Keceriaan Ponsel Layar Sentuh Nokia

Selain harga HP yang ditawarkan tergolong harus cukup terjangkau, untuk menyasar kalangan anak muda, maka sebuah handphone harus memiliki fitur-fitur yang menarik, juga dalam sisi penampilan. Inilah yang menjadi salah satu jurus yang digunakan oleh Nokia untuk tetap bisa merebut pangsa pasar anak muda yg jumlahnya termasuk banyak di Indonesia. Meski faktor harga HP tidak selalu menjadi masalah, namun untuk menyasar segmen ini harga HP yang murah pasti akan menjadi faktor kelebihan tersendiri.

Nokia Asha 501 adalah ponsel keluarga Asha terbaru dari nokia. Modelnya sepintas hanya terlihat kotak dan ramping, dengan pilihan warna yg ceria pada bagian back covernya, diantaranya warna cyan, bright red, yellow, bright green, black, dan white. Meski tampak tebal, namun bobotnya terbilang cukup ringan, yaitu 100 gram saja. Material plastik yg digunakan memiliki tekstur yg lembut dan tidak licin, sehingga nyaman digenggam. Maklum saja jika Nokia menggunakan material plastik, karena harga HP yang ditawarkan tidak memungkinkan untuk menggunakan material yang lebih mahal.

Mengusung layar sebesar 3 inch dengan resolusi 240x320 agaknya sudah cukup baik, mengingat level harga HP yang ditawarkan juga murah. Namun kualitas layarnya tergolong cukup baik, bahkan ketika dilihat di luar ruangan. Layarnya sudah mandukung sentuhan dengan multitouch hingga 2 jari.

enter image description here

Nokia Asha 501 hadir dalam 2 versi yaitu versi single SIM dan Dual SIM. Untuk versi dual, kedua kartu bisa aktif bersamaan, atau biasa disebut dual standby. Kita bisa mengatur SIM mana yang digunakan untuk voice call ataupun untuk data internet.

Nokia Asha 501 menggunakan sistem operasi Asha Software Platform 1.0 yang merupakan salah satu pengembangan dari MeeGo untuk featured phone. Antar muka yang ditawarkan memiliki navigasi yang cukup sederhana bahkan bagi pemula. Meski dilengkapi dengan keyboad QWERTY virtual, namun kurang nyaman digunakan karena ukuran layarnya yang kecil.

Meski masih belum tergolong dalam jajaran smartphone, namun Nokia Asha 501 sudah bisa digunakan untuk browsing dengan menggunakan koneksi 3G ataupun Wi-Fi. Dengan memori RAM hanya sebesar 64 MB, Nokia Asha 501 ini cukup mulus ketika digunakan berselancar di internet menggunakan browser bawaannya.

enter image description here

Nokia Asha 501 ini juga sudah dilengkapi dengan kamera belakang sebesar 3.15 MP fixed focus, yang dapat juga digunakan untuk merekam video dengan kualitas resolusi yang rendah, yaitu 240p@15fps. Karena memang hanya tergolong featured phone, maka performa kameranya memang tidak terlalu memukau, bahkan cenderung kurang memuaskan. Meski demikian untuk berbagi foto melalui jejaring sosial sudah cukup mudah dilakukan dengan ponsel ini. Kamera depan untuk video call juga tidak tersedia pada ponsel ini.

Untuk urusan aplikasi, Nokia Asha 501 ini masih menggunakan platform Java MIDP 2.1. Meski sudah tidak populer lagi, namun aplikasi game dan tools yang tersedia masih cukup banyak dan cukup menghibur. Ada beberapa aplikasi gratis yang sudah disertakan oleh nokia pada ponsel ini.

Harga HP Nokia Asha 501

Harga HP Nokia Asha 501 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya sebesar IDR 925.000. Namun dengan harga yang sebesar ini, Nokia mau tidak mau harus bersaing dengan smartphone Android entry level yang sudah membanjiri pasaran saat ini, misalnya Smartfren Andromax C yang sudah bisa dimiliki dengan harga 700 ribuan. Meski harga HP nokia ini cukup murah di kelas featured phone, namun orang bisa saja lebih memilih menggunakan smartphone Android yang lebih kaya aplikasi dan gamenya.

Meski demikian, Nokia masih memiliki brand image yang cukup kuat, selain itu pasti ada para pengguna yang kesulitan dengan platform Android, maka Nokia dengan platform Asha yang dirancang untuk lebih intuitif dan mudah digunakan masih punya peluang untuk merebut hati para pecinta featured phone ini.

Last edited 16 March 2016