Setelah kita memiliki akun Facebook melalui proses registrasi (Sign-Up), kita dapat mengakses akun Facebook dengan terlebih dahulu Log-In menggunakan alamat email dan password (kata sandi). Buka browser anda, lalu browse ke http://www.facebook.com. Pada halaman tersebut tersedia form untuk login pada bagian kanan atas. Ketikkan email dan password yang anda masukkan pada waktu registrasi.

enter image description here

Kemudian klik tombol Login. Maka anda akan masuk ke halaman beranda Facebook anda (home). Anda dapat mengakses halaman beranda (home) dengan menggunakan menu pada bagian kanan atas (Home). Untuk melihat kronologi wall anda (sekarang disebut Timeline), anda bisa menekan tombol navigasi atas yang bertuliskan nama akun anda.

Facebook Homepage

Tampilan beranda (Home) Facebook secara garis besar dapat dibagi dan dikelompokkan menjadi 3 kolom.

enter image description here

Kolom bagian paling kiri, merupakan menu navigasi (side menu), yang berisi menu-menu untuk melakukan navigasi melihat kabar berita (home), pesan yang masuk (messages), mencari teman baru (find friends), melihat event/acara, melihat koleksi foto (photo album), daftar group Facebook yang sedang kita ikuti, mengakses aplikasi yang kita gunakan di Facebook (games dan apps), serta mengakses page (halaman Facebook / fanpage yang kita buat).

Kolom tengah merupakan kabar berita, yang berisikan form untuk update status kita di Facebook (share info, link, gambar, video, dsb), serta kumpulan berbagai aktifitas dan postingan yang dilakukan oleh teman kita, termasuk aktifitas yang ada di group dimana kita bergabung di dalamnya.

Kolom sebelah kanan biasanya diisi oleh iklan, info remainder (seperti ulang tahun teman kita), atau daftar teman-teman yang mungkin kita kenal (disarankan oleh Facebook) yang dapat kita tambahkan menjadi teman kita.

Jika anda mengaktifkan panel untuk komunikasi cepat dengan teman-teman anda maka tampilan Facebook anda akan terbagi menjadi 4 kolom, dimana ada satu kolom tambahan di paling kanan untuk menampilkan daftar teman-teman berserta status mereka (online atau tidak), dan sekaligus menu pintas/shortcut untuk melakukan chat dengan mereka (klik pada nama teman yang akan kita ajak chatting).

enter image description here

Untuk menyembunyikan panel yang ada dikolom paling kanan tersebut, tekan tombol yang ada dipojok kanan bawah (Sembunyikan panel).

enter image description here


Pada bagian navigasi atas, ada beberapa tombol dan notifikasi yang perlu diperhatikan, yaitu:

Tombol dan notifikasi yang ada paling kiri ini akan memberitahukan jika ada permintaan pertemanan (friend request) dari orang lain. Akan ada tanda merah yang bertuliskan jumlah pesan yang masuk.

enter image description here

Jika anda klik tombol navigasi ini, maka akan muncul daftar permintaan pertemanan tersebut, beserta dengan saran dari Facebook berupa daftar teman-teman yang mungkin kita kenal. Untuk menerima permintaan pertemanan, klik tombol accept friend request atau jadikan teman.

Untuk mengirimkan request pertemanan dengan orang-orang yang disarankan oleh Facebook, anda tinggal menekan tombol add friend atau tambah sebagai teman. Anda harus berhati-hati dalam mengirimkan request pertemanan, karena Facebook akan dapat mendeteksi cara-cara mengirimkan request pada orang yang tidak kita kenal. Jika hal itu anda lakukan, maka akun Facebook anda bisa diblokir oleh Facebook.


Tombol navigasi selanjutnya adalah notifikasi adanya pesan (message) yang masuk ke inbox pesan kita. Pesan ini bersifat private (pribadi), karena hanya anda yang dapat membaca isi pesan tersebut dari teman yang mengirimkan pesan tersebut. Jika ada pesan masuk , dan belum anda baca, maka akan ada tanda peringatan berwarna merah dengan tulisan jumlah pesan yang masuk. Klik untuk membuka daftar pesan yang masuk. Kemudian anda dapat melihat pesan selengkapnya (jika isi pesan panjang), dengan mengklik pesan yang ingin dilihat.

enter image description here


Tombol navigasi dan notifikasi ketiga dari kiri akan menampilkan pesan-pesan seperti konfirmasi pertemanan (friend request) dari teman anda atau pesan yang memberitahukan bahwa teman anda menulis sesuatu pada timeline (wall) anda.

enter image description here


Pada bagian tengah panel navigasi atas, ada kotak pencarian (search). Kotak pencarian ini bisa digunakan untuk mencari teman (orang), group, atau organisasi (page), dan informasi lainnya.

enter image description here

Kotak pencarian ini juga sudah mengalami update pada tahun 2013, dimana Facebook telah meluncurkan fitur Graph Search, yang memiliki fitur lebih canggih dan siap untuk melawan Google Search dalam hal keakuratan data yang akan ditampilkan. Facebook dengan milyaran data pengguna sesumbar dengan kemampuan Facebook Search Graph ini (yang berkolaborasi dengan search engine Bing).

enter image description here


Sementara itu pada bagian sisi kanan, tombol navigasi atas yang perlu diperhatikan selain tombol untuk navigasi ke beranda (home) dan timeline (yang bertuliskan nama kita), adalah tombol shortcut (tombol pintas) untuk mengatur privasi, klik tombol ini untuk membuka menu pengaturan privasi standar. Melalui tombol ini kita bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat kiriman dari teman, posting di kronologi (timeline), memblokir teman yang mengganggu, dsb.

enter image description here


Tombol yang berada pada bagian ujung kanan, adalah untuk menampilkan menu seperti membuat iklan di Facebook, mengatur setting privasi dan setting akun selengkapnya, keluar (log off), ataupun mengakses pusat bantuan Facebook.

enter image description here

Jangan lupa untuk mengakhiri sesi Facebook anda, setiap kali selesai beraktifitas di Facebook, dengan cara memilih menu Log Out (Keluar). Jika anda tidak melakukannya maka pengguna berikutnya akan bisa masuk ke dalam account Facebook anda dan bisa berbuat segala sesuatu diluar sepengetahuan anda.


Facebook Timeline (Kronologi)

Pada bagian Facebook Timeline ini kita dapat melihat kronologi aktifitas kita di Facebook sejak kita pertama kali bergabung di Facebook hingga saat ini. Pada bagian ini kita bisa mengupdate status, berbagi konten (link, gambar, video), melihat daftar teman-teman kita di Facebook, melihat data profil kita serta mengeditnya, melihat post dari teman-teman pada wall kita, serta melihat Log (catatan) aktifitas kita di Facebook secara mendetail.

enter image description here

Kita dapat menelusuri rekam jejak aktifitas kita berdasarkan bulan dan tahun, yang ditampilkan pada bagian kolom kanan atas. Dengan mengklik bulan atau tahun tertentu, maka halaman kronologi akan secara otomatis melakukan scroll ke bulan atau tahun yang dimaksud. Cukup menarik fitur yang disediakan oleh Facebook ini, sehingga kita seolah-olah bisa memiliki catatan harian yang bisa kita buka di masa mendatang untuk kenangan dan nostalgia.

enter image description here

Topik ini akan diupdate secara berkala untuk disesuaikan dengan tampilan Facebook terbaru..


Untuk melihat fitur-fitur selengkapnya dari Facebook dengan lebih detail, silahkan browse topik utama mengenai seri tutorial Facebook selengkapnya.

Bila ada pertanyaan atau saran mengenai topik ini, silahkan berikan tanggapan dan komentarnya supaya dapat saling melengkapi informasi seputar preview Facebook ini.

Last edited 12 May 2014