Setelah berkenalan dengan antar muka Home dan Timeline di Facebook, pada bagian ini kita akan melihat beberapa hal yang berkaitan dengan pengaturan account Facebook kita. Kita dapat melakukan beberapa pengaturan standar seperti: mengubah nama akun Facebook, mengubah password, mengubah username, menambahkan email atau mengubah email utama, bergabung dalam jaringan (network), serta mengubah setelan bahasa yang digunakan.

Untuk mengakses menu pengaturan akun (Account Setting) ini, klik pada menu navigasi atas (paling kanan), kemudian pilih menu Account Setting atau Pengaturan Akun.

enter image description here

Pada bagian ini kita hanya akan melakukan pengaturan akun yang umum (general), maka pastikan side menu pada bagian sisi kiri menunjuk ke menu General (Umum).

enter image description here

Untuk melakukan perubahan data akun Facebook anda, silahkan memilih data mana yang akan diubah, kemudian tekan link Edit yang ada pada baris sebelah kanan data tersebut.

enter image description here


Mengubah Nama Akun Facebook

Nama ini akan menjadi nama yang ditampilkan di Facebook. Misalkan anda sekarang sudah menikah atau bercerai sehingga nama anda berubah, anda tidak perlu membatalkan akun Facebook yang sudah anda registrasikan dengan nama sebelumnya atau melakukan registrasi baru. Facebook telah menyediakan fasilitas ini untuk mengganti nama profil Facebook anda.

enter image description here

Pada bagian pengubahan nama ini, anda juga bisa menambahkan nama tengah (middle name), yang tidak diminta oleh Facebook pada waktu melakukan registrasi. Jika anda mempunyai nama tengah, maka anda dapat mengisikannya pada bagian ini, sehingga nama anda menjadi lebih spesifik dan mudah untuk dicari oleh teman-teman anda di Facebook.

Pada pilihan menu Display as, anda dapat memilih tampilan nama anda, apakah ditampilkan secara lengkap, nama depan dulu atau nama belakang dulu. Anda juga bisa menuliskan alternate name, misal untuk nama panggilan anda. Untuk menyimpan perubahan data ini, isikan password Facebook anda kemudian klik tombol Save Changes.

Jika anda mengubah nama profil anda di Facebook, maka informasi tersebut akan melalui tahap pemeriksaan oleh Facebook, dan biasanya hal ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari sebelum perubahan nama tersebut disetujui dan nama profil anda berubah.


Mengubah username

Mungkin anda bertanya-tanya mengenai kegunaan username ini, karena username ini tidak anda jumpai pada waktu melakukan registrasi, bahkan tidak muncul pada bagian info profil anda. Memang sebenarnya username ini hanya bersifat opsional. Facebook secara default akan memberikan username berdasarkan kombinasi nama anda. Username ini nantinya akan digunakan sebagai alamat website untuk mengakses data profil anda, yang dapat diketikkan langsung menggunakan URL pada browser, yaitu dengan format www.facebook.com/, misal: www.facebook.com/ronaldo-cr7.

Untuk bisa mengedit username ini, Facebook akan melakukan verifikasi akun terlebih dahulu, yaitu melalui nomor ponsel anda. Klik link "verify via mobile phone".

enter image description here

Facebook akan meminta konfirmasi, anda harus memasukkan password Facebook anda untuk melanjutkan proses ini. Selanjutnya masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk verifikasi akun Facebook anda. Pilih kode negara (country code) Indonesia (+62), kemudian pada kotak phone number, isikan nomor ponsel anda tanpa awalan 0, misal jika nomor HP anda 08127879766, maka anda cukup mengetikkan 8127879766.

Kemudian klik tombol Continue atau Lanjutkan.

enter image description here

Cek SMS yang dikirimkan oleh Facebook ke inbox handphone anda yang berisi kode konfirmasi berupa beberapa digit angka, masukkan kode tersebut pada kotak konfirmasi yang disediakan. Kemudian klik tombol Confirm.

enter image description here

Jika kode konfirmasi yang anda masukkan benar, maka akan muncul pesan sebagai berikut:

enter image description here

Pada kotak dialog ini anda dapat mengatur tampilan nomor ponsel anda, apakah boleh ditampilkan ke umum (publik), hanya bisa dilihat oleh teman (friends), atau hanya untuk kita saja / pribadi (only me). Pilih sesuai keinginan anda, kemudian tekan tombol "Save Settings".

enter image description here

Masukkan password Facebook jika anda diminta untuk memasukkan ulang kata sandi sebelum menyimpan perubahan setting tersebut.

Kembali ke halaman Account Setting, silahkan refresh halaman tersebut hingga pada bagian pengaturan username jika anda klik edit akan muncul sebagai berikut:

enter image description here

Ketikkan username yang anda inginkan, kemudian lihat apakah username tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Jika username tersebut tersedia, maka akan ada status bertuliskan "Username is available" di kanan kotak username tersebut. Username ini nantinya akan menggantikan alamat email Facebook dan alamat untuk mengakses profile facebook anda.

Masukkan password, kemudian tekan tombol "Save Changes".


Mengubah Alamat Email

Jika alamat email anda berubah, atau anda ingin menambahkan alamat email lain sebagai email yang khusus digunakan untuk menerima notifikasi atau pemberitahuan dari Facebook (karena anda akan sering mendapatkan email dari facebook dan kadang-kadang bisa membanjiri inbox email anda, misal jika ada teman yang menulis di wall kita, atau ada permintaan pertemanan, request pertemanan kita diterima, dsb), anda bisa menambahkan alamat email baru dengan mengklik tombol edit pada baris pengaturan Email.

enter image description here

Klik link: add another email,

enter image description here

Masukkan password Facebook anda, kemudian tekan tombol "Save Changes".

Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi email baru tersebut dengan cara membuka inbox email tersebut dan mengklik link verifikasi yang dikirimkan oleh Facebook.


Mengubah Kata Sandi (Password)

Untuk mengubah kata sandi (password) Facebook anda, klik tombol edit pada baris pengaturan Password. Ketikkan password anda saat ini pada kotak "Current", kemudian masukkan kata sandi yang baru sebanyak 2 kali yaitu pada kotak "New" dan "Re-Type New". Klik tombol Save Changes untuk menyimpan password baru anda.


Bergabung dengan Jaringan (Network)

Bagian ini akan dijelaskan secara khusus pada topik tersendiri mengenai bergabung dalam Jaringan (Network) di Facebook.


Mengubah Bahasa (Language)

Anda dapat mengubah tampilan bahasa yang akan digunakan pada halaman Facebook anda. Pada kondisi awal, Facebook anda tertampil dalam bahasa Inggris. Jika anda ingin menggunakan bahasa lainnya, misal: bahasa Indonesia (Facebook sudah mendukung banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia), silahkan pilih dan atur bahasa yang akan digunakan. Klik tombol edit pada baris pengaturan Language. Pada pilihan Choose Primary, cari pilihan untuk Bahasa Indonesia.

enter image description here

Untuk menyimpan perubahan ini, klik tombol "Save Changes"

Demikianlah beberapa pengaturan account Facebook standar (general) yang dapat kita lakukan untuk membuat aktifitas kita di Facebook lebih personalized.

Untuk pengaturan (setting) akun Facebook lainnya yang lebih advanced, akan dibahas pada topik-topik tersendiri. Untuk lebih lengkapnya, silahkan melihat topik utama dari seri tutorial Facebook ini.

Last edited 12 May 2014