Modal Utama Entrepreneur Sukses

3
376 Posts
559 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Apakah mungkin untuk memulai bisnis dari modal yang sedikit bahkan tanpa modal??

Mungkin pertanyaan inilah yang sering kita ajukan pada saat memiliki rencana untuk membangun sebuah usaha mandiri dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang memiliki potensi penghasilan yang besar. Seringkali hasrat kita untuk memiliki usaha sendiri harus terbentur pada masalah modal, sehingga seringkali ide-ide bisnis bagus yang kita miliki langsung dimatikan sebelum sempat untuk dicoba. Apakah untuk memulai sebuah bisnis harus menggunakan modal besar?

Dalam buku terlaris versi New York Times “The Millionaire Next Door”, hasil wawancara kepada 500 jutawan di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa latar belakang ekonomi hampir tidak berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk sukses di masa depan. Hanya 10% saja dari para jutawan itu yang mengawali kesuksesannya dari uang yang diwariskan kepadanya, dan sisanya 90% merupakan orang-orang dari latar belakang keluarga kelas menengah bahkan termasuk golongan orang miskin.

enter image description here

Apa yang menyebabkan hal itu??

Percaya atau tidak, dalam diri orang-orang yang terlahir miskin, ada sebuah rasa lapar dan motivasi yang besar untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan keluarganya. Hal inilah yang menjadi bahan bakar bagi semangat juang yang tinggi. Sebut saja para milyuner dunia seperti Steve Jobs, Bill Gates, Warren Buffet, dan Sam Walton yang merupakan orang-orang yang lahir dari kalangan menengah ke bawah.

Selain rasa lapar dan motivasi yang tinggi, mereka yang cenderung tidak memiliki modal justru merasa ‘nothing to lose’, alias “merasa tidak rugi apapun” untuk berusaha dan berani mencoba untuk berbuat sesuatu yang baru, dan biasanya mereka harus memutar otak mereka secara cerdik untuk menyiasati kekurangan mereka itu. Inilah justru yang menjadi salah satu modal seorang pengusaha atau entrepreneur sukses.

Sebaliknya sebagian besar mereka yang hidup dalam kemapanan justru tidak memiliki semangat juang dan motivasi yang justru diperlukan pada waktu memikul tantangan dan kesulitan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis.

enter image description here

Jadi, bersyukurlah anda jika berada dalam posisi yang terbatas dalam modal dan kemampuan financial, karena anda akan semakin termotivasi untuk berjuang dalam bisnis yang akan atau sudah anda mulai saat ini.

Rasa frustrasi dan kekurangan anda membuat anda tidak puas dan berusaha untuk meyakini bahwa segala sesuatu adalah mungkin, karena para jutawan sebelumnya sudah membuktikannya. Karena itu temukan ‘role model’ anda dan belajarlah dari kisah kesuksesan mereka. Anda akan memetik banyak pelajaran berharga dari mereka yang lebih dulu meraih kesuksesan berawal dari kondisi yang anda alami saat ini.

Last edited 26 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3 Posts/Answers
3
7 Posts
45 Points
kasandra posted this in Entrepreneurship

Tantangan utama dari membangun sebuah bisnis terutama memang bukan pada modalnya, namun konsep bisnis yang ditawarkan. Ada banyak sekali entrepreneur sukses yang berawal dari modal pas-pasan namun bisa mendirikan perusahaan berskala internasional, bermula dari konsep bisnis yang kuat dan matang. Menurut saya ini adalah 'modal utama' dalam membangun sebuah bisnis.

Modal memang penting, namun jika ada modal tapi konsep bisnis tidak kuat dan jelas, maka bisa saja bisnis didirikan, namun tidak berjalan dan hanya 'membakar modal yang ada'. Sementara jika kita punya modal konsep bisnis yang kuat dan menjual, maka akan ada banyak investor yang mengantri untuk memberikan modal kepada anda.

Memang pada awalnya tidak sebagus itu, ada juga investor yang menolak ide dan konsep bisnis brilian seseorang, misalnya Bill Gates, Mark Zuckerberg pernah mengalami penolakan yang serupa. Namun begitu bisnisnya mulai memberikan bukti, maka datanglah kucuran dana dari sana sini. Seperti ada pepatah 'Ada gula, ada semut'.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
7 Posts
37 Points
Sylvia Hana posted this in Entrepreneurship

Modal utama untuk bisa sukses sebagai seorang entrepreneur menurut saya adalah tekad dan kemauan untuk terus belajar. Seperti yang kita tahu bahwa dalam bisnis kita harus mengerti dan menguasai banyak hal. Tanpa ada tekad dan kemauan yang tinggi, hal ini akan membuat seseorang menjadi frustrasi. Mereka akan beranggapan bahwa lebih enak menjadi seorang pegawai saja, dengan penghasilan yang relatif stabil (padahal belum tentu demikian).

Kemampuan untuk beradaptasi dan mempelajari hal-hal baru yang belum dikuasai menjadi sangat fundamental terutama bagi entrepreneur muda. Mereka yang memiliki tekad sejak muda untuk menjadi seorang entrepreneur juga harus mengimbanginya dengan modal kemauan untuk terus belajar dan mengupdate diri karena pengalaman yang masih terbatas dan sedikit. Yang dimaksudkan belajar disini adalah bukan secara teori saja, namun juga secara praktek dan juga belajar dari pengalaman orang lain.


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1
1 Posts
3 Points
Eyang Gan posted this in Entrepreneurship

Buat anda yang terkendala dengan modal usaha dan ingin segera mewujudkan ide bisnis anda, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengusahakan pinjaman modal. Beberapa bank telah menyediakan layanan kredit modal usaha, dan tidak sedikit yang berhasil mendapatkannya dan sukses untuk membangun bisnisnya. Bahkan jika usaha anda potensial, maka anda juga akan mendapatkan pengarahan dari para konsultan usaha yang akan membantu anda dalam menjalankan bisnis dengan tepat dan aman.

Jika usaha anda nantinya berhasil, maka pihak bank bahkan bisa memberikan pinjaman dengan plafon yang lebih besar. Menarik bukan?? Nah buat anda yang ingin mendapatkan modal dengan jalan ini, anda perlu mengetahui beberapa tips yang penting sebelum anda mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Berikut ini tipsnya:

  1. Anda perlu membuat proposal usaha yang akan anda jalankan dengan baik dan menarik. Usahakan proposal tersebut dibuat dengan rasional dan tidak muluk-muluk.
  2. Meskipun anda belum memulai bisnis tersebut, namun anda juga sudah harus memperhitungkan dan menuliskan penjelasan tentang arus kas sesuai lamanya permohonan pinjaman Anda. Misalnya, anda meminta pinjaman dalam jangka waktu 2 tahun, maka anda harus membuat simulasi arus kas selama 2 tahun tersebut. Jika anda kesulitan untuk membuat perencanaan ini, anda bisa berkonsultasi dengan teman atau para konsultan usaha.
  3. Biasanya pinjaman untuk modal usaha akan lebih mudah dan cepat diproses jika pengajuannya dilakukan secara berkelompok. Sebaiknya Anda dan teman-teman bergerak dalam bidang usaha yang sama untuk berkolaborasi membangun sebuah bisnis bersama-sama. Hal ini akan terlihat lebih profesional, karena sebuah usaha yang sehat perlu tim yang kuat juga.
  4. Meskipun Anda datang untuk memijam modal usaha, namun alangkah lebih baik jika anda juga sudah memiliki dana pribadi. Hal ini akan menujukkan bahwa Anda juga bertanggung jawab dan berani menanggung resiko atas bisnis Anda.
  5. Usahakan untuk mengerjakan jenis usaha yang sedang berkembang atau diminati oleh pasar pada saat tersebut, dan akan lebih baik jika anda juga memiliki minat yang sama dengan bidang usaha tersebut. Pemberi pinjaman akan merasa lebih yakin Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut.

Demikian sekedar informasi bagi anda. Semoga berguna....

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: