Pola Pikir Seorang Entrepreneur Sukses

1
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Jika anda ingin menjadi entrepreneur atau ingin terjun dalam berbisnis, maka salah satu formula terbaik untuk menuju kepada kegagalan adalah melakukan hal yang sudah dilakukan oleh orang lain atau mengikuti mayoritas (arus) ke mana orang lain menjalankan usahanya.

Sebaliknya jika anda ingin sukses dalam berbisnis maka pola pikir entrepreneur yang harus selalu mewarnai pikiran kita adalah, bagaimana kita bisa menemukan cara baru dan lebih baik dalam sebuah bidang usaha yang dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh para pesaing atau kompetitor kita. Keunikan tersebut bisa menjadi salah satu faktor X yang akan menentukan keberhasilan bisnis anda ke depannya.


GELAR SEORANG ENTREPRENEUR

Apakah untuk menjadi seorang entrepreneur sukses harus memiliki modal gelar dan pendidikan yang tinggi??

Fakta membuktikan lebih banyak orang yang bergelar tinggi (Ph.D atau Master) yang justru gagal dalam berbisnis. Sebaliknya para pemilik bisnis milyaran dollar lahir dari orang-orang yang tidak lulus kuliah atau merupakan mahasiswa 'drop out'. Beberapa diantaranya pasti anda kenal, yaitu Steve Jobs (CEO Apple), Bill Gates (founder Microsoft), Michael Dell (CEO Dell), Anthony Robbins (Motivator no. 1 di dunia).

enter image description here

Namun tidak menutup kemungkinan ada juga para pebisnis milyaran dollar yang lahir setelah menempuh pendidikan tinggi, salah satunya adalah Larry Page dan Sergey Brin (founder dan CEO Google). Namun yang paling penting disini adalah kesamaan di antara mereka, yaitu berusaha menciptakan sebuah produk atau jasa yang revolusioner dan diatas rata-rata.

Jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur sukses maka kita tidak boleh terkondisi dengan sikap mental yang terbentuk selama kita mendapatkan edukasi secara formal. Seandainya anda harus memulai perjalanan bisnis anda dari seorang karyawan, janganlah mengerjakan semua tugas anda dengan pola pikir seorang karyawan, sebaliknya berpikirlah seakan-akan anda adalah pemilik bisnis tersebut.

Hal ini akan melatih anda untuk mengembangkan ketrampilan seorang entrepreneur sejak dini, sebelum anda memiliki usaha anda sendiri. Anggaplah anda sedang dibayar untuk latihan tersebut.

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

4 Posts/Answers
3
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Pola pikir entrepreneur 2: Optimis terhadap kegagalan

Pola pikir berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah sikap yang tepat dalam mengatasi kegagalan, stagnasi, atau kemunduran, dengan memiliki optimisme dan percaya diri bahwa kegagalan dapat mengarahkan mereka kepada keberhasilan.

Dalam menjalankan bisnis apapun, anda harus berhadapan dengan masa-masa sulit, kegagalan, penolakan, dan keputusasaan. Ini merupakan satu paket yang lengkap yang jarang menjadi sorotan ketika seseorang mengupas kisah sukses para entrepreneur sukses dunia. Ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana, maka seorang entrepreneur sukses harus bisa tetap tenang dan berpikir secara jernih.

Sukses tidak pernah berupa garis lurus. Untuk mencetak sebuah keberhasilan, seseorang harus belajar dari kegagalan-kegagalan, kekeliruan yang sudah dibuatnya. Dalam dunia bisnis, pelajaran justru bisa didapatkan dari kegagalan dan jatuh bangun secara langsung (praktek dan bukan berteori). Apa yang kita bisa pelajari dari kegagalan tersebut adalah strategi mana yang tidak berhasil dalam prakteknya, untuk kemudian mencari strategi lainnya yang lebih baik untuk dipraktekan kembali. Untuk meminimalkan kegagalan tersebut kita sebenarnya bisa belajar dari pengalaman orang lain yang menjadi role model kita (panutan bisnis).

Salah satu contohnya adalah Steve Jobs. Ia sempat 9 tahun mengawali dan sukses membangun Apple, sebelum akhirnya ia dipecat oleh CEO dari perusahaan yang ditunjuknya sendiri. Setelah mengalami semuanya itu, toh Steve Jobs mampu membuktikan dirinya seorang entrepreneur sejati yang sukses dan berhasil mendirikan Pixar Studio Animasi dan bahkan diminta untuk memimpin Apple kembali yang nyaris bangkrut, dan akhirnya menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia saat ini.

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Pola Pikir entrepreneur 3: Terus Berinovasi atau mati

Pola pikir yang ketiga ini menjadi kunci sukses para entrepreneur yang bukan hanya mampu mengawali dan mengembangkan usahanya ke tingkat perkembangan yang baik, namun juga mampu mempertahankan usahanya terhadap persaingan pasar dan membawa usahanya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pasar dan ekonomi dunia bergerak semakin lama semakin cepat, tidak ada sesuatu yang kekal dan mendominasi dalam jangka waktu lama. Tren dan pengaruh teknologi sudah membuat dunia ini semakin sempit, informasi begitu limpah dan mudah diakses melalui internet. Orang akan terus menginginkan inovasi-inovasi terbaru yang semakin membuat hidupnya lebih mudah dan nyaman. Siapa saja yang mampu memberikan inovasi terbaik, dialah yang akan memenangkan pasar. Tidak peduli seberapa besar perusahaan tersebut hari ini, itu tidak akan menjamin ia kan bertahan dalam lima tahun ke depan.

enter image description here

Seorang entrepreneur sukses tidak akan berhenti berinovasi, ia akan terus menerus memperbaharui produk atau jasa yang ditawarkannya agar semakin memuaskan para pelanggannya. Disisi lain mereka juga harus terus meningkatkan operasional dan teknis pemasaran, pelayanan, dan hubungan dengan pelanggan.

Masih terbayang dengan jelas bagaimana kasus Motorola dan Nokia yang hampir tenggelam oleh para kompetitor yang mampu berinovasi dengan lebih cepat dan mampu menghadirkan tren baru di pasaran. Pada tahun 1990-an Motorola adalah raksasa dunia yang memiliki pangsa pasar terbesar di dunia (sekitar 60%) untuk telepon dan ponsel yang mutakhir dan canggih. Karena tidak sanggup berinovasi dengan cepat, maka Nokia mengambil alir posisi tersebut dan meninggalkan Motorola dengan sedikit market share.

Tahun 2010-an Nokia mulai digerus oleh inovasi terbaru dari Apple dan Android, yang memaksa Nokia akhirnya kehilangan pangsa pasarnya secara drastis, sehingga akhirnya divisi ponsel Nokia harus dijual ke Microsoft.

Demikianlah kita harus menyadari bahwa inovasi merupakan kunci untuk bertahan dan memenangkan pasar yang sedang bergerak secara cepat ini.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3
7 Posts
45 Points
kasandra posted this in Entrepreneurship

Saya termasuk orang yang sangat bangga dengan para entrepreneur yang berani untuk tidak menyelesaikan kuliahnya demi mewujudkan visi entrepreneurshipnya. Ini merupakan perjuangan yang berat, karena pengorbanan ini akan menentukan masa depan mereka. Namun melihat keberhasilan Bill Gates dan Mark Zuckerberg maka saya belajar banyak hal, bahwa memang harus ada sesuatu yang dipertaruhkan dan dikorbankan untuk sebuah pilihan.

Memiliki pola pikir entrepreneurship memang gampang-gampang susah. Jika kita hidup ditengah keluarga yang dari kalangan pengusaha, maka hal ini menjadi sesuatu yang tidak tabu. Namun jika orang tua adalah seorang pegawai negeri misalnya... maka usaha untuk mewujudkan visi sebagai entrepreneur akan mendapatkan banyak pertentangan...

Last edited 27 August 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Pola Pikir Entrepreneur 1: Bertanggung jawab 100%

Untuk menjadi seorang entrepreneur sukses, Anda harus selalu memiliki sikap yang mau bertanggung jawab dan mengambil resiko apapun dari keputusan yang kita buat.

Jika sebuah keputusan atau strategi yang kita ambil ternyata tidak berhasil, maka anda tidak cenderung untuk menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain. Ada banyak alasan untuk seseorang meyalahkan hal-hal yang berada diluar dirinya, seperti:

  • Merasa terlalu banyak pesaing dan mereka tidak memiliki cukup modal untuk berpromosi.
  • Merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan promosi usahanya.
  • Tidak memiliki mitra yang baik.
  • Ekonomi sedang tidak bergairah, dan pasar sedang lesu.
  • Tidak memiliki koneksi yang tepat.

Mentalitas yang seperti ini adalah salah satu hal yang membuat sebagian besar orang GAGAL dalam berbisnis. Jika pola berpikir ini tidak diubah, maka tanpa disadari akan membuat daya juang anda melemah, karena anda terus merasa tidak mampu berbuat apapun untuk mengatasi kegagalan tersebut.

Para entrepreneur sukses adalah mereka yang selalu mempelajari kesalahan dan menganggapnya sebagai sebuah hal yang belum mereka kuasai dan selalu mau memikul tanggung jawab untuk mengubah keadaan tersebut.

Jika ada yang bermasalah dengan para pelanggan, itu tandanya mereka tidak memahami bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan secara baik. Jika ada masalah dengan keuangan, maka itu adalah kesalahan dan tanggung jawab mereka untuk memahami keuangan mereka dengan lebih baik.

Pola pikir seorang entrepreneur yang pertama adalah "untuk mengubah segala sesuatu, mereka harus mengubah diri mereka sendiri terlebih dahulu".

Last edited 01 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: