Obat Asam Urat yang Alami. Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat yang merupakan hasil akhir dari pemecahan zat purin. Kadar asam urat normal pada pria adalah 3,5 - 7 mg/dl pada laki-laki dan untuk perempuan 2,6 - 6 mg/dl. Jika angka kadar asam urat diatas batas normal maka termasuk kadar asam urat tinggi.

Pada keadaan normal asam urat dibuang dari tubuh oleh ginjal melalui urin. Namun jika kadar asam urat berlebih dan yang dikeluarkan dari tubuh hanya sedikit, maka sisa asam urat yang tidak dikeluarkan akan menumpuk pada persendian dan pembuluh darah kapiler. Dalam jangka waktu lama asam urat yang menumpuk akan menjadi kristal. Ketika beraktifitas kristal yang berbentuk tajam akan menusuk-nusuk dinding pembuluh darah sehingga akan timbul rasa nyeri dan ngilu. Kondisi yang demikian harus segera diobati dengan beberapa obat asam urat yang bisa diperoleh di apotek ataupun dengan bahan-bahan alami.

obat asam urat

Gejala awal penyakit asam urat adalah nyeri pada persendian, biasanya diawali pada persendian jempol kaki, terkadang disertai pembengkakan kemerahan. Rasa sakit ini dapat menjalar pada sendi-sendi jari kaki yang lain, juga pada jari-jari tangan, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Pada kondisi kadar asam urat tinggi, persendian menjadi sulit digerakan karena hilangnya fungsi pelumas/lubricant pada cairan getah bening.

Penyebab tingginya kadar asam urat adalah pola makan yang tidak sehat. banyak mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti babat dan usus dapat meningkatkan kadar asam urat. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, melinjo, kangkung dan caisin juga memiliki kadar purin tinggi. Sehingga bagi penderita asam urat, asupan baik produk hewani maupun nabati harus diperhatikan, hanya makanan rendah purin yang baik dikonsumsi agar tidak menambah kadar asam urat dalam tubuh.

obat asam urat dan makanan yg harus dihindari

Selain faktor makanan, faktor genetik juga berpengaruh pada tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit asam urat, lebih beresiko terhadap penyakit asam urat.

Kadar asam urat yang tidak dijaga akan memberikan efek samping lain pada tubuh, yaitu dapat menyebabkan batu ginjal dan kerusakan permanen pada persendian, bisa juga menjadi komplikasi hingga menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Banyak cara untuk mengobati asam urat. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar asam urat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat:

Obat Asam Urat Alami: Jeruk Nipis

obat asam urat: jeruk nipis

Minum perasan air jeruk nipis secara teratur setiap hari, minimal 1 kali sehari, dapat membantu menurunkan kadar asam urat, karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat melarutkan asam urat secara alami. Peras 1-2 buah jeruk nipis, campur dengan air, minum setiap pagi, dapat juga dicampur dengan madu.

Obat Asam Urat Alami: Lemon

Dr. Theodore. A. Baroody dalam bukunya yang berjudul “Alkalize Or Die” mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang bersifat basa seperti buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan rendah lemak dapat membantu menetralkan kadar asam dalam tubuh, termasuk kadar asam urat yang tinggi.

obat asam urat dari lemon

Lemon adalah salah satu buah yang saat ini populer digunakan untuk mengotrol asam basa tubuh. Walaupun rasa lemon asam, tetapi lemon bersifat basa. Iris ½ buah lemon yang sudah dicuci bersih dan dibuang bijinya, masukan kedalam 1 liter air dan diamkan semalam didalam lemari pendingin. Minum secara teratur setiap hari untuk mendapatkan manfaat lemon yang akan membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dalam tubuh.

Obat Asam Urat Alami: Apel

obat asam urat: apel

Konsumsi satu buah apel sehari, membantu menurunkan kadar asam urat, karena apel mengandung asam malat yang dapat menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Konsumsi apel sebagai menu sarapan sehat atau dikonsumsi sebelum makan, selain membantu menurunkan kadar asam urat juga membantu menjaga berat badan. Kelebihan berat badan juga menjadi penyebab tingginya kadar asam urat, karena berat badan berlebih menghambat metabolisme tubuh dalam mengeluarkan asam urat.

Obat Asam Urat Alami: Pisang

Pisang termasuk buah kaya nutrisi. Menurut Dr. Sobir dari Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika Institut Pertanian Bogor, kandungan vitamin dan mineral pada pisang lebih unggul dibanding buah lainnya, terutama kandungan vitamin B6, vitamin C, Kalium, serat, dan Mangan.

obat asam urat alami: pisang

Manfaat pisang yang mengandung kalium baik untuk penyembuhan asam urat karena membantu pembuangan kristal asam urat dari dalam tubuh. Masukan pisang dalam menu sehat sehari-hari dapat mengurangi pembengkakan dan radang sendi akibat asam urat tinggi.

Obat Asam Urat Alami: Strawberry

Strawberry mengandung senyawa kimia fenol, antioksidan yang dapat mencegah asam urat dan anti inflamasi bagi radang sendi. Selain strawberry, buah berry lainnya seperti blueberry juga baik untuk penderita asam urat. Kandungan serat yang dimiliki oleh strawberry cukup tinggi, namun memiliki kadar kalori rendah sehingga cocok untuk dijadikan cemilan sehat sehari-hari.

obat asam urat dari strawberry

Selain makanan diatas juga terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang dapat membantu mengobati asam urat. Berikut beberapa jenis tanaman yang umum dijadikan sebagai terapi bagi penderita asam urat:

Obat Asam Urat Alami: Teh

Sejak dulu teh dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh mengandung polifenol yang dapat mencegah serangan asam urat. Ada banyak pilihan teh yang dapat dikonsumsi, seperti teh hitam, teh oolong, dan teh hijau. Teh yang biasanya digunakan oleh penderita asam urat adalah jenis teh hijau. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Michigan, manfaat teh hijau yang mengandung senyawa epigallocatechi-3-gallate (EGCG) dapat mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada penderita asam urat.

obat asam urat menggunakan teh hijau

Walaupun teh baik untuk kesehatan, namun tetap memiliki efek samping. Bagi beberapa orang kandungan kafein dalam teh dapat menyebabkan nyeri lambung dan jantung berdebar.Teh juga merupakan dieuretik alami, terlalu banyak mengonsumsi teh justru memperberat kerja ginjal. Selain itu teh juga mengandung oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Minumlah teh secara moderat, tidak berlebihan, 1-2 cangkir sehari diminum tanpa gula. Gunakan madu jika menginginkan rasa teh yang manis. Kenali kondisi tubuh atau konsultasikan pada dokter untuk penggunaan teh sebagai terapi asam urat.

Obat Asam Urat Alami: Jinten Hitam

Jinten hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habbatussauda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati asam urat karena mengandung 15 macam asam amino yang baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

obat asam urat dari jinten

Konsumsi jinten hitam saat ini menjadi lebih mudah karena banyak terdapat jinten hitam yang sudah diekstraksi dalam bentuk kapsul. Pastikan jinten hitam yang dikonsumsi asli dan tidak mengandung campuran bahan kimia lainnya.

Obat Asam Urat Alami: Daun Salam

Daun salam yang dikenal sebagai penyedap dan pengharum pada masakan ternyata memiliki khasiat untuk mengobati asam urat. Prof. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya yang berjudul Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang dan Umbi menyebutkan bahwa daun salam memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

obat asam urat alami dari daun salam

Rebus dengan api kecil-sedang 10-15 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Sisakan hingga air rebusan kira-kira 1 gelas. Minum rebusan daun salam dengan takaran ½ gelas, 2 kali sehari.

Obat Asam Urat Alami: Seledri

Seledri mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C, baik untuk membantu menjaga kondisi tubuh. Seledri juga berfungsi sebagai anti inflamasi untuk mengurangi nyeri dan peradangan sendi pada penderita asam urat.

obat asam urat alami dari daun seledri

Untuk mengobati asam urat, rebus kira-kira 1 genggam seledri segar dengan 2 gelas air. Sisakan hingga kira-kira 1 gelas, minum dengan takaran ½ gelas, 2 kali sehari.

Obat Asam Urat Alami: Sirih Merah

Daun sirih merah yang biasanya dijadikan tanaman hias karena warnanya yang menarik ternyata memiliki khasiat untuk pengobatan yang lebih baik dari sirih hijau. Sirih merah mengandung senyawa fitokimia alkoloid, tanin, saponin dan flavonoid yang dapat mengobati nyeri sendi akibat kadar asam urat tinggi.

obat asam urat alami: sirih merah

Untuk mengobati penyakit asam urat, bagian yang digunakan adalah bagian batang dan daunnya. Rebus kurang lebih 7 lembar daun sirih merah dan batangnya (kira-kira 15 cm) dengan 4 gelas air. Rebus hingga air tersisa kira-kira 2 gelas. Konsumsi air daun sirih merah dengan takaran 2 kali sehari ½ gelas.

Kekurangan dari terapi menggunakan sirih merah adalah terapi ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah.

Dibandingkan dengan obat-obatan kimia, penggunaan tanaman herbal baik dan minim efek samping. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan mencampur berbagai jenis tanaman herbal tanpa panduan ahli holistik medik. Jika membuat sendiri ramuan/rebusan dari tanaman herbal, gunakan 1 jenis tanaman herbal terlebih dahulu, minum secara teratur. Hasil yang didapat memang tidak secepat jika meminum obat kimia, tetapi manfaat jangka panjang dalam mengobati dan mencegah asam urat kambuh kembali jauh lebih baik dibanding menggunakan obat-obatan.

Jika menggunakan tanaman herbal dalam bentuk ekstraksi (kapsul atau kaplet), pastikan bahwa kandungan yang terdapat dalam ramuan tersebut hanya menggunakan tanaman herbal tanpa campuran bahan kimia, karena saat ini banyak beredar ektraksi herbal yang dicampur dengan bahan kimia tambahan yang justru beresiko terhadap kesehatan.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan asam urat, perlu dilakukan perubahan gaya hidup terutama pola makan agar asam urat tidak kambuh kembali. Walaupun penyakit asam urat lebih banyak menyerang pada usia lanjut, tetapi gaya hidup yang tidak sehat membuat penyakit asam urat dapat menyerang siapa saja bahkan orang yang masih muda. Berikut adalah beberapa hal mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah kadar asam urat tinggi:

  1. Minum air putih minimal 8 gelas per hari. Asupan air putih yang cukup membantu ginjal membuang asam urat berlebih melalui urin.
  2. Olahraga secara teratur membantu memperbaiki metabolisme tubuh, mencegah penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh.
  3. Pola makan sehat. Hindari makanan mengandung purin tinggi seperti otak, bebek, jeroan, dan beberapa jenis sayuran seperti caisin, melinjo dan daun singkong.
  4. Konsultasikan penggunaan obat-obatan dengan dokter, terutama jenis obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
  5. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol. Alkohol menghambat proses pengeluaran asam urat.
  6. Jika diperlukan dapat mengonsumsi suplemen tambahan sepeti Omega 3 dan vitamin C.
  7. Kenali faktor resiko. Walaupun tidak menderita asam urat, tetapi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya mulai menjaga asupan makanan. Kadar asam urat tinggi juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Demikianlah beberapa informasi seputar penyakit asam urat dan beberapa obat asam urat yang bisa dianjurkan kepada penderita asam urat yang ingin mengobati penyakitnya tersebut secara alami.

Last edited 08 July 2015