Banyak faktor yang menyebabkan jerawat bisa muncul, di antaranya karena kurangnya perawatan kebersihan kulit, karena bakteri, faktor hormonal, alergi makanan, alergi kosmetik dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, penanganan jerawat menjadi tidak mudah. Bahkan obat dan perawatan tertentu seringkali justru membuat jerawat makin tidak kunjung sembuh dan tak jarang makin bertambah parah. Jika kondisi kulit Anda termasuk yang tidak bisa ditangani dengan perawatan dan obat kimia, bahan-bahan alami bisa jadi menjadi jawaban yang terbaik. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya bisa menjadi alternatif untuk anda coba.


Lidah buaya merupakan tanaman yang dalam bahasa latin disebut Aloe Vera merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Manfaat lidah buaya sudah banyak diketahui orang untuk kecantikan dan juga bahan-bahan kosmetik. Pengobatan dengan menggunakan lidah buaya untuk jerawat relatif lebih aman digunakan sebab menggunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Selain itu harganya yang terjangkau bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan yang dilakukan dengan pengobatan medis.

manfaat lidah buaya untuk mengobati jerawat

Meskipun sekarang ini sudah ada banyak obat yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan utamanya, namun kegunaan lidah buaya sendiri sejak dahulu sudah dipercaya sebagai tanaman obat yang berkhasiat. Bahkan sejak sebelum masehi lidah buaya sudah digunakan untuk penyembuhan. Tahun 74 sebelum masehi, seorang dokter di Yunani menyatakan khasiat lidah buaya untuk mengatasi kulit yang infeksi, luka bakar dan masalah rambut.

Lidah buaya saat ini sudah banyak digunakan di industri kosmetik untuk bahan pembuatan shampo, body lotion, pelembab dan pembersih wajah, masker, dll, Hal ini disebabkan karena kandungan dan khasiatnya yang baik dalam menyuburkan rambut, melembabkan, dan juga mempercantik kulit. Lebih jauh dari sekedar untuk mempercantik kulit, lidah buaya ternyata juga sangat baik digunakan untuk pengobatan jerawat, ada banyak terkandung zat-zat yang berguna dalam proses penyembuhan jerawat yang ada di dalam lidah buaya.

Apa saja sifat lidah buaya yang mambantu menyembuhkan jerawat?

  • Lidah buaya bersifat anti bakteri. Lidah buaya mengandung saponin yang dapat membunuh bakteri, termasuk bakteri propioni yang menyebabkan jerawat parah. Daripada menggunakan antibiotik, lebih baik menggunakan lidah buaya. Zat saponin dan senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri. Dengan mengoleskan daging lidah buaya pada jerawat, maka Anda melindungi jerawat dari serangan bakteri. Dengan demikian, proses penyembuhan jerawat bisa lebih cepat dan jerawat tidak menyebar.
  • Lidah buaya bersifat anti jamur. Kulit yang kurang bersih akan mudah ditumbuhi jamur. Lidah buaya tidak hanya membersihkan tapi juga mencegah tumbuhnya jamur.
  • Lidah buaya bersifat protektif. Lidah buaya mengandung magnesium laktat yang dapat mengurangi gatal-gatal pada jerawat. Lidah buaya juga dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat dan biasanya dijumpai pada beberapa produk tabir surya.
  • Lidah buaya bersifat absortif. Lidah buaya dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah dan juga membersihkan kotoran pada kulit. Lidah buaya dapat mengurangi ukuran nodul jerawat serta bisa mengurangi rasa sakit pada jerawat.
  • Lidah buaya bersifat menyembuhkan. Lidah buaya mengandung antrakuinon yang bermanfaat dalam proses pemulihan luka. Antrakuinon bisa meregenerasi kulit, memulihkan luka, dan juga memudarkan noda hitam dan menghilangkan bekas jerawat.
  • Lidah buaya bersifat menyehatkan. Lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat membantu menghilangkan blackhead dan whitehead serta membantu menyeimbangkan pH kulit.
  • Lidah buaya bersifat melembabkan. Lidah buaya merupakan pelembab yang ideal bagi seseorang yang memiliki masalah kulit berminyak atau yang menggunakan makeup berbasis mineral. Lidah buaya menambah kelembaban tanpa membuat kulit berminyak.
  • Lidah buaya bersifat anti radang. Lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin yang berperan dalam menumbuhkan sel-sel baru pada kulit. Jerawat yang memerah, bengkak dan terasa sakit adalah tanda sedang terjadi peradangan. Gel lidah buaya mampu meredakan peradangan seperti ini, menjadikan kulit yang merah-merah berkurang sakitnya.
  • Lidah buaya bersifat anti penuaan. Lidah buaya mengandung banyak anti oksidan. Di antaranya vitamin C, E dan beta karoten. Antioksidan memerangi tanda-tanda penuaan pada wajah dan bisa meremajakan kulit anda.
  • Lidah buaya bersifat regeneratif. Lidah buaya dapat meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati atau rusak, sehingga secara tidak langsung mampu menyembuhkan jerawat bahkan tanpa meninggalkan bekas pada wajah. Lidah buaya juga mengandung vitamin A dan E yang bagus untuk kulit.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi masalah jerawat bisa dilakukan dengan cara dibuat sebagai masker wajah dari bahan lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan alami yang biasa digunakan dalam perawatan kulit karena mengadung asam amino, enzim, vitamin dan punya efek antimikroba dan inflamasi. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker lidah buaya:

  • Kulit Normal. Cara membuat masker untuk jenis kulit normal adalah dengan cara mencampurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan tepung gram 1 sdm dan jeruk 1sdt. Oleskan adonan masker lidah buaya tersebut pada wajah dan leher, jangan sampai mengenai mata. Biarkan selama 30 menit, kemudian bisa dibilas dengan air bersih.
  • Kulit berminyak. Untuk jenis kulit ini anda perlu merebus lidah buaya dan diblender hingga jadi pasta kental, kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan adonan masker lidah buaya ini selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan seminggu sekali untuk membersihkan jerawat dan noda bekas jerawat.
  • Kulit Sensitif. Caranya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan jus mentimun, lalu tambahkan tiga tetes air mawar atau minyak esensial. Oleskan masker ini pada leher dan wajah selama 15 menit sebelum mencucinya dengan air biasa.

Cara membuat minuman obat jerawat

Selain digunakan sebagai masker wajah, lidah buaya saat ini sudah bisa digunakan sebagai minuman sehat yang juga bisa membantu proses penyembuhan dan penghilangan jerawat dari dalam tubuh. Sebelum memulai proses pembuatan, siapkan dulu bahan-bahannya.

  • Bahan utama yang diperlukan adalah lidah buaya yang berdaun tebal, berduri lunak serta berwarna pucat.
  • Cuci bersih lidah buaya tersebut. Kemudian ambil bagian dalamnya saja yang berbentuk gel. Potong kecil-kecil berbentuk dadu dan bersihkan dengan menggunakan air bersih sampai lendirnya hilang.
  • Rebus potongan lidah buaya tersebut selama 10 menit.
  • Angkat dan biarkan mendingin.
  • Rendam potongan dadu lidah buaya tadi pada air matang yang telah diberi perasan jeruk nipis. Angkat dan bilas kembali dengan air matang.
  • Campurkan potongan dadu lidah buaya dengan gula merah atau gula pasir cair, Simpan di dalam lemari es hingga dingin.

Demikianlah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat lidah buaya sebagai cara menghilangkan jerawat yang alami. Anda bisa mencoba keduanya atau salah satunya saja, yaitu sebagai masker wajah atau sebagai minuman yang menyehatkan. Selamat mencoba manfaat lidah buaya sebagai solusi untuk masalah jerawat anda

Last edited 26 June 2016