Facebook pada dasarnya merupakan platform terbaik saat ini dalam menghubungkan orang-orang yang bergabung di Facebook. Facebook bahkan mampu melacak apakah seseorang sedang melakukan spam dengan menambahkan banyak teman yang tidak kita kenal dalam dunia nyata, akibatnya banyak akun yang diblokir karena melakukan hal ini (karena melanggar ketentuan penggunaan Facebook).

enter image description here

Cara yang lebih mudah supaya kita dapat menemukan koneksi dengan teman-teman yang kita kenal dalam dunia nyata adalah dengan cara bergabung dalam network (jaringan) yang sudah ada di Facebook. Nama network tersebut nantinya akan muncul di sebelah atau di dekat nama user tersebut ketika ditampilkan oleh orang lain.

Jika seseorang bergabung dalam network di Facebook, maka ia umumnya akan memiliki akses untuk melihat profile, timeline, atau foto dari user lainnya yang memiliki network yang sama dengannya. Namun hal ini masih tergantung dari pengaturan privacy yang dibuat oleh user tersebut yang mungkin hanya memperbolehkan profilenya ditampilkan kepada teman-temannya saja.

Selain dapat bergabung dalam jaringan (network) yang sudah ada, kita juga dapat membuat jaringan (network) baru di Facebook, yaitu dengan cara memberikan saran (suggestion) ke Facebook untuk membentuk jaringan (network) yang baru tersebut.

Untuk bergabung ke jaringan (network) di Facebook, masuk ke pengaturan akun umum (Account Settings, kemudian pastikan menu yang ada disisi kiri menunjuk ke General)

enter image description here

Kemudian pada bagian pengaturan tersebut, pilih dan klik tombol Edit yang ada pada bagian kanan dari baris pengaturan Network (Jaringan).

enter image description here

Untuk bergabung ke dalam jaringan yang sudah ada di Facebook, klik pada link Join a network, kemudian ketikkan nama jaringan yang anda inginkan, bisa nama negara, nama perusahaan (bila anda sudah bekerja), nama universitas (bila anda seorang mahasiswa, dosen, pengajar atau alumni), nama sekolah (bila anda masih duduk di bangku sekolah menengah atas). Bila nama universitas, sekolah atau kantor anda tidak terdaftar di sana, coba untuk memasukkan nama negara atau nama kota saja.

enter image description here

Klik tombol Save Changes untuk menambahkan jaringan tersebut sebagai jaringan (network) dimana anda bergabung di dalamnya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa user boleh bergabung dalam beberapa network (namun hanya bisa satu network negara), tetapi hanya boleh memiliki satu primary network (jaringan utama) yang akan ditampilkan di sebelah nama user tersebut.

Fitur network ini sepertinya tidak terlalu penting dan bisa digantikan oleh fungsi Group di Facebook. Untuk melihat topik lainnya yang terkait dengan topik ini, silahkan kembali ke topik utama mengenai seri tutorial Facebook.

Last edited 12 May 2014