Indonesia. Tahu juga merupakan makanan yang paling populer di Indonesia, bahkan bisa dikonsumsi oleh lapisan masyarakat bawah hingga kelas atas... Mulai dari warteg sampai restoran bintang lima, tahu selalu menjadi salah satu menu yang bisa dijumpai dan dinikmati dengan mudah.

Namun sebelum masuk ke Indonesia, makanan yang bernama tahu ini juga sempat mampir terlebih dahulu di Jepang dan karena itu kita juga mengenal adanya istilah tahu jepang atau tofu. Setelah itu makanan tahu ini berkembang secara merata ke seluruh Asia Tenggara.

Tahu : Makanan Favorit di Indonesia

Di Indonesia sendiri tahu sudah begitu merakyat dan menjadi sebuah industri makanan tersendiri. Jumlah pengrajin tahu yang ada di Indonesia tersebar ke seluruh pelosok daerah dan menjadi salah satu Industri makanan yang paling dibutuhkan dan laku di pasaran. Proses pembuatan tahu sendiri termasuk mudah dan bahan yang diperlukan untuk pembuatannya juga mudah didapatkan.

Karena sangat digemari oleh masyarakat maka tahu juga seringkali diolah dengan berbagai macam variasinya. Ada tahu putih, tahu kuning, tahu sumedang, tahu kediri, tahu pong, tahu cina, tahu bandung, dsb.

Meskipun Indonesia merupakan salah satu produsen tahu terbesar di dunia, namun ironinya kedelai yang digunakan untuk pembuatan tahu merupakan kedelai import dari Amerika. Kedelai lokal rupanya tidak memiliki ketersediaan yang konsisten, sehingga hal ini cukup menyulitkan para pengrajin tahu untuk bertahan dengan menggunakan kedelai dari negeri sendiri. Beberapa pengerajin tahu mengakui bahwa kedelai yang diimpor memang memiliki kualitas dan mutu yang bagus dan ketersediaan yang stabil, meski harganya kadang melambung.

Kedelai lokal biasanya hanya digunakan untuk produksi tahu jenis lokal pula, seperti tahu sumedang atau tahu bandung.

Apa Saja Manfaat tahu?

Bahan utama dari pembuatan tahu adalah kedelai. Kedelai sudah dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati yang bisa menjadi alternatif bagi sumber protein hewani yang bisa didapatkan dari daging, telur, maupun ikan. Jika kita ingin mendapat asupan protein setiap hari dengan harga yang relatif lebih terjangkau maka tahu dan tempe bisa menjadi makanan pengganti untuk daging, telur, atau ikan.

manfaat tahu

Kandungan protein pada kedelai berkisar pada prosentase 35 - 42 persen. Itu artinya hampir menyamai kandungan protein dari susu bubuk. Dan menurut penelitian, kandungan protein yang terdapat pada tahu ini ternyata akan lebih efektif dicerna jika sudah melalui proses fermentasi, yaitu dengan cara dibuat tahu atau tempe. Kandungan protein pada tahu dan tempe jauh lebih banyak dibandingkan pada kedelai mentah yang belum diolah.

Selain sebagai sumber protein nabati yang baik untuk asupan gizi setiap hari, tahu ternyata juga menyimpan beragam manfaat lainnya bagi kesehatan. Anda bisa membacanya disini.

Apa saja manfaat dan kandungan gizi tahu bagi kesehatan manusia?

Dengan harga yang cukup terjangkau, mengkonsumsi tahu bisa memberikan segudang manfaat yang tidak kita sadari sebelumnya. Karena itu usahakan untuk bisa memberikan makanan ini kepada anak-anak kita semenjak kecil, agar manfaat yang diberikan oleh tahu ini bisa mulai diterima oleh anak-anak kita.

Bagaimana cara memilih tahu yang sehat?

Perlu kita sadari bahwa makanan tahu ini merupakan hasil produksi dari sebuah industri pengerajin tahu yang sangat kompetitif. Seringkali karena sudah bersentuhan dengan dunia bisnis, maka makanan tahu yang idealnya merupakan makanan sehat bisa jadi justru menjadi racun bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi??

Dalam industri tahu, kita perlu tahu bahwa ada sebagian pengusaha yang lebih memikirkan kepentingan bisnis dibandingkan dengan kepentingan untuk kesehatan. Jika mereka bisa menekan ongkos produksi dan kemungkinan kerugian maka hal itu akhirnya dilakukan juga. Misalnya, untuk membuat tahu yang diproduksinya bisa tahan lebih lama (awet), maka tidak sedikit pengusaha yang menambahkan bahan-bahan pengawet makanan yang tidak dianjurkan seperti formalin.

cara memilih tahu

Dengan alasan untuk menekan biaya produksi dan mungkin juga permintaan dari para penjual tahu yang ingin agar tahu-tahu tersebut paling tidak bisa tahan lebih lama agar jika tidak laku masih bisa dijual hingga berhari-hari kemudian. Maka digunakanlah formalin untuk memberikan keawetan yang bisa bertahan lebih lama pada tahu-tahu tersebut. Padahal formalin merupakan bahan pengawet yang dilarang untuk digunakan pada bahan makanan. Formalin merupakan zat pengawet yang biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat dan untuk industri penyamakan kulit dan offset binatang.

Untuk itu sebagai seorang konsumen yang cerdas, kita tidak perlu takut untuk mengkonsumsi tahu asal kita tahu caranya bagaimana cara memilih tahu yang sehat dan tidak menggunakan bahan pengawet yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Karena tidak semua pengrajin tahu yang melakukan hal tersebut Ada juga yang masih memiliki akal sehat dan memilih untuk memproduksi tahunya dengan cara yang benar dan wajar. Untuk mengetahui ciri-ciri tahu yang sehat selengkapnya bisa anda baca disini:

Bagaimana cara memilih tahu yang sehat dan bebas pengawet?

Cara membuat tahu sendiri.

Jika anda masih terlalu kuatir dengan kualitas tahu yang dijual di pasaran, maka anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain pasti terjamin aman dan sehat, kita juga bisa menjamin dari sisi kebersihannya. Karena ada kalanya pengrajin tahu yang sudah tidak menggunakan bahan pengawet pada tahu hasil produksinya, namun ternyata jika ditinjau dari sisi kebersihannya masih belum terjamin.

Mulai dari peralatan dan proses pembuatannya yang dilakukan secara masal, membuat kita merasa was-was dengan kehigienisannya. Lalu, apakah membuat tahu sendiri itu sulit untuk dilakukan??

Jawabannya adalah TIDAK.

Anda tidak perlu terlalu takut dan merasa bahwa proses pebuatan tahu ini sulit untuk dilakukan atau merepotkan. Memang dilihat dari sisi repotnya, jika membuat tahu sendiri pasti akan lebih repot jika dibandingkan dengan membelinya secara langsung jadi di supermarket atau pasar. Namun jika kita lihat dari sisi kebersihan dan pengalaman membuat tahu bisa menjadi kesukaan tersendiri, khususnya bagi para ibu rumah tangga.

Ingin tahu cara pembuatan tahu? anda bisa baca artikel yang berjudul "Langkah-langkah dan proses pembuatan tahu sendiri di rumah (step by step)".

Bagaimana kalau membuka usaha sendiri??

Jika anda sudah mulai mempraktekan sendiri cara membuat tahu yang ada pada bagian sebelumnya, mungkin anda mulai berpikir bahwa sebenarnya proses pembuatan tahu itu tidak sulit-sulit amat. Bahkan anda mungkin bisa mengembangkannya untuk membuka usaha sendiri di rumah dengan bermodalkan keahlian membuat tahu tersebut.

Jika anda lihat sendiri pangsa pasar yang begitu besar dan popularitas tahu yang sudah tidak diragukan lagi, maka sebenarnya membuat usaha kuliner yang berbahan dasar tahu bisa menjadi salah satu ide untuk membuat usaha sendiri, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak. Siapa tahu keuntungan usaha anda bisa menambah penghasilan dari suami??

Jika anda berminat untuk mulai memperhitungkan untuk mulai membuka usaha seputar pembuatan tahu dan variasinya, silahkan baca artikel berikut ini:

Analisa dan Perhitungan Usaha dalam Pembuatan Tahu atau Tempe.

Tidak perlu takut dalam memulai sebuah usaha/bisnis sendiri. Anda bisa memulainya dalam skala yang kecil jika anda memang berminat namun masih ragu-ragu atau memiliki keterbatasan dalam modal atau dana. Asal ada kemauan pasti ada jalannya.. namanya juga USAHA... jika ada masalah barulah kita berUSAHA untuk menyelesaikannya..

Resep-Resep Makanan Olahan Tahu

Tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan variasi yang sangat banyak, mulai dari masakan, snack, gorengan, maupun kerupuk.

Untuk masakan, anda bisa mencoba mengolah tahu menjadi masakan sambal goreng tahu tempe, sayur tahu, semur tahu, pepes tahu, tahu isi daging, rolade tahu, tahu bakso, ataupun sekedar tahu goreng. Jika anda ingin membuat tahu menjadi camilan, snack, atau gorengan, anda bisa mencoba resep membuat tahu isi, tahu pong, tahu gejrot, tahu petis, dan yang belakangan populer tahu crispy. Tahu juga bisa diolah menjadi kerupuk tahu yang memang cukup laku dipasaran.

Apakah anda punya ide-ide lainnya untuk mengolah tahu ini?? silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini, atau anda bisa mempostingkan resep olahan tahu favorit anda juga.

Kita sudah berbicara panjang lebar mengenai makanan tahu ini, ada begitu banyak manfaat dan peluang usaha yang bisa muncul hanya dari satu makanan saja.

Ada banyak informasi yang kami harapkan dapat berguna bagi anda akan kami sajikan secara khusus melalui komunitas PeopleHOPE ini.... jadi nantikan terus update informasi lainnya di PeopleHOPE community..

Anda juga bisa menjadi kontributor di PeopleHOPE dengan cara mendaftarkan diri dan mulai untuk membagikan informasi-informasi yang anda ketahui, siapa tahu hal itu bisa membantu orang lain yang akan membacanya nanti, sama seperti artikel ini...

PeopleHOPE >> A Community for Learning and Sharing

Lets share what people hope to know

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
1
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Food and Baverages

Tahu memang makanan favorit keluarga saya. Selain manfaat dan kandungan gizinya yang tinggi, tahu ini bisa diolah dan disajikan dengan beragam variasi masakan yang enak dan tidak susah dalam pengolahannya. Namun kita perlu waspada dengan tahu-tahu yang dijual di pasaran, karena tidak sedikit produsen tahu yang 'nakal' dan tidak memperhatikan bahaya dari bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan tahunya.

Kalo saya mendingan beli tahu jepang yang dijual di supermarket, meski harganya mahal tapi citarasa dan kehigienisannya sepertinya lebih terjamin karena harganya yang cukup mahal. Tahu jepang ini teksturnya lebih disukai oleh anak saya yang masih kecil. Tapi saya juga termasuk penggemar tahu pong dan tahu petis. Kalo bisa buat sendiri asyik nihh.....

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: