Panduan Lengkap Menjadi Entrepreneur Sukses

5
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Tidak peduli anda seorang professional muda, atau seorang manajer senior di perusahaan besar, atau seorang ibu rumah tangga, bahkan seorang mahasiswa sekalipun... Asalkan anda memiliki hasrat untuk memiliki usaha sendiri maka anda punya potensi untuk membangun ide-ide bisnis yang anda miliki dan mengubahnya menjadi sebuah sumber penghasilan yang tak terbatas.

enter image description here

Batasnya hanya ada pada diri anda sendiri dan potensi bisnis anda, bukan lagi dibatasi oleh standar gaji perusahaan.

Apakah anda siap untuk hal itu??

Mungkin saat ini anda belum mau memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sepenuh waktu, namun sudah mulai mencari-cari peluang usaha sampingan yang bisa dikembangkan menjadi bisnis untuk ke depannya, tulisan ini bisa menjadi salah satu referensi bagi anda.

Dalam tulisan berseri ini anda akan mendapatkan panduan yang lengkap dan praktis mengenai bagaimana langkah-langkah memulai usaha/bisnis atau menjadi seorang entrepreneur yang sukses mengembangkan sebuah bisnis yang benar.

Banyak orang yang slah kaprah dengan pengertian bisnis yang sesungguhnya, dan justru terjebak dalam model usaha "self-employed". Artinya kita memang memiliki usaha sendiri, namun usaha tersebut tidak bisa berjalan tanpa campur tangan kita.. akhirnya tetap saja kita harus bekerja setiap hari bahkan lebih keras daripada saat menjadi karyawan, penghasilan pun tidak bisa maksimal. Ini bukanlah nafas dari bisnis yang sesungguhnya.

enter image description here

Melalui panduan ini kita akan mengupas segala hal yang berhubungan dengan bagaimana cara dan langkah-langkah praktis memulai sebuah bisnis dan mengembangkan bisnis tersebut di jalur yang benar, sehingga pada akhirnya bisnis ini bisa berjalan dan beroperasi meski kita tidak hadir secara langsung disana.

Menarik bukan?

Salah satu hal yang lebih menarik dari panduan ini adalah anda tidak perlu melakukannya dengan modal usaha yang besar, sehingga tidak perlu menunggu untuk mengumpulkan modal dan bisa dimulai sesegera mungkin. Modal yang paling utama dalam berbisnis adalah hasrat dan keinginan untuk belajar. Sedangkan modal usaha secara finansial bisa didapatkan dari berbagai sumber.

Anda juga tidak perlu mengejar pendidikan khusus atau gelar tertentu, serta pengalaman kerja di bidang industri atau perdagangan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya anda mulai untuk menjadi seorang entrepreneur. Memang jika anda memilikinya, itu akan lebih membantu, namun hal itu bukanlah yang terpenting.

Syarat paling utama dan paling dibutuhkan oleh seorang entrepreneur adalah pikiran yang terbuka untuk belajar, dan tidak puas dengan sebuah pencapaian, serta kemauan untuk bekerja keras mengasah keterampilan berbisnis melampaui keinginan untuk meraih impian anda.

Banyak orang yang membangun usaha dengan modal besar, memiliki keahlian di bidangnya, cerdas, dan memiliki motivasi yang kuat, namun gagal mengembangkan bisnisnya tersebut ke potensi yang maksimal. Lalu, apa yang menyebabkan mereka gagal?

Dari hal tersebut kita akan belajar bahwa kecerdasan, motivasi, dan kerja keras saja tidak cukup untuk membangun usaha yang sukses. Anda perlu serangkaian karakter dan pola pikir khusus dari seorang pengusaha sejati.

Sayangnya pola pikir khusus seorang entrepreneur justru tidak didapatkan dari dunia sekolah atau tempat kerja. Bahkan sekolah dan tempat kerja justru menanamkan pola pikir yang bertentangan dengan spirit entrepreneurship. Misalnya saja setiap kesalahan akan mendapatkan hukuman. Padahal untuk menjadi seorang entrepreneur sejati, anda justru harus berani mencetak kesalahan dan kegagalan yang menuntun kepada pengalaman belajar paling cepat dan realistis sebelum kesuksesan diraih.

Anda juga akan melihat bahwa dalam dunia bisnis, cara untuk memenangkan sebuah kompetisi adalah dengan 'melanggar aturan'. Yang dimaksudkan adalah tidak mengikuti arus, alias berani tampil beda..

Ingin tahu selengkapnya?? nantikan tulisan berseri ini selanjutnya...

Last edited 26 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
4
7 Posts
45 Points
kasandra posted this in Entrepreneurship

Entrepreneur memang dibutuhkan oleh sebuah negara untuk bisa melangkah menjadi negara maju. Fakta membuktikan bahwa sebagian besar negara maju di dunia ini memiliki lebih dari 5% entrepreneur dari total jumlah penduduknya. Indonesia saat ini masih ada dikisaran 1,xx% yang mana sudah tertinggal jauh dari beberapa negara maju seperti Jepang (10%), Amerika (12%), atau Singapura (7%).

Inilah yang harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia yang akan datang. Selain memperbaiki sektor ekonomi riil, pemerintah juga harus banyak berinvestasi pada pendidikan dan pengaturan kurikulum agar bisa membudayakan semangat entrepreneurship sejak dini. Karena untuk menjadi seorang entrepreneur harus berawal dari pola pikirnya dulu. Agak sulit bagi sebuah masyarakat yang sudah terbiasa untuk 'bekerja dengan orang lain', kemudian menghasilkan para entrepreneur sukses.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3
7 Posts
37 Points
Sylvia Hana posted this in Entrepreneurship

Woow.. akhirnya ada sebuah artikel yang khusus membahas mengenai entrepreneurship di website ini. Menarik untuk disimak, karena saat ini memang banyak sekali program pemerintah yang mendukung munculnya entrepreneur-entrepreneur muda yang akan menjadi tulang punggung penggerak perekonomian bangsa di masa mendatang. Sayangnya bekal pendidikan yang didapatkan secara formal tidak banyak mengajarkan topik ini.

Kebanyakan dari para pelajar hanya didesain untuk menjadi pegawai dan pekerja yang harus mengikuti aturan dan tidak berani berbuat kesalahan. Padahal untuk menjadi seorang entrepreneur sukses seseorang harus berani mengambil resiko dan berani untuk gagal. Karena kegagalan bukanlah sesuatu yang memalukan. Setiap orang pasti pernah gagal dalam banyak hal, semuanya itu hanyalah sebuah proses menuju sebuah keberhasilan. Tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan terlebih dahulu.

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: