Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk memasak, namun juga digunakan untuk keperluan kosmetik. Khususnya untuk menyembuhkan jerawat karena dia memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Anda dapat menggunakan manfaat minyak zaitun dalam berbagai cara menghilangkan jerawat, seperti sebagai scrub, dengan memijatnya, dicampur dengan sari lemon dan minyak esensial lainnya.

Manfaat minyak zaitun untuk membantu mengobati jerawat

Kualitas minyak zaitun yang digunakan merupakan faktor yang penting. Anda harus menggunakan virgin olive oil dengan kualitas super. Tidak hanya virgin olive oil dengan kualitas tinggi, tapi juga jenis yang kaya polyphenol.

Salah satu virgin olive oil yang paling murni berasal dari Spanyol. Minyak zaitun tersebut tidak mengandung aditif atau dicampur dengan minyak lain. Hal itu menjamin bahwa minyak zaitun tersebut tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Berikut beberapa alasan mengapa minyak zaitun dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat daripada cara penyembuhan yang lain.

manfaat minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun sebagai antioksidan

Extra virgin oil mengandung antioksidan yang sangat kuat seperti polyphenol. Antioksidan ini menjaga kelembaban kulit. Jerawat lebih mudah sembuh pada kulit lembab daripada kulit kering. Meskipun jerawat pada kulit kering dapat disembuhkan, nantinya akan muncul bekas jerawat dan bercak yang tersisa.

Manfaat minyak zaitun sebagai anti bakteri

Extra virgin oil juga mengandung sifat anti bakteri. Karena bakteri dapat memperburuk keadaan jerawat, sifat anti bakteri pada minyak ini mencegah jerawat menjadi lebih buruk akibat infeksi bakteri. Selanjutnya proses penyembuhan jerawat dapat menjadi lebih cepat.

Manfaat minyak zaitun sebagai anti peradangan

Extra virgin oil yang murni memiliki sifat anti peradangan. Sehingga dia dapat membantu menghentikan peradangan pada wajah Anda. Hal ini penting karena dia juga mencegah jerawat menjadi terinfeksi.

Manfaat minyak zaitun sebagai scrub kulit

Scrub kulit yang dibuat dari extra virgin oil merupakan scrub terbaik di antara semua scrub jerawat. Dia membantu menghilangkan penyumbatan pori-pori kulit, membuang sel kulit mati, memperbaiki peredaran darah di kulit dan mengurangi bahkan menghilangkan bekas jerawat.

Scrub jerawat minyak zaitun memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat yang diberikan antara lain:

  • Mencegah dan mengelola ledakan jerawat
  • Melembabkan kulit supaya jerawat menjadi lebih cepat sembuh tanpa meninggalkan bekas
  • Mengandung polyphenol sehingga membuatnya lebih mudah menyembuhkan jerawat dibandingan dengan scrub lain
  • Mengurangi bekas jerawat di wajah Anda
  • Membuka penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab timbulnya jerawat

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat scrub jerawat dari minyak zaitun, Anda membutuhkan secangkir garam laut dan ¼ cangkir minyak zaitun extra virgin. Campur keduanya, tuang ke dalam toples kaca, tutup.

Bagaimana penggunaannya?

Mulailah dengan membersihkan wajah Anda dengan handuk atau kain lembut. Jika kulit Anda masih lembab, gosokkan campuran garam dan minyak zaitun pada kulit Anda. Lakukan secara lembut dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 3-4 menit. Basuh wajah Anda dengan air hangat. Jika kulit Anda masih lembab, oleskan sedikit minyak zaitun ke wajah Anda, gosokkan dengan lembut sampai minyak zaitun terserap kulit.

Pijat Minyak Zaitun

Pijat minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan jerawat dengan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Membuang sel mati
  • Menjaga kulit tetap basah
  • Memperlancar peredaran darah di kulit
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Membuka pori-pori kulit dan memperbaiki sirkulasi udara di kulit

Bagaimana cara membuatnya?

Untuk memijat, yang Anda butuhkan adalah minyak zaitun dengan kualitas sangat bagus.

Bagaimana cara menggunakannya?

Pijat wajah Anda dengan minyak zaitun dengan gerakan melingkar. Letakkan kain lembut di air panas, kemudian peraslah. Letakkan kain pada wajah Anda setelah dipijat. Biarkan sampai kain tidak panas lagi. Lepaskan kain dari wajah, masukkan kembali ke dalam air panas. Gunakan kain dengan minyak pada kulit Anda. Ketika kulit Anda masih lembab, gunakan sedikit minyak zaitun dan gosok hingga terserap kulit.

Minyak zaitun dan sari lemon

Minyak zaitun dan sari lemon dapat dipadukan dan dapat menyembuhkan jerawat. Beberapa manfaat jeruk lemon yang dipadukan dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi bekas jeraawat
  • Menghentikan peradangan jerawat
  • Membuang kulit mati
  • Membuka pori-pori kulit

Bagaimana cara membuatnya?

Campurkan 1/8 sendok makan sari lemon dengan ¼ sendok makan minyak zaitun dan letakkan di dalam toples kaca.

Bagaimana cara menggunakannya?

Bersihkan wajah Anda menggunakan kain lembut dan air hangat. Gunakan campuran sari lemon pada wajah Anda. Biarkan 5-10 menit. Bersihkan wajah Anda, gunakan minyak zaitun pada wajah Anda ketika masih lembab.

Minyak zaitun dan baking soda

Baking soda dan minyak zaitun baik untuk menyembuhkan jerawat. Manfaatnya antara lain:

  • Membersihkan bekas jerawat
  • Membuka pori-pori kulit
  • Membuang sel kulit mati

Bagaimana cara membuatnya?

Campurkan 1 sendok teh baking soda dan campur dengan 1 sendok makan minyak zaitun.

Bagaimana cara menggunakannya?

Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan pijatlah dengan lembut selama 10-20 menit. Buang sel kulit mati dan Anda akan menemukan betapa sehat dan mudanya kulit wajah Anda.

Minyak zaitun dan minyak rosehip

Minyak zaitun dapat juga dipadukan dengan minyak rosehip untuk menyembuhkan jerawat. Manfaat yang diberikan antara lain:

  • Mengurangi peradangan jerawat
  • Membuang sel kulit mati
  • Membuka pori-pori kulit

Bagaimana cara membuatnya?

Campurlah 1 sendok teh minyak rosehip dan 2 sendok teh minyak zaitun. Letakkan dalam botol dan kocok hingga bercampur merata.

Bagaimana menggunakannya?

Oleskan campuran tersebut pada kulit Anda selama beberapa menit. Lakukan tiga kali sehari untuk cara menghilangkan jerawat yang efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Demikianlah manfaat minyak zaitun yang bisa juga digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami.

Last edited 08 July 2015