Jerawat bisa jadi merupakan mimpi buruk bagi banyak perempuan. Mereka dihantui sejak usia remaja dan bahkan sesudahnya. Penyebab timbulnya jerawat juga bisa terjadi karena salah menggunakan produk obat jerawat pada wajah, leher, punggung, bahu dan dada. Ketika pori-pori wajah tersumbat akibat akumulasi sebum, sel mati dan kotoran, jadilah jerawat. Hal itu biasanya terjadi pada kulit berminyak. Namun bukan mustahil juga terjadi pada kulit normal dan kering.


penyebab jerawat

Tahukah Anda mengapa mereka bisa tiba-tiba muncul di wajah? Kulit kita memiliki banyak pori-pori di permukaan yang terhubung dengan kelenjar di bawah permukaan kulit. Kelenjar ini menghasilkan minyak yang dikeluarkan ke permukaan kulit melalui pori-pori, bersamaan dengan kulit mati.

Kadang-kadang kelenjar tersebut menjadi lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak sebum. Hal itu dapat menyumbat pori kulit, membentuk titik merah pada kulit. Ketika bakteri pada titik merah ini mulai berkembang, dia berubah bentuk menjadi jerawat.

Berikut adalah faktor paling umum yang mempengaruhi perkembangan jerawat.

  • Genetik. Jika Anda memiliki masalah genetik, jerawat di wajah akan terus menerus muncul sepanjang hidup Anda. Penjelasan rasional dari hal tersebut terletak pada kelenjar minyak. Dia bertingkah hiperaktif sehingga menghasilkan banyak sebum. Hal itu dapat berujung pada terbentuknya jerawat. Dalam kasus ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

    Melakukan perawatan wajah dan menggunakan obat jerawat alami mungkin tidak menyelesaikan masalah Anda secara permanen. Untuk penanganan yang lebih serius, minum obat jerawat secara teratur diperlukan selama kurun waktu tertentu. Tindakan lanjutan yang paling serius adalah penggunaan bahan kimia dan mikrodermabasi. Tindakan tersebut cukup efektif mengurangi frekuensi munculnya jerawat dan mengurangi penampakan jerawat.

  • Hormonal. Jika Anda telah melewati masa pubertas, lalu mengira tidak akan bertemu jerawat lagi, Anda keliru. Jerawat dapat muncul pada orang dewasa akibat ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh. Hal itu lumrah terjadi juga pada masa menopause. Ada berbagai terapi hormonal untuk mengatasi jerawat dewasa secara efektif dan aman.

  • Makanan. Hal ini menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada generasi sekarang. Makanan penyebab jerawat seperti gorengan dan makanan olahan, akan memicu kelenjar minyak Anda. Keadaan itu dapat menimbulkan jerawat.

    Cobalah untuk mengganti menu Anda dengan makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran secara utuh tanpa diolah. Konsumsi juga protein dan zat besi untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Hal ini merupakan salah satu tips penting bagaimana cara terbaik mencegah jerawat.

  • Kosmetik. Ketika menggunakan produk kecantikan favorit, Anda sering lupa bahwa kosmetik juga bisa menyebabkan jerawat. Produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, sudah pasti jangan dipilih. Berganti produk terlalu sering dapat menyakiti kulit. Bahan di berbagai produk dapat menimbulkan iritasi pada kulit Anda. Pada gilirannya timbullah jerawat.

  • Tidur berkosmetik. Seberapa sering Anda merasa lelah dan malas membersihkan wajah dari kosmetik, sebelum tidur? Kosmetik yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori dan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Paduan antara kotoran, minyak dan kosmetik melipatgandakan beban kulit wajah Anda.

  • Sering Bepergian. Ketika Anda bepergian jauh, perubahan lingkungan seperti cuaca, suhu, kelembaban, air, dsb memicu munculnya jerawat. Anda tidak dapat mengubah waktor cuaca, tapi Anda dapat membasuh wajah Anda sesering mungkin dengan air bersih biasa, ini merupakan salah satu cara perawatan wajah yang paling sederhana untuk mencegah munculnya jerawat.

  • Stress berlebih. Ketika Anda terlalu kuatir, hal itu terlihat dari kulit Anda. Stress saja tidak menimbulkan jerawat, tapi stress memperburuk keadaan. Stress mempengaruhi kombinasi hormon. Stres menurunkan daya tahan tubuh. Stres menghasilkan zat kimia neuropeptida yang bersifat mempermudah peradangan. Berolah raga setiap hari setidaknya 20 menit, berlatih yoga dan meditasi, dapat membantu kita mengurangi stress berlebih.

penyebab timbulnya jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai faktor tersebut, bagaimana Anda melakukan perawatan di rumah? Perawatan harian di rumah paling penting adalah pembersihan, pengelupasan, toning dan pelembaban sebagai tahapan dalam cara menghilangkan jerawat secara alami.

  • Pembersihan. Langkah ini membersihkan akumulasi debu dan polusi dari kulit. Dia juga membersihkan sebum yang dihasilkan pori yang tidak tersumbat. Anda tetap harus memilih, pembersih macam apa yang cocok dengan kulit Anda. Orang dengan kulit kering seharusnya memilih pembersih berupa krim. Orang dengan kulit berminyak seharusnya memilih pembersih berupa jelly. Orang dengan kulit normal seharusnya memilih pembersih berupa busa.

  • Pengelupasan. Langkah ini merupakan langkah penting jika Anda ingin mengurangi jerawat. Pengelupasan membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu pembentukan kulit baru. Dengan menjalankan langkah ini setidaknya seminggu sekali akan membantu mendapatkan kulit yang lembut dan halus.

  • Toning. Langkah ini penting untuk memperkecil pori wajah. Untuk menghilangkan jerawat, selalu gunakan toner tanpa alkohol.

  • Pelembaban. Langkah pelembaban tergantung pada pelembab esensial. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat atau bensoil peroksida sebagai bahan utamanya. Bahan tersebut dapat membantu mengurangi jerawat.

Pelembaban secara teratur membantu memperlancar peredaran darah di kulit dan mengontrol kelenjar mengeluarkan sebum. Sehingga kelembaban yang cukup akan memberi Anda kulit yang sehat dan bercahaya.

Demikianlah beberapa penyebab jerawat yang umumnya menjadi pemicu utama timbulnya jerawat di wajah dan tubuh kita. Dengan mengetahui penyebab jerawat secara lengkap, maka kita akan bisa menghilangkan jerawat tersebut dengan cara yang paling efektif bagi jenis kulit dan kasus yang kita miliki masing-masing.

Last edited 08 July 2015