Khasiat daun sirsak untuk mengobati ambeien. Sakit ambeien atau wasir, sering menjadi penderitaan tersendiri bagi yang mengalaminya. Penyakit ambeien ini disebabkan pembuluh darah di anus membengkak, atau meradang sehingga ketika buang air besar seringkali mengucurkan darah segar karena terjadi gesekan. Ambeien ternyata bisa diobati dengan cara alami, yaitu dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak untuk mengobati penyakit wasir tersebut.


Hal ini tentunya akan menjadi kabar gembira bagi anda yang sedang mencari cara pengobatan yang murah dan alami untuk penyakit ambeien anda tersebut. Biasanya dokter memberikan obat essaven atau obat wasir lainnya yang dimasukkan ke dalam lubang anus agar tidak terjadi peradangan lanjut. Dengan bantuan dan ramuan yang memanfaatkan daun sirsak anda bisa mendapatkan pengobatan yang bisa membantu anda mengatasi penyakit ambeien.

Manfaat Daun Sirsak

Melalui tulisan ini kita akan membahas secara lebih detail bagaimana caranya agar tidak sakit ambeien atau wasir, apa penyebab penyakit ambeien atau wasir tersebut, dan mengetahui bagaimana manfaat daun sirsak yang akan membantu mendinginkan panas dalam akibat wasir tersebut.

Apa penyebab penyakit ambeien atau wasir?

Penyakit ambeien atau wasir sering diderita oleh orang yang bekerja dengan posisi duduk berturut-turut selama beberapa jam tanpa berdiri, misalkan tukang jahit, kasir super market, operator, atau programer komputer. Mereka yang cenderung memiliki kebiasaan duduk seharian adalah orang yang rentan terkena sakit ambeien. Penyakit ini bisa muncul karena pembuluh darah di anus meradang dan membengkak akibat duduk beberapa jam yang dilakukan bertahun-tahun lamanya.

Yang paling sering menjadi factor penyebab wasir atau ambeien ini adalah karena kebiasaan mengejan saat buang air besar. Hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan serat dalam tubuh sehingga pada saat buang air, kotoran yang keras sulit untuk dikeluarkan sehingga harus mengejan pada saat buang air dan akibatnya terjadi gesekan dengan dinding sekitar anus dan akhirnya menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Seharusnya mereka membatasi diri agar tidak duduk berlama-lama di tempat duduk, dengan cara berdiri dulu untuk istirahat sejenak lalu mulai lagi melakukan aktivitas. Pengalaman menyatakan bahwa mereka malas untuk bangun sejenak, mungkin seperti pepatah udah duduk lupa berdiri, hahahaha intermeso saja agar tidak tegang. Namun anda tidak perlu khawatir, jika sudah terlanjur menderita penyakit wasir atau ambeien tersebut, anda bisa mengobatinya dengan cara alami yaitu dengan menggunakan khasiat daun sirsak yang banyak digunakan oleh orang.

Selain karena terlalu banyak duduk, penyakit wasir ini juga bisa disebabkan oleh hal yang lain. Bagi anda pengendara motor yang memarkir di tempat panas, waspadalah dengan jok motor yang panas menyengat. Berikan kain lembab lebih dulu untuk mendinginkan suhunya sebelum duduk di atas jok motor tersebut. Panas jok bisa membuat pembuluh darah di pantat jadi meradang atau bengkak.

Ada berbagai tingkatan penderita wasir dan juga jenis penyakit ambeien. Berdasarkan jenisnya wasir dapat dibedakan menjadi wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam merupakan jenis penyakit yang banyak dialami oleh penderita wasir, biasanya akan nampak tonjolan diseputar anus. Ambeien dalam bisa dikelompokkan lagi berdasarkan skala keparahannya, yaitu pada skala 1, akan tampak benjolan kecil di rectum atau ujung anus. Ini merupakan gejala awal dari penyakit wasir dan seringkali tidak disadari oleh para penderitanya.

Pada tingkat skala 2, akan tampak benjolan yang lebih besar tapi bisa kempes lagi. Pada tingkat keparahan ini penderita biasanya sudah mulai bisa menyadari bahwa ia sedang menderita wasir, namun karena seringkali hanya muncul ketika mengejan pada saat buang air besar, dan bisa masuk dengan sendirinya. Karena seringkali tidak mengganggu pada aktifitas lainnya maka para penderitanya seringkali menganggap remeh hal tersebut. Pada tahapan ini penyakit ambeien masih cukup mudah untuk disembuhkan, salah satunya dengan manfaat daun sirsak untuk mengobati wasir tersebut.

Skala berikutnya yaitu skala 3, dimana tampak benjolan yang semakin besar dan banyak yang hanya keluar pada saat buang air besar, namun bisa dimasukkan dengan bantuan tangan. Pada tingkat keparahan ini biasanya para penderita baru merasa terganggu karena kadang wasir akan muncul juga pada saat duduk terlalu lama atau ketika jongkok. Pada keadaan inilah banyak yang mulai mencari cara untuk mengobati penyakit wasirnya. Jika anda ingin mencoba cara pengobatan secara alami dengan menggunakan ramuan yang berkhasiat dari daun sirsak.

Tingkat keparahan terakhir adalah tampak benjolan hingga menutupi muara anus dan benjolan sulit untuk dimasukkan bahkan menggunakan tangan. Pada tingkat ini penyakit wasir sudah sangat mengganggu aktifitas karena akan terasa sakit ketika sedang duduk. Tingkat yang sudah parah ini biasanya hanya bisa ditangani dengan operasi. Karena itu jangan biarkan wasir menjadi semakin parah, anda bisa mencoba untuk mengobati sakit wasir anda dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak yang secara alami akan membantu mengatasi peradangan dan bahkan bisa membuat wasir secara berangsur-angsur menjadi mengecil.

KHASIAT DAUN SIRSAK UNTUK MENGOBATI AMBEIEN.


Bagaimana cara mengobati penyakit wasir dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak?

Daun sirsak dikenal sebagai herbal yang memiliki beberapa khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati banyak penyakit. Untuk mengetahui apa saja khasiat daun sirsak lainnya anda bisa membacanya pada artikel yang terpisah berikut ini:

  1. Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kanker,
  2. Daun sirsak untuk mengobati diabetes,
  3. Daun sirsak untuk mengobati eksim,
  4. Daun sirsak untuk mengobati bisul.

Hal ini disebabkan karena daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu mengobati penyakit dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain dikenal sebagai obat yang mujarab sebagai antikanker dan antitumor, daun sirsak ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir hanya dengan cara yang cukup sederhana.

Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir dengan cara membuat ramuan daun sirsak yang cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan. Usahakan untuk memilih daun sirsak yang cukup tua dan berwarna hijau tua, penulis coba mencicipi rasanya memang sedikit pahit. Daun sirsak tersebut kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas, hingga jadi 2,5 gelas. Air hasil rebusan daun sirsak tersebut siap diminum setelah agak dingin. Manfaat daun sirsak akan bisa dirasakan ketika meminum ramuan daun sirsak tersebut secara rutin selama beberapa hari.

Namun hal yang anda harus perhatikan adalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter perihal kondisi kesehatan anda, agar ramuan daun sirsak yang berkhasiat ini tidak kontradiksi dengan kesehatan anda karena mungkin berdampak pada salah satu penyakit anda yang lain. Misalnya jika anda menderita darah rendah, mungkin ramuan daun sirsak ini tidak cocok untuk anda karena fungsi khasiat daun sirsak yang sering digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi.

Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, maka biasanya dokter akan memberikan obat untuk membantu melancarkan proses sirkulasi darah pada daerah anus. Juga untuk membantu meminimalkan benjolan yang keluar tadi, mengurangi pembengkakan dan juga pendarahan.

Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak ini sangat ampuh untuk mengobati infeksi yang mungkin timbul karena peradangan pada bagian dubur yang mengalami benjolan atau pendarahan pada saat buang air besar. Dengan doa dan keyakinan hasilnya pasti akan lebih maksimal.

Selain dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak, anda juga perlu menjaga pola hidup anda. Pola makan yang sehat merupakan cara bijaksana dalam mengobati dan mencegah wasir menjadi semakin parah yaitu dengan makan makanan yang mengandung serat tinggi yang didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-mayur. Selain itu aktivitas jalan kaki selama 60 menit, akan sanggup memulihkan fungsi usus agar bisa buang hajat dengan mudah, sehingga mencegah ambeien. Selamat mencoba manfat daun sirsak tersebut untuk mengobati wasir anda.

Last edited 23 February 2015