Resep Masakan: Ayam Panggang Padang

Jika anda doyan dengan kuliner yang terbuat dari daging ayam, maka resep yang satu ini wajib anda coba. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah dan proses pembuatannyapun tidak sulit. Ayam panggang memang memberikan sensasi sendiri pada saat menyantapnya, apalagi dengan nasi yang hangat dan sambal yang pedas... hmmmm... bikin air liur menetes nih...

Nah, resep yang satu ini merupakan kreasi masakan dari padang yang menghidangkan kuliner berbahan dasar ayam dan diolah dengan cara dipanggang. Mari simak bahan-bahan dan cara pembuatannya.

enter image description here

Bahan:

1 ekor ayam buras 
1 butir kelapa tua 
Tepung terigu secukupnya. 

Bumbu:

1 batang serai 
4 btr bawang merah 
3 siung bawang putih 
2 btr kemiri 
6 batang cabe merah 
1 ruas jari kunyit 
1 ruas jari lengkuas 

Daun kemangi secukupnya 
1 sdm air asam 
Garam secukupnya 

Nah, untuk cara pembuatannya silahkan lihat selengkapnya dibawah ini:

Cara Memasak:

  1. Pertama, bersihkan ayam dan cuci dengan air mengalir. Kemudian belah ayam menjadi dua bagian. Taburi ayam yang sudah dibelah tersebut menggunakan tepung terigu hingga merata, lalu diamkan sejenak selama 10 menit. Dengan cara ini kita hendak menghilangkan bau anyir pada ayam. Setelah itu cuci ayam hingga bersih.

  2. Haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar, cabe, kemiri dan bawang merah sampai benar-benar halus.

  3. Setelah itu campurkan potongan ayam dalam bumbu yang sudah dihaluskan tersebut. Rendam dalam bumbu tersebut kira-kira selama 1 jam, agar bumbu benar-benar meresap masuk ke daging ayam.

  4. Sambil menunggu, kita parut kelapa terlebih dahulu, kemudian peras dan ambil air santannya (kental). Santan kental itu kemudian di didihkan, masukkan ayam yang sudah direndam dalam bumbu, kemudian tambahkan serai, Iengkuas yang telah dimemarkan, juga daun kemangi. Tambahkan.garam dan air asam.

  5. Masak terus ayam tersebut hingga santan sudah mengental dan mengeluarkan minyak, lalu angkat dan tiriskan sejenak.

  6. Langkah terakhir adalah memanggang ayam menggunakan arang. Panggang ayam sambil dibolak-balik dan diolesi minyak santan hasil dari rebusan tadi.

  7. Oleskan sisa bumbu pada ayam yang sudah dipanggang tersebut setelah ayam sudah cukup kering.

Hidangkan.

Cukup mudah kan?? Ayo segera praktekkan sendiri resep masakan ini dirumah...

Selamat mencoba.

Last edited 17 March 2014