Salah satu hal yang menjadi daya tarik Facebook adalah kita bisa melihat-lihat data-data profil teman kita yang ada di Facebook dengan mudah. Mungkin kita sudah lama tidak bertemu dengan teman SMA kita. Eh.. begitu ketemu di Facebook, ternyata dia sudah merit.. atau kita bisa melihat di mana mereka sekarang tinggal, atau pindah kerja ke mana, punya hobby membaca buku apa, nonton film apa, dsb.

Dengan begitu lengkapnya data profil yang kita bagikan di Facebook, perlu disadari bahwa tidak harus semua itu terbuka secara umum. Kita bisa mengatur privasi data-data profil kita agar tidak menjadi konsumsi publik. Beberapa informasi yang tidak terlalu bersifat pribadi bisa kita tampilkan ke publik, seperti informasi kota asal, tempat kerja, nama SMA. Data-data ini umumnya akan ditampilkan oleh Facebook pada halaman kronologi (timeline) pada bagian sebelah kiri.

enter image description here

Untuk mengupdate informasi diri anda atau profil anda di Facebook, anda bisa mengakses halaman About me, dengan cara menekan tombol "Update Info" pada bagian atas (Cover Design), atau mengklik tab "About" yang ada dibawah "cover design".

enter image description here

Pada bagian update info ini anda bisa mengupdate dan menambahkan banyak sekali informasi-informasi mengenai diri anda, seperti tempat kerja, kota kelahiran, kota tempat tinggal saat ini, status hubungan atau pernikahan, agama, tanggal lahir, hingga informasi yang spesifik mengenai kesukaan anda (film, musik, olahraga, dsb).

Jangan lupa untuk mengatur tingkat privasi dari data-data profil anda pada setiap item informasi yang anda tambahkan.

enter image description here

enter image description here

Untuk informasi mengenai film, buku, musik yang kita pernah lihat atau kita sukai, kita bisa melakukan pencarian dengan menggunakan nama, untuk mempercepat kita menemukan item informasi yang kita inginkan.

enter image description here

Untuk melihat topik lainnya yang berhubungan dengan panduan penggunaan Facebook, anda bisa melihatnya dari topik utama mengenai seri tutorial Facebook selengkapnya.

Last edited 3 weeks ago