Sakit gigi adalah rasa nyeri yang timbul pada gigi. Sakit gigi dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebelum membahas lebih jauh mengenai obat sakit gigi, alangkah baiknya jiga kiga mengetahui beberapa penyebab sakit gigi, diantaranya yaitu:

Karies gigi

Karies gigi adalah sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi. Akibatnya membuat gigi berlubang. Jika dibiarkan karies dapat menyebar, menimbulkan infeksi yang lebih parah, membahayakan kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gingivitis

Gingivitis atau lebih dikenal dengan istilah radang gusi disebabkan oleh kurang dijaganya kondisi kesehatan mulut, cara menyikat gigi yang salah, atau perubahan hormon pada wanita, biasanya terjadi pada masa pubertas, mentruasi, kehamilan dan menopause.

Gigi Sensitif

obat sakit gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif adalah lemahnya kondisi email gigi akibat kekurangan mineral seperti kalsium dan flouride, sehingga pada kondisi tertentu gigi terasa ngilu, biasanya terasa jika mengonsumsi makanan dingin dan asam. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bersifat asam dan minuman bersoda juga dapat mengikis email gigi.

Akar Gigi Terbuka

Akar gigi terletak dibawah mahkota gigi, terlindung oleh gusi. Akar gigi yang terbuka akibat dari racun bakteri yang melarutkan tulang sekitar akar dan gusi, menyebabkan gusi dan tulang surut, memperlihatkan akar. Akar yang terbuka sangat sensitif terhadap makanan dingin dan asam. Rasa nyeri juga dapat terjadi jika ada sisa makanan yang tertinggal atau menempel pada akar terbuka.

Karang Gigi

Karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak yang disertai kuman. Plak adalah lapisan tipis pada permukaan gigi yang merupakan kumpulan kuman dan sisa makanan. Jika dibiarkan plak bisa menjadi karang gigi, menempel digigi, dan tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi biasa.

Penumpukan karang gigi dapat menyebabkan gigi sakit, karena karang menekan gusi, gusi menjadi lebih sensitif dan mudah terjadi peradangan.

Gejala Penyakit Lain

Beberapa penyakit memberikan efek sakit pada gigi. Infeksi telinga, sinusitis, dan jantung adalah contoh penyakit yang dapat menjadi penyebab sakit gigi.

Walaupun bukan penyakit menular, sakit gigi sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Penderita bukan hanya merasakan nyeri dan ngilu pada gigi tetapi juga nyeri pada anggota tubuh lainnya, seperti pusing, sakit kepala dan nyeri telinga.

Sakit gigi skala ringan dapat diobati dengan obat pengilang rasa sakit yang mengandung asam mefenamat seperti aspirin. Pada sakit gigi akut hal ini tidak terlalu efektif karena sakit akan terus timbul tenggelam berulang-ulang. Sakit gigi akut harus ditangani oleh dokter untuk mengetahui penyebab sakit gigi. Selain perawatan oleh dokter, dapat juga menggunakan obat herbal alami, tidak hanya meredakan sakit tetapi juga membantu agar gigi tetap sehat.

Obat Sakit Gigi: Daun Sirih

obat sakit gigi dari daun sirih

Sejak jaman dahulu daun sirih telah digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Didalam mulut terdapat kurang lebih 350 jenis kuman yang dapat mengganggu kesehatan gigi. Kandungan daun sirih yang bersifat antioksidasi dan fungisida atau anti jamur, mampu membunuh kuman-kuman penyebab gigi tidak sehat. Karena manfaatnya ini daun sirih kini sudah diekstrasi dan menjadi salah satu kandungan yang terdapat pada pasta gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi, gunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur alami. Rebus 5-7 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, sisakan hingga kira-kira 1 gelas, gunakan sebagai obat kumur.

Pada sakit gigi akut, gunakan getah daun sirih untuk mengurangi nyeri dan ngilu. Kunyah 1 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan gigi yang sakit. Bisa juga daun sirih ditumbuk dan diambil airnya, lalu tetesi gigi yang sakit dengan air dari tumbukan daun sirih.

Obat Sakit Gigi: Air Garam Hangat

Sakit gigi bisa datang kapan saja, dimana saja. Pada sakit gigi akut nyeri yang dirasa sangat menyakitkan hingga menyebabkan sakit kepala. Lalu bagaimana jika sakit gigi datang diwaktu dan tempat yang tidak tepat, misal ketika saat sedang meeting dikantor atau malam hari menjelang waktu tidur?

obat sakit gigi menggunakan air garam

Cara praktis dan cepat meredakan sakit gigi yaitu dengan berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Ketika berkumur fokuskan air pada bagian yang nyeri. Walaupun metode ini bersifat sementara, tetapi cukup ampuh untuk dilakukan disaat darurat, karena garam dan air cukup mudah ditemui dimana pun.

Obat Sakit Gigi: Cengkeh

Cengkeh memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, antioksidan dan anti bakteri, juga sebagai anestesi yang dapat membunuh kuman pada gigi berlubang.

obat sakit gigi menggunakan cengkeh

Cuci bersih 1 bunga cengkeh kering, gigit dengan menggunakan gigi yang sakit. Bisa juga menggunakan minyak cengkeh. Ambil sedikit kapas, tetesi dengan minyak cengkeh lalu gigit tempelkan pada gigi yang sakit.

Sakit gigi akut pertanda bukan hanya kondisi kesehatan gigi yang tidak baik, tetapi kondisi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, pada kondisi sakit gigi akut tetap diperlukan perawatan medis agar sakit gigi tidak memberikan efek samping lain pada tubuh.

Jangan mengandalkan obat penghilang rasa sakit, karena obat hanya sebatas menghilangkan rasa sakitnya saja, tidak mengobati penyebab utama sakit gigi akut. Pemakaian obat penghilang rasa sakit dalam jangka waktu lama tidak dianjurkan, lama-lama tubuh akan menjadi resisten, dosis harus dinaikkan. Pada sebagian orang penggunaan obat penghilang rasa sakit terutama yang mengandung asam mefenamat menyebabkan nyeri lambung/maag.

obat sakit gigi alami

Konsultasikan dengan dokter mengenai permasalahan sakit gigi akut anda, apa penyebab utamanya dan pengobatan apa yang harus dilakukan. Agar tidak kambuh dikemudian hari, jagalah kondisi kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi dan memeriksakan kondisi kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Dari beberapa penyebab sakit gigi akut, yang umum terjadi adalah akibat gigi berlubang. Penyebab gigi berlubang diantaranya:

  1. Pertemuan bakteri dan zat gula didalam mulut. Gula akan diubah oleh bakteri menjadi asam. Asam ini lah yang akan membuat gigi rapuh, keropos dan berlubang. Lubang pada gigi sekecil apapun dapat menjadi tempat sisa makanan bersembunyi. Sisa makanan ditambah dengan adanya bakteri akan membuat lubang semakin besar.
  2. Ketidakseimbangan mineral. Proses pelepasan mineral gigi yang tidak sebanding dengan pengembalian mineral gigi membuat gigi rapuh, mudah keropos dan berlubang. Ketidakseimbangan mineral juga dapat terjadi akibat asupan gizi yang tidak seimbang. Dr. Mevin Page, penulis Cure Tooth Decay: Mengobati dan Mencegah Gigi Berlubang Dengan Nutrisi, mengatakan bahwa gangguan rasio antara kalsium dan fosfor dalam darah dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.
  3. Pada anak-anak, kasus yang sering terjadi adalah nursing bottle syndrome, yaitu pemberian susu melalui dot dan dilakukan pada saat anak menjelang tidur hingga anak tertidur. Kondisi seperti ini membuat seluruh mulut dan gigi terendam susu. Sisa-sisa susu akan berubah menjadi asam dan gigi menjadi cepat rapuh, keropos, dan berlubang. Kondisi semakin parah jika susu yang diberikan mengandung gula.

Gigi berlubang awalanya mungkin tidak terasa, tetapi akibat sisa makanan dilubang gigi bercampur dengan bakteri, lama kelamaan lubang gigi semakin besar, mengenai jarinagn saraf yang terdapat pada gigi, maka gigi akan terasa sakit.

Pengobatan pada gigi berlubang bermacam-macam. Mulai dari mengobati rasa sakit dan peradangan yang biasa menyertai gigi berlubang yang sudah akut, penambalan hingga pencabutan gigi.

Tidak semua gigi berlubang harus dicabut. Jika kondisi lubang gigi masih bisa diperbaiki, maka cukup dilakukan penambalan. Setelah dilakukan penambalan rawatlah kondisi gigi dengan baik.

Pencabutan gigi menjadi pilihan terakhir, jika kondisi gigi berlubang sudah sangat parah. Gigi berfungsi membantu proses pencernaan, melumatkan makanan sebelum diproses dilambung dan usus. Gigi juga mempunyai fungsi pada penampilan dan fungsi bicara. Jika dilakukan pencabutan, bahkan hingga beberapa gigi yang dicabut, akan mempengaruhi fungsi-fungsi tersebut diatas.

Lubang pada gigi selain dapat menyebabkan nyeri dan peradangan juga dapat menjadi jalan masuk bakteri pada aliran darah. Bakteri dapat masuk hingga keorgan-organ tubuh lainnya seperti paru-paru dan ginjal. Penelitian yang dilakukan Universitas Harvard menemukan bahwa orang yang memiliki masalah dirongga mulut beresiko lebih tinggi terkena kanker pankreas dibanding orang dengan kondisi rongga mulut sehat.

Karena bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan, maka sebelum lubang gigi bertambah parah, atau malah jika kondisi gigi anda sehat, perlu dilakukan perawatan untuk pencegahan gigi berlubang:

  1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, terutama setelah makan dan menjelang tidur, agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Flouride yang terkandung pada pasta gigi dapat menguatkan gigi dan mencegah gigi berlubang.
  2. Periksa kondisi kesehatan mulut dan gigi secara berkala. Walaupun tidak ada keluhan seputar gigi, bukan berarti gigi anda baik-baik saja. Dengan pemeriksaan berkala dapat mencegah gigi berlubang, atau jika terdapat lubang kecil pada gigi, dapat langsung dilakukan perawatan agar lubang tidak semakin membesar. Pada anak-anak pemeriksaan dapat dilakukan sedini mungkin, sejak gigi susu tumbuh.
  3. Jangan terlalu banyak makan yang mengandung gula.
  4. Konsumsi makanan sehat. Brokoli, yogurt, susu, keju, dan ikan laut merupakan makanan sumber kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi. Buah-buahan juga baik untuk menjaga kesehatan gigi karena mengandung vitamin dan mineral, tetapi karena pada buah terdapat unsur gula yang dapat menyebabkan gigi berlubang, makan konsumsi buah secara moderat, tidak berlebihan.
  5. Rubah kebiasaan minum susu sebelum tidur pada anak-anak.
  6. Minum air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih baik untuk membersihkan gigi dari bakteri dan membantu produksi air liur. Air liur mampu melawan bakteri pada gigi.
  7. Jaga pola makan agar kebutuhan gizi seimbang untuk seluruh tubuh termasuk gigi terpenuhi. Dengan gizi yang cukup, gigi pun mendapatkan mineral-mineral penting sehingga tidak mudah rapuh, keropos dan berlubang.
  8. Mengunyah permen karet baik untuk gigi karena dengan mengunyah berarti memproduksi air liur. Saat ini beberapa permen karet mengandung zat yang baik untuk menjaga kesehatan gigi seperti flouride dan xylitol. Namun konsumsi permen karet berlebih tetap tidak baik, konsumsi berlebih justru dapat memicu gigi berlubang, untuk meminimalisir efek buruk mengunyah permen karet bisa memilih permen karet jenis sugar free.

Demikianlah beberapa tips dan cara untuk merawat kesehatan gigi anda untuk mencegah gigi berlubang dan juga beberapa obat sakit gigi alami yang bisa direkomendasikan jika anda sudah terlanjur mengalami sakit gigi.

Last edited 08 July 2015