Kenal lebih dekat dengan facebook.

Facebook adalah sebuah social networking yang dirintis pada tahun 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Ide untuk membuat facebook berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Saat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo.

Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa.

Ketika Zuckerberg pertama kali menemukan Facebook, dia hanya ingin membuatnya untuk mahasiswa Harvard, dan tidak lebih dari sebulan, lebih dari setengah yang telah lulus telah menjadi anggotanya. Lalu setelah dua bulan terbentuk Zuckerberg telah membuka pintu untuk menerima anggota dari Yale dan pada bulan desember 2004, Facebook telah digunakan oleh 1 juta anggota. Tahun 2005 mungkin adalah tahun awal kejayaan Zuckerberg dan Facebook. Pada akhir tahun 2005 Facebook telah melebar dan meliputi anggota dari 2.000 kampus dan lebih dari 25 ribu sekolah.

enter image description here

Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.

Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai.

Last edited 12 May 2014