Biasanya jerawat diatasi dengan pengobatan. Tapi banyak juga yang mengalami salah pengobatan. Kebanyakan antibiotik dan benzoyl peroxide memiliki risiko. Sebagai tambahan, bakteri penyebab jerawat sering menjadi kebal karena penggunaan antibiotik. Akibatnya, jerawat harus diatasi dengan cara yang lain, sebisa mungkin menggunakan obat jerawat yang alami. Salah satu solusi alternatifnya adalah dengan menggunakan manfaat kunyit untuk kulit wajah yang berjerawat.

manfaat kunyit untuk kulit wajah

Apa itu kunyit? Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang mudah dikenali. Dia sangat populer di India dan Thailand. Meskipun dapat juga ditemukan di seluruh dunia. Sekilas tanaman kunyit mirip dengan jahe. Akarnya yang diambil, direbus kemudian dikeringkan. Kemudian dioleh menjadi bubuk kuning atau oranye. Kunyit mudah dikenali karena aromanya yang khas.

Tidak semua orang suka dengan aroma kunyit. Dia juga sering digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan, contohnya kare. Kunyit sudah dikenal luas di seluruh dunia. Meskipun seringkali dia digunakan sebagai rempah-rempah bumbu makanan, dia juga memiliki khasiat untuk jamu atau kesehatan, dan salah satu manfaatnya adalah bisa digunakan sebagai obat jerawat yang alami. Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit adalah salah satu alternatif bagi masalah jerawat anda yang membandel.

Di Indonesia kunyit juga disebut kunir. Kunyit memiliki nama latin Curcuma longa. Kunyit adalah salah satu tanaman rempah dan obat yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hampir setiap orang di Indonesia mengenal dengan baik apa itu kunyit. Dalam kesehariannya, rempah satu ini menjadi pelengkap bumbu masakan serta jamu yang menjaga kesehatan dan kecantikan.

Khasiat kunyit terletak pada kurkumin. Kurkumin merupakan senyawa kimia yang khas terkandung hanya dalam kunyit. Kunyit punya banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan, salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan jerawat pada wajah dan tubuh kita. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Mengurangi bau datang bulan. Proses menstruasi yang merupakan peluruhan dinding rahim, mengeluarkan banyak darah selama beberapa hari. Seringkali bau amis darah sampai mengganggu pergaulan. Untuk itu, paduan kunyit dengan asam dapat mengurangi bau menyengat itu. Selain mengurangi bau, kunyit bermanfaat juga memperlancar dan mempercepat proses haid.

  • Mengurangi efek asam lambung. Para penderita maag biasanya merasakan perih akibat ganasnya asam lambung yang berlebihan. Jika hal tersebut berlarut-larut maka lambut dapat mengalami iritas, luka bahkan bocor. Kunyit dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi efek dari asam lambung. Kunyit sangat baik untuk mencegah sakit maag sebelum menjadi lebih parah.

  • Meredakan batuk. Berbagai obat batuk buatan pabrik belum tentu cocok bagi Anda. Selain itu, bukan mustahil obat batuk yang manjur dibarengi dengan efek samping yang tidak mengenakkan. Tidak ada salahnya Anda mencoba obat batuk alami warisan para leluhur. Bersihkan dan kupas kunyit dan jahe secukupnya. Rebus keduanya bersama gula merah secukupnya. Minumlah setiap selesai makan. Batuk Anda akan berkurang dan menghilang secara perlahan.

  • Menyembuhkan amandel. Amandel yang membesar dapat mengganggu komunikasi dan percaya diri. Sebelum masuk ke tahap yang lebih parah, sebaiknya Anda berusaha mencegahnya dengan kunyit. Kunyit dapat diparut dan diperas untuk diambil sarinya. Untuk mengurangi bau dan rasa kunyit yang getir, campurkan jeruk nipis dan madu. Minum ramuan tersebut secara teratur. Amandel Anda akan mengecil secara perlahan.

  • Mencegah tumor. Siapa menyangka kunyit yang sepertinya sepele ternyata dapat mencegah pertumbuhan sel penyebab tumor dan kanker. Kunyit memiliki sifat anti karsinogen, terutama kunyit putih. Artinya kunyit memerangi zat-zat penyebab kanker dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Apabila dikonsumsi secara teratur, dipadukan dengan diet rendah lemak, maka kunyit dapat menjadi penjaga kesehatan yang baik.

  • Menghilangkan jerawat. Banyak orang yang meyakini khasiat kunyit untuk jerawat dan menghaluskan kulit. Kunyit dapat digunakan untuk perawatan luar sebagai masker. Namun dapat juga digunakan untuk penyembuhan dari dalam dengan cara diminum. Pengobatan dari dalam lebih baik karena memberi dampak positif terhadap tubuh secara keseluruhan. Sedangkan penggunaan luar hanya memberi manfaat terbatas pada daerah yang disentuh kunyit. Penggunaan luar dan dalam membuat jerawat lebih mudah kering, sekaligus mencegah jerawat baru untuk tumbuh.

  • Melancarkan ASI. Selain daun katuk, ternyata kunyit juga bermanfaat memperlancar ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Karena ASI akan berpengaruh kepada bayi, sebaiknya para ibu tidak minum pelancar ASI buatan pabrik. Pengawet dan pewarna yang digunakan bisa berdampak buruk pada bayi. Sebaiknya para ibu membuat sendiri ramuan kunyit yang diperlukan.

Bagi mereka yang percaya kepada pengobatan Ayurweda, kunyit telah digunakan sebagai sarana pengobatan selama berabad-abad. Zat yang ada di dalam kunyit yang sangat bermanfaat disebut curcumin. Sebuah artikel di Wall Street Journal pada tahun 2005 menyebutkan “Sebuah penelitian tentang curcumin, zat aktif pada kunyit, menunjukkan bahwa kunyit dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit, mulai dari kanker hingga gangguan kulit. Setelah dicoba berulangkali pada hewan percobaan, para ilmuwan mulai mencoba efektifitas kunyit pada manusia”.

Kebanyakan teori itu berdasarkan pada tingkat penyakit di India dan negara berkembang lainnya. Mereka menjadikan kunyit sebagai bagian dari diet sehari-hari mereka. Sebagai contohnya, India memiliki tingkat kanker per kapita yang rendah dibandingkan dengan Amerika, meskipun orang-orang India hidup dalam kondisi yang kurang baik. Kunyit diyakini memiliki manfaat kesehatan dan dapat diekstrak menjadi jenis pengobatan alami. Salah satu manfaat kunyit adalah untuk cara mengatasi jerawat, seperti yang sudah dilakukan oleh banyak orang.

Semua orang pasti pernah mengalami jerawat seumur hidup mereka. Laki-laki, perempuan, tua, muda, miskin, kaya. Sebagian hanya menemuinya pada masa remaja. Sebagian tetap mendapatkannya, bahkan setelah dewasa. Sebagian orang hanya mendapatkan beberapa butir jerawat saja. Tapi sebagian yang lain mungkin hancur rasa percaya dirinya akibat jerawat yang parah.

Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di bawah kulit. Bakteri ini menyebabkan peradangan. Salah satu masalah dengan pengobatan adalah meskipun mereka efektif membasmi bakteri, tapi bakteri berusaha beradaptasi terhadap antibiotik. Akibatnya antibiotik kehilangan efektifitas dan jerawat kembali muncul. Menariknya, kunyit tidak diyakini memiliki sifat antibiotik.

Kunyit juga diyakini memiliki sifat anti peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa kunyit tidak membunuh bakteri. Namun lebih pada mencegah bakteri penyebab timbulnya jerawat. Sebagian orang menyatakan bahwa ada zat lain di dalam kunyit yang memiliki sifat anti bakteri. Sehingga kunyit banyak digunakan dalam mengatasi jerawat.

Kunyit yang dibuat menjadi pasta, dan diaplikasikan pada daerah rawan jerawat dapat menghancurkan bakteri P.acnes yang menyebabkan peradangan, dan menghilangkan minyak yang berlebihan dari kulit. Kunyit memiliki sifat anti – oksidan dan anti inflamasi, yang keduanya sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat.

Ada beberapa cara untuk membuat ramuan kunyit yang memiliki manfaat penyembuh jerawat. Kedua cara berikut yang banyak dipakai di masyarakat. Cara pertama, sediakan 4 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan susu, dan 4 sendok makan madu. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai menjadi pasta. Cara kedua, sediakan 8 sendok makan kunyit, 5 sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen. Campurkan kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta. Pasta dari kedua cara tersebut dapat disimpan dalam lemari es untuk digunakan berulang-ulang.

Pasta jerawat tersebut untuk penggunaan terbatas pada daerah jerawat. Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan selama perawatan. Jika Anda tidak terbiasa mandi berendam, cobalah mandi berendam air hangat. Aktivitas tersebut dapat melembutkan kulit. Anda boleh menggunakan gel mandi yang ringan. Hindari gliserin atau produk anti bakteri. Zat seperti itu dapat membuat kulit Anda kering. Siapkan air hangat dalam baskom di dekat Anda. Celupkan washlap ke dalam air hangat seperlunya. Tempelkan kain basah hangat pada daerah berjerawat selama 5 menit. Aktivitas tersebut membantu mengeluarkan nanah pada jerawat yang meradang. Setelah itu, keringkan kulit dengan disentuh dengan handuk kering.

Setelah wajah Anda kering, oleskan pasta kunyit yang telah dibuat tadi. Oleskan dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Biarkan pasta menempel semalam supaya kering. Setelah kering, pasta akan kaku seperti masker. Dengan begitu ukuran jerawat akan mengecil. Basuh masker tersebut di pagi harinya. Karena proses tersebut dapat mengotori pakaian atau sprei, sebaiknya Anda menggunakan baju dan sprei lama, atau memberi alas pada sprei dan bantal sebelum menggunakannya.

Selain kedua cara membuat pasta kunyit di atas. Pasta juga bisa dibuat dengan cara ketiga, menggunakan kunyit, yoghurt dan madu. Siapkan 2 sendok teh yoghurt dan ½ sendok teh bubuk kunyit dan sedikit madu. Campurkan ketiganya sampai menjadi pasta. Yoghurt banyak mengandung asam laktat. Oleskan pasta pada wajah. Biarkan selama 30 menit. Bilas wajah Anda hingga bersih.

Berikutnya adalah cara keempat membuat pasta kunyit. Siapkan ½ sendok teh bubuk cendana, ¼ sendok teh bubuk kunyit, 2 sendok makan dadih. Campurkan keduanya sampai Anda mendapatkan pasta yang lembut. Oleskan pada daerah berjerawat. Biarkan selama 20 menit. Cuci dengan air hangat. Bilas dengan air dingin. Keringkan kulit dan oleskan pelembab yang cocok.

Air hangat berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Sedangkan air dingin berguna untuk mempersempit pori-pori. Selama menggunakan masker, sebaiknya Anda merasa rileks. Gunakan musik yang lembut jika Anda menyukainya.

Beberapa riset terhadap kunyit dan jerawat menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri. Semua studi menghasilkan kesimpulan yang sama bahwa kunyit dianggap aman dan tidak menimbulkan efek samping. Para pendukung Ayurweda menyatakan bahwa memakan kunyit bukan cara yang tepat untuk mengatasi jerawat. Menurut mereka cara terbaik adalah dengan menggunakan masker atau krim kunyit.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan manfaat kunyit untuk kulit wajah yang praktis dan murah untuk dicoba sebagai salah satu panduan bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat yang membandel. Selamat mencoba.

Last edited 08 July 2015