Macam-Macam Tipe Penyakit Diabetes

Secara umum penyakit diabetes bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu diabetes yang disebabkan karena kinerja insulin (diabetes tipe 1) dan diabetes yang bukan disebabkan karena kinerja insulin (diabetes tipe 2). Ada satu lagi jenis diabetes yang hanya bersifat temporal, yaitu diabetes tipe 3. Diabetes mellitus tipe 3 merupakan diabetes yang dialami selama kehamilan dan akan pulih setelah melahirkan.

Untuk diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes yang bersifat turunan, artinya penderita mendapatkan warisan dari orang tua yang juga mengalami gangguan pada sistem insulinnya. Sementara itu untuk diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa faktor keturunan hanya menyumbang 5% bagi munculnya penyakit diabetes tipe ke 2. Sehingga pola hidup menjadi penyebab terbesar bagi semua jenis diabetes.

mengenal diabetes miletus

Diabetes mellitus tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang mengalami obesitas atau kegemukan, dan secara sederhana dapat diobati dengan cara olahraga, diet mengkonsumsi asupan karbohidrat dan mengurangi berat badan. Jenis diabetes ini masih bisa disembuhkan hingga tuntas selama ia menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Para penderita diabetes tipe ini juga bisa menggunakan manfaat daun sirsak untuk membantu mengobati penyakit diabetes yang dideritanya.

Diabetes tipe ke 2 yang disebabkan karena adanya gangguan dalam kerja insulin lebih sulit disembuhkan, hanya bisa dicegah agar tidak semakin memburuk dan ditekan hingga ke level yang paling rendah. Diabetes tipe ke 2 ini terjadi karena kekurangan jumlah hormon insulin atau kurang sempurnanya kerja insulin, yaitu hormon yang bertugas membawa glukosa (gula) darah ke dalam sel untuk pembentukan energi.

Bagaimana proses terjadinya penyakit Diabetes Miletus?

Dalam keadaan sehat, tubuh manusia akan membutuhkan glukosa dalam jumlah yang tepat dari makanan untuk memberikan energi ke dalam sel-sel tubuh, dan sisanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak atau bentuk yang lainnya. Dalam sistem pencernaan dan metabolisme manusia glukosa diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar. Glukosa tersebut dihasilkan dari proses pencernaan dan diangkut ke seluruh tubuh melalui aliran darah, kemudian diberikan ke sel-sel organ tubuh yang memerlukan.

Dalam seluruh proses tersebut diperlukan bantuan insulin (hormon yang dihasilkan oleh pankreas). Insulin berperan sebagai pembuka kunci sel-sel tubuh untuk bisa menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk metabolisme dan regenerasi sel. Karenanya jika kerja insulin tidak berjalan secara normal (kurang), maka glukosa tidak dapat diserap oleh sel secara maksimal, sehingga justru tetap berada dalam pembuluh darah. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, maka konsentrasi glukosa di dalam darah akan meningkat secara drastis.

Insulin juga diperlukan untuk menyimpan kelebihan glukosa di dalam organ hati dan otot atau diubah menjadi trigliserida yang disimpan di dalam jaringan penyimpan lemak (adiposa). Namun karena adanya gangguan pada sistem insulin, maka hal itu juga tidak dapat terjadi. Kondisi dimana glukosa darah yang terus-menerus tinggi dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan gangguan aliran darah dan menjadi penyebab penyakit yang lebih parah, seperti stroke, kebutaan, penyakit jantung koroner, penyakit ginjal kronik, dan luka yang sulit sembuh. Inilah yang dinamakan dengan komplikasi, artinya semua penyakit tersebut bisa muncul dalam kondisi diabetes yang sudah parah.

Mengerikan bukan?

Karenanya jangan anggap enteng penyakit diabetes ini. Anda harus berusaha untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes ini sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan herbal dengan memanfaatkan daun sirsak yang sudah diteliti memiliki khasiat yang mampu membantu kesembuhan bagi penderita penyakit diabetes.

Last edited 07 February 2015