Strategi Pengiriman Belanja Online Untuk Toko Ritel

1
376 Posts
559 Points
admin posted this in Bisnis online By: Yohan Salim

Berbicara mengenai sistem belanja online, maka salah satu hal yang menjadi pusat perhatian dari para pengelola toko online tersebut adalah pada masalah pengiriman pesanan kepada pelanggan. Ada beberapa toko online yang menggunakan lebih dari satu cara pengiriman, seperti misalnya dengan berinvestasi membangun gudang khusus penjualan online di beberapa cabang agar meningkatkan efisiensi pengiriman produk. Ada juga yang memberikan pilihan untuk pengambilan di toko atau dikirim ke rumah pembeli secara langsung.

enter image description here

Berikut ini beberapa metode pengiriman barang yang umumnya di tawarkan oleh toko online:

  1. Pick up Drive-thru. Karena salah satu tujuan utama dari dibuatnya sebuah sistem penjualan online adalah meningkatkan kepuasan pelanggan, maka dengan menerapkan sistem pick up drive-thru pelanggan bisa menghemat waktu dan lebih efisien karena pelanggan tidak perlu keluar dari kendaraan hanya untuk mengambil barang belanjaan mereka.

    Salah satu toko online ritel yang menerapkan sistem ini adalah Chronodrive, yaitu anak perusahaan hypermarket Auchan di Perancis. Mereka sangat membanggakan layanan proses pick up drive thru mereka yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

    Di satu sisi cara ini memang dapat meningkatkan kepuasan dari sisi efisiensi waktu, namun harus dipertimbangkan juga dari sisi personal touch yang kurang, karena itu juga bisa mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen.

  2. Ware house - home delivery. Metode lainnya yang dikembangkan oleh para peritel toko online ini adalah dengan membangun pusat distribusi khusus untuk mengirimkan barang belanjaan ke rumah konsumen, seperti yang dilakukan oleh Tesco. Mereka menginvestasikan dana yang cukup besar untuk membangun titik-titik distribusi, namun bisa menghemat biaya operasional untuk pengiriman barang dalam jangka waktu yang panjang.

  3. Store-pickup. Konsep pengambilan barang ini menggabungkan model bisnis toko online dan toko offline, karena para pelanggan bisa membeli produk secara online di website kemudian mereka bisa mengambil barang belanjaan di toko atau outlet terdekat. Metode ini sering digunakan oleh para peritel baru yang ingin berekspansi di dunia online karena mudah untuk diadopsi ke dalam struktur operasional yang sudah berjalan.

    Kelemahan dari metode ini adalah tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara membeli secara online dan secara konvensional (offline), apalagi jika harus membayar dengan jumlah yang lebih mahal dibandingkan belanja murni secara offline.

  4. Store-home delivery. Strategi ini biasanya hanya bisa digunakan oleh para peritel besar yang sudah memiliki banyak gerai atau cabang yang tersebar di beberapa wilayah untuk melakukan pengiriman produk dari toko terdekat ke rumah pelanggan dengan sangat cepat dan efisien.

    Metode ini memang menuntut adanya strategi untuk meminimalkan inefisiensi moda pengiriman, pengalokasian distribusi dan biaya, serta sikronisasi stok ketersediaan barang yang akurat. Namun begitu strategi ini berhasil diterapkan, akan mampu menawarkan nilai lebih dibandingkan kompetitor lokal yang hanya memiliki jumlah toko yang lebih sedikit.

Di Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya, konsep toko online ritel memang masih dalam tahap pertumbuhan awal. Mereka hanya mengelola sisi online sebagai pelengkap dan differensiasi layanan tambahan bagi konsumen.

Karena itu sebagai pemilik toko konvensional, kita harus mulai mempertimbangkan hal ini. Pasar akan berubah dengan cepat, jika kita tidak mampu mengadaptasi tren yang sudah mulai muncul ini, maka kesempatan untuk merebut pasar akan kita lewatkan begitu saja. Belum lagi jika kita harus rela kehilangan pasar dalam jangka waktu panjang.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Bisnis online

Tips dan artikel ini akan sangat bermanfaat kepada kita yang sedang ingin menjajaki potensi toko online dan pusing dengan metode pengiriman barang yang paling tepat untuk toko online kita tersebut. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, namun yang paling penting adalah mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan model produk yang ditawarkan.

Last edited 04 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: