Teh hijau adalah jenis teh yang populer di Asia Timur khususnya Cina dan Jepang. Teh ini didapat dari pucuk daun teh yang masih segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi. Manfaat teh hijau didapatkan dari kandungan nutrisi tinggi dibandingkan produk olahan teh lainnya. Teh hijau memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali kesehatan dan kecantikan kulit dan untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau merupakan solusi alami dan relatif aman untuk mengatasi masalah kecantikan.

Manfaat Teh Hijau Untuk Obat Jerawat Alami

Manfaat Teh Hijau

  • Menghadang radikal bebas. Teh hijau kaya akan kandungan polifenol, yaitu senyawa bioflavonoid yang bekerja sebagai anti oksidan. Polifenol ini disebut katekin. Sebagian besar adalah epigallocatechin gallate atau EGCG. Di dalam teh hijau juga terdapat bioflavonoid tannin, fluoride, kafein, vitamin K dan teophylline. Dalam satu cangkir teh hijau terkandung 100-200 mg EGCG.
  • Mengendalikan gula darah. Kandungan polifenol dan polisakarida pada teh hijau membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes tipe 1, teh hijau bersifat menyerap glukosa. Bagi penderita diabetes tipe 2, teh hijau bersifat mencegah melonjaknya gula darah. Teh hijau juga merangsang produksi insulin dan mencegah komplikasi pada jantung, ginjal dan mata.
  • Mengobati dan menyembuhkan luka bakar. Punya luka bakar atau bekas tersengat sinar matahari? Anda bisa memanfaatkan masker teh hijau untuk obat jerawat alami yang akan membantu memulihkan kondisi kulit seperti semula. Perawatannya memang tidak memberikan efek instan. Tetapi apabila dilakukan secara rutin maka Anda tidak akan kecewa atas hasilnya.
  • Regenerasi kulit. Mengonsumsi teh hijau akan membantu Anda meregenerasi sel-sel yang sudah mati. Ia juga secara otomatis akan memperbaiki sel yang mengalami penuaan dini.
  • Melembabkan secara alami. Melembabkan kulit secara alami dengan bahan-bahannya, teh hijau akan memberikan efek yang dingin dan lembut. Bahkan ia dapat menangkal dan merawat peradangan yang terjadi pada kulit.

  • Mencegah kanker. Teh hijau kaya kandungan antioksidan sehingga ampuh untuk menangkal sel-sel kanker. Antioksidan yang ditemukan di dalam teh hijau ini memblokir sel kanker untuk menciptakan enzym berbahaya yang dapat merusak tubuh, sehingga penyebaran sel kanker tidak akan terjadi.
  • Menurunkan berat badan. Khasiat teh hijau bukan hanya bagus untuk menghilangkan jerawat saja, teh hijau sering dikonsumsi orang yang sedang menurunkan berat badan, karena teh hijau juga bisa membantu untuk cara diet yang baik.
  • Menghambat bakteri. Ekstrak etanolik daun teh hijau dapat menghambat aktivitas bakteri staphylococcus aureus yang merupakan salah satu bakteri penyebab jerawat. Ekstrak tersebut juga dapat menurunkan produksi sebum atau lemak jerawat dalam waktu 8 minggu.
  • Mengatur hormon. Hormon seks bisa berdampak buruk pada kulit Anda, itulah sebabnya jerawat biasanya terjadi pada usia remaja. Teh hijau bisa membantu menjaga kadar hormon agar tetap seimbang. Karena di dalam teh terdapat globul yang mengikat hormon seks. Secara signifikan dia mengurangi tingkat jenis hormon bioaktif. Hormon dehidrotestosteron (DHT) diketahui mempengaruhi kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menghasilkan cairan berminyak yang disebut sebum. Terlalu banyak sebum bisa membentuk jerawat, namun jika terlalu sedikit Anda akan mengalami kulit kering. Pada dasarnya DHT meningkatkan produksi sebum, yang menyebabkan kulit berminyak, dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. Mereka yang memiliki jerawat biasanya memiliki tingkat DHT yang tinggi, itu sebabnya kulitnya berminyak. Teh hijau bisa menurunkan tingkat DHT tinggi dan membantu mencegah jerawat.

Cara Penggunaan Teh Hijau

  1. Diseduh. Menyeduh teh hijau tidak sama dengan teh yang lain. Jika menyeduh teh lain, biasanya digunakan air panas mendidih, maka menyeduh teh hijau sebaiknya dengan air hangat saja. Air mendidih justru akan mengurangi kualitas zat-zat yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya teh diseduh selama 10 menit, supaya polifenol yang keluar lebih maksimal.

  2. Diminum. Teh hijau baik diminum dua atau tiga kali sehari. Anda bisa memperoleh manfaat dari 320 mg polifenol. Untuk tahap awal sebaiknya Anda minum satu cangkir saja dalam sehari. Sambil dilihat apakah Anda mengalami masalah pencernaan seperti mual atau diare. Jika aman, bisa dosis bisa ditingkatkan. Jika tidak cocok maka 100 mg polifenol dalam satu cangkir teh hijau dalam sehari sudahlah cukup.

  3. Sebagai toner. Sebelum memakai teh hijau, wajah dihangatkan menggunakan uap dari air panas untuk melembutkan kulit dan membuka pori-pori dan membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat. Ada tiga cara menggunakan teh hijau sebagai toner.

    • Cara pertama, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada wajah yang telah dibersihkan.
    • Cara kedua, Anda bisa memasukkan air seduhan teh hijau ke dalam botol semprot/spray. Kemudian semprot wajah Anda kapanpun Anda merasa kulit Anda kering dan tidak segar.
    • Cara ketiga, Ambil satu kantung teh hijau yang telah dicelupkan kedalam air hangat. Usapkan keseluruh kulit wajah, tekan-tekan dan fokuskan pada area wajah berjerawat. Langkah ini sebaiknya rutin dilakukan setiap hari.
  4. Es teh hijau. Seduh teh hijau dengan secangkir air. Setelah dingin masukan kedalam freezer. Biarkan sampai membeku. Gosokkan es teh hijau secara perlahan ke kulit wajah anda yang ditumbuhi jerawat. Biarkan hingga mengering. Cuci hingga bersih. Lakukan langkah ini setiap hari dengan rutin dan teratur.

  5. Masker daun teh hijau. Masker teh hijau bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat yang alami untuk kulit anda. Ada tiga cara menggunakan masker teh hijau.

    • Cara pertama, ambil cukup campurkan beberapa tetes air teh hijau ke dalam putih telur yang sudah dikocok. Usapkan merata pada kulit wajah. Hasilnya kulit menjadi kencang dan noda-noda jerawat berkurang.
    • Cara kedua, gunakan masker daun teh hijau yang dibuat dari daun teh hijau yang masih segar yang baru di petik dari pohonnya untuk perawatan wajah anda setiap beberapa hari sekali. Bisa juga masker dibuat dari ampas teh hijau. Daun teh hijau dilumatkan sampai halus. Oleskan ke wajah dengan merata. Diamkan selama 20 menit. Cuci sampai bersih. Lakukan dengan rutin.
    • Cara ketiga, campurkan 3 sendok makan mayonaise dan 1 sendok teh daun teh hijau. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan (hindari daerah mata). Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
  6. Teh hijau celup. Ambil air hangat dan teh celup. Celupkan teh itu ke dalam air hangat. Kompreskan ke wajah anda sampai merata berulang-ulang. Gosokkan dengan perlahan. Lakukan setiap hari.

  7. Air teh hijau basi. Buat airteh hijau biarkan di dalam gelas sampai besok. Pada waktu bangun tidur, gunakan air teh hijau untuk cuci muka. Pijat-pijat kulit wajah sambil di basahi air teh tersebut. Gunakan setiap hari setelah bangun tidur.

  8. Ampas teh hijau. Sedangkan untuk cara penggunaan ampas teh untuk menghilangkan bekas jerawat tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu mengaplikasikan ampas teh pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selang waktu 10-15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Demikianlah khasiat teh hijau secara umum untuk kesehatan anda, dan salah satunya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat anda secara alami. Konsultasikan dulu dengan dokter jika anda memiliki kulit yang sensitif atau jenis alergi tertentu. Selamat mencoba.

Last edited yesterday