Pisang merupakan makanan yang sangat menyehatkan. Manfaat pisang untuk kesehatan sudah lama dikenal dengan kandungan gizi dan vitamin diantaranya vitamin A, B, C dan E. Juga mineral seperti potasium, seng, mangan dan besi. Jika kita makan pisang, maka semua zat tersebut sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh kita. Jika pisang digunakan pada rambut dan kulit, pisang juga akan membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Manfaat pisang sangatlah banyak, seperti yang akan disampaikan berikut ini, salah satunya adalah bisa digunakan sebagai obat jerawat alami.

Manfaat pisang untuk mengobati jerawat

Buah pisang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan kulit. Pisang mengandung vitamin C dan B6 dalam jumlah besar. Vitamin tersebut berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kelenturan kulit.

manfaat pisang untuk kulit wajah

Selain vitamin, pisang juga mengandung banyak antioksidan dan mangan yang erat kaitannya dengan cara menghilangkan jerawat secara alami. Keduanya melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas oksigen yang menyebabkan penuaan kulit secara dini. Jadi manfaat pisang untuk wajah adalah membuat kulit terlihat lebih muda. Pisang mengandung 75% air. Sehingga pisang dapat membantu mengairi kulit dan dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Berikut beberapa manfaat pisang bagi kulit wajah:

Manfaat pisang sebagai pelembab kulit alami

Pisang merupakan pelembab alami yang hebat bagi kulit Anda. Vitamin A yang hadir dalam pisang memulihkan kelembaban yang hilang. Dia juga memperbaiki kulit yang rusak, kusam dan kering. Supaya dapat melembabkan, kulit yang kusam dan kering dengan cepat, hancurkan pisang matang dan usapkan ke wajah Anda. Hindari kontak langsung dengan mata. Biarkan selama 20-25 menit. Kemudian basuh dengan air hangat. Anda akan merasakan dengan cepat, kulit Anda terlihat lembut dan kenyal. Salah satu penyembuh jerawat terbaik adalah kulit pisang.

Jika kulit Anda sangat kering dan kusam, Anda dapat juga menambahkan madu ke masker wajah Anda. Masker campuran pisang dan madu juga membantu mengusir pigmentasi kulit. Cara lain mendapatkan masker wajah dengan gampang untuk melembabkan kulit adalah dengan menghancurkan setengah pisang matang dan mencampurnya dengan satu sendok makan yogurt dan satu sendok teh minyak vitamin E. Usapkan dengan lembut pada wajah yang bersih. Cucilah setelah 30 menit.

Manfaat pisang untuk mencerahkan kulit

Pisang mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Dia membantu menjaga kecerahan dan kemudaan kulit secara alami. Berikut masker wajah dari pisang yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kembali kecerahan alami pada wajah Anda.

Hancurkan pisang matang dan campur dengan satu sendok makan bubuk atau pasta cendana dan ½ sendok teh madu. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 20-25 menit. Bilas dengan air hangat. Masker wajah ini bermanfaat untuk kulit berminyak karena cendana membantu membersihkan minyak berlebihan dari kulit ketika pisang menjaganya tetap lembab.

Hancurkan satu buah pisang dan campur dengan sari lemon dari satu butir lemon (sekitar 2-3 sendok makan). Oleskan dan biarkan selama 25 menit. Masker ini kaya akan vitamin C yang akan mengusir kekusaman dan membantu mengurangi bercak dan noda gelap.

Manfaat pisang untuk mencegah penuaan

Gizi dalam pisang membantu mengurangi kerutan dan menjaga kulit Anda tetap muda. Untuk masker wajah anti penuaan yang sudah ditambah dengan vitamin A dan E, campurkan alpukat dan pisang. Oleskan dan biarkan selama 25 menit, kemudian bilaslah. Kulit akan menjadi lembut dan muda. Vitamin E dalam alpukat dipadukan dengan gizi dalam pisang memerangi radikal bebas dan memperbaiki kerusakan.

Masker wajah yang lain untuk mencegah penuaan adalah dengan menghancurkan ¼ pisang sampai menjadi krim. Tambahkan satu sendok teh air mawar. Oleskan pada wajah dan leher dan cucilah setelah 30 menit.

Makan pisangnya, simpan kulitnya, karena akan berguna. Pastikan kulitnya kuning atau hitam dan bukan hijau. Campuran antara kuning dan hitam biasanya paling efektif. Sedangkan kulit hijau belum terbukti.

Gunakan bagian dalam kulit pisang. Gosok perlahan daerah terinfeksi dengan kulit pisang. Jerawat biasanya merah. Berbagai cara untuk menyembuhkannya, tidak banyak membantu. Bagian dalam kulit pisang akan berubah menjadi gelap setelah Anda menggosokkannya. Jika sudah gelap, buanglah dan gantilah kulit pisang yang baru. Anda harus melakukannya terus menerus sekurangnya 10 menit. Setelah itu, tidak terlalu banyak pengaruhnya.

Jangan membasuh wajah Anda setelah penggosokan. Hal ini penting. Zat yang ada di dalam kulit pisang dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit. Hanya jika Anda hendak pergi tidur, barulah basuh wajah Anda. Jika Anda langsung membasuh setelah penggosokan, maka penggosokan tadi tidak banyak membantu.

Terus gunakan setiap hari. Setelah satu hari, Anda seharusnya sudah bisa melihat hasilnya. Jika jerawat tidak lagi merah dan mendekati warna kulit Anda, maka infeksi telah melemah dan akan segera sembuh.

Kulit pisang penuh dengan antioksidan, termasuk lutein. Dia membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Mereka juga mengandung asam lemak, yang menyatu ke dalam losion paten (exorex lotion). Dia dapat juga digunakan untuk menyembuhkan eksim dan kutil. Tempelkan saja sepotong kulit pisang menutupi kutil. Biarkan semalam, dan buang kulit pisangnya. Ulangi setiap malam sampai kutil tersebut lepas.

Untuk mencegah gigitan serangga, gosokkan kulit pisang pada daerah terbuka. Kulit pisang dapat juga menciutkan wasir karena kandungan gula segarnya. Kurangi penampakan garis dan kerutan dengan menggosokkan kulit pisang pada kulit Anda. Penderita psoriasis juga dapat disembuhkan dalam beberapa hari atau minggu dengan cara menggosokkannya di daerah yang sakit. Kulit pisang mengandung banyak potasium dan lutein.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda ketahui tentang manfaat kulit pisang dan juga salah satunya bisa digunakan untuk menjadi obat dan cara menghilangkan jerawat secara alami yang murah dan bisa dicoba.

Last edited 08 July 2015