Jerawat merupakan masalah klasik yang harus dihadapi oleh sebagian besar orang, khususnya para muda-mudi yang sedang dalam masa pubertas dan menginjak ke usia dewasa. Berbagai macam cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan untuk mengobati masalah tersebut. Mulai dari obat jerawat yang mahal hingga obat jerawat alami yang tidak menguras kantong.

Nah, buat anda yang ingin mendapatkan inspirasi cara menghilangkan jerawat secara alami dan hemat, anda bisa mencoba beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat versi rumahan yang tidak menguras kantong dan bisa mendapatkan khasiat yang manjur untuk membantu mengurangi timbulnya jerawat dan menghilangkan jerawat yang membandel.

cara menghilangkan jerawat secara alami

GOSOK GULA

Pengelupasan kulit merupakan perawatan kecantikan yang penting. Anda harus mengikuti petunjuknya untuk cara merawat wajah yang sehat, bercahaya dan bebas jerawat. Gula merah adalah salah satu pengelupas alami yang paling ringan. Dia mengangkat sel kulit mati, sebum dan polutan yang menyebabkan jerawat dari pori.

Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok teh gula merah dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada seluruh wajah dan gosok dengan lembut dengan gerakan memutar. Jika sudah kering setelah 15 menit basuh dengan air dingin lalu keringkan.

NEEM

Ketika berbicara tentang pengobatan jerawat di rumah, neem adalah kata yang sering muncul di pikiran. Neem adalah salah satu anti jerawat yang sudah dikenal. Neem sudah digunakan sebagai perawatan wajah di rumah selama bertahun-tahun. Dia kaya dengan zat anti jamur, anti bakteri dan pembersih darah. Dia juga berfungsi sebagai astringent alami. Dia mendinginkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Caranya adalah dengan menghancurkan sediki daun neem sampai menjadi pasta. Anda dapat menggunakan daun segar maupun daun kering. Kemudian tambahkan 1 sendok teh bubuk multani mitti. Tambahkan ¼ sendok teh bubuk kunyit dan susu mentah untk membentuk pasta halus. Manfaat kunyit salah satunya adalah anti bakteri dan anti peradangan. Oleskan pada wajah dan tinggalkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

KENTANG

Kentang adalah penyerap minyak dan sebum yang baik. Dia juga membersihkan kotoran dan lemak dari kulit. Dia mengurangi lingkaran gelap di sekitar mata, kantung di bawah mata, cacat dan menghilangkan bekas jerawat. Penggunaan secara teratur akan menunjukkan hasil yang efektif. Cara ini termasuk salah satu cara pengobatan jerawat di rumah yang cukup berhasil.

Caranya adalah dengan mengiris tipis kentang, letakkan pada jerawat. Anda dapat juga memarut kentang dan meletakkan hasil parutan pada jerawat. Lembaran kentang dapat diletakkan pada mata untuk mengurangi lingkaran gelap dan kantung mata.

KAYU MANIS

Salah satu manfaat kayu manis adalah memiliki sifat anti bakteri. Dia membantu mengurangi jerawat dan juga menambah kesehatan kulit wajah. Caranya adalah dengan menggiling beberapa potong kayu manis untuk memperoleh bubuk kayu manis. Tambahkan 1 sendok teh madu dan tepung. Oleskan ke seluruh wajah dan tinggalkan selama 15 menit. Setelah kering gosok wajah dengan lembut dengan gerakan melingkar kemudian basuh hingga bersih.

KULIT JERUK

Jeruk mengandung sejumlah besar asam sitrat dan vitamin C, yang menyegarkan kulit dan merontokkan jerawat. Kulit jeruk sama seperti sari jeruk, dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya giling beberapa potong kulit jeruk untuk mendapatkan pasta. Oleskan di seluruh wajah dan tinggalkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin.

SCRUB ALAMI

Scrub buatan sendiri ini dapat membantu membersihkan kotoran, kulit mati dan minyak yang cenderung bertumpuk dan menyumbat pori. Pada gilirannya akan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Caranya adalah ambil 1 sendok teh tepung beras di dalam mangkok. Tambahkan 1 sendok teh tepung dan ¼ sendok teh bubuk kunyit. Tambahkan 1 sendok teh susu tawar untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan pada seluruh wajah. Tinggalkan selama 20 menit dan basuh dengan air hangat.

Selain keenam cara di atas, lakukan juga daftar aktivitas berikut yang harus dijalankan setiap hari.

  • Basuh wajah Anda 2-3 kali sehari dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit Anda.

  • Jika Anda telah menderita akibat jerawat dalam waktu yang lama, gunakan krim pengobatan yang mengandung bensoil peroksida dan asam salisilat pada daerah sasaran.

  • Anda dapat juga menggerus beberapa tablet aspirin, karena dia mengandung asam salisilat. Campurlah dengan beberapa tetes air untuk mendapatkan pasta. Oleskan pasta tersebut pada jerawat dan biarkan semalaman. Bersihlan dengan air dingin esok harinya.

  • Gunakan masker lumpur setidaknya sekali seminggu untuk membersihkan pori-pori.

  • Uapi wajah Anda secara teratur. Hal itu membantu membuka pori-pori dan membersihkan jerawat dengan mudah dan efektif.

  • Cuci peralatan make-up seperti kuas dan spons untuk membuang kotoran, minyak dan bakteri.

  • Minum 10-12 gelas air setiap hari untuk membilas berbagai racun dari tubuh.

  • Jangan menyentuh wajah Anda dengan tangan Anda. Ketika sedang bertelepon, jaga jarak telepon dengan wajah. Jika menempel, berarti Anda sedang mengirimkan bakteri ke wajah Anda. Tentu saja hal itu akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

  • Jalani diet kaya vitamin A, vitamin E, niasin dan seng. Semua zat itu membantu menangkal dan memerangi bakteri penyebab jerawat. Untuk vitamin A, Anda dapat mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti wortel dan labu ke dalam daftar Anda. Anda juga dapat menggunakan wortel dan labu langsung pada jerawat. Makanan seperti gandum, kacang, semangka, biji labu, daging dan kepiting mengandung banyak seng yang mencegah jerawat dari dalam. Seng juga merupakan agen anti bakteri dan mengatur kelenjar minyak.

  • Minumlah segelas air hangat dengan 1 sendok teh madu dan sari lemon setiap pagi. Salah satu manfaat jeruk lemon adalah untuk memurnikan sistem dengan membilas racun dari tubuh, menjaga keseimbangan pH kulit, dan menyembuhkan jerawat. Anda juga bisa minum teh hijau sebagai obat jerawat alami yang memiliki khasiat sebagai anti oksidan dan membantu Anda mencegah munculnya jerawat.

  • Jangan memencet jerawat. Hal itu akan meningkatkan produksi sebum dan juga membiarkan bakteri menyebar di kulit sekitarnya. Akibatnya akan muncul semakin banyak jerawat. Dia juga menyebabkan pigmentasi permanen dan bercak akan awet dalam waktu lama, bahkan setelah jerawat sembuh.

  • Konsumsi banyak yodium dapat mengakibatkan jerawat. Sodium juga dapat menurunkan berat badan. Jadi kurangi jumlah garam dalam diet Anda.

Lakukan semua langkah itu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya dan terbebas dari masalah jerawat yang sangat mengganggu. Selamat mencoba.

Last edited 08 July 2015