Redenominasi rupiah merupakan proses menuju kepada kemajuan dalam sektor perbankan Indonesia. Menurut sumber wikipedia, pengertian dari redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.

Pada waktu terjadi inflasi, jumlah satuan moneter yang sama perlahan-lahan memiliki daya beli yang semakin melemah. Dengan kata lain, harga produk dan jasa harus dituliskan dengan jumlah yang lebih besar. Ketika angka-angka ini semakin membesar, mereka dapat mempengaruhi transaksi harian karena risiko dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh jumlah lembaran uang yang harus dibawa, atau karena psikologi manusia yang tidak efektif menangani perhitungan angka dalam jumlah besar.

Menurut Gubernur BI, Darmin Nasution, yang dilansir oleh detik.com, redenominasi rupiah yang diperkirakan akan mulai berlaku pada tahun 2013 ini tujuannya adalah menyederhanakan rupiah (tanpa mengurangi nilainya), sehingga otomatis nilainya terkesan akan semakin berharga, khususnya jika disejajarkan dengan mata uang negara lain. Perlu diketahui bahwa redenominasi bukan sanering atau pemotongan nilai mata uang. Jika 3 angka nol disederhanakan maka nilai Rp 1.000 akan menjadi Rp 1.

enter image description here

Jadi redenominasi tidak mengurangi nilai suatu barang yang kita jual, namun hanya mengurangi jumlah nominal. Ambil contoh, kalau kita membeli pesawat televisi seharga 1 juta rupiah, maka kita bisa menggunakan uang versi lama seharga Rp. 1.000.000.- atau dengan uang versi baru hanya Rp. 1.000,-. Tinggal pilih yang mana. Kalau ada harga barang yang nilainya Rp 500,-, maka tentu uang yang baru seharga 50 sen rupiah (seperti ketika kita keluar negeri juga ada uang logam 50 sen dan sebagainya).

Sebagai anak bangsa kita tidak perlu risau dan gelisah dengan adanya perubahan uang yang versi lama dan diganti dengan uang versi baru. Percayalah... kita akan selalu bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dengan baik. Selamat datang uang baru, SEMANGAT BARU bagi sesama anak bangsa untuk lebih giat bekerja, berusaha dan berdoa kepada Sang Pencipta.

Gimana tanggapan rekan-rekan semua?? Sharing donk, bagaimana dampak yang terjadi ketika redenominasi mata uang rupiah diberlakukan??

Last edited 22 March 2014