Manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker. Sebelum membahas manfaat daun sirsak, ada baiknya kita mempelajari lebih dahulu apa itu penyakit kanker, dan bagaimana mencegahnya karena lebih baik mencegah daripada mengobatinya, setuju bukan? Meski daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker, namun kita tetap perlu menjaga pola hidup yang sehat.

Penyakit Kanker, apa penyebabnya?

Menurut sumber yang bisa dipercaya dari pihak pemerhati kanker menyatakan bahwa penyebab kanker memang masih tidak dapat diketahui secara pasti, hal ini disebabkan karena penyakit kanker merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan yang sangat bervariasi.

Manfaat Daun Sirsak

Beriku ini beberapa faktor yang ditengarai bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kanker:

Faktor Keturunan

Faktor genetik menjadi salah satu hal yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit kanker. Inilah yang menjadi penyebab mengapa beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi menderita kanker tertentu dibandingkan keluarga lainnya. Faktor keturunan atau genetik ini diwariskan oleh orang tua yang mana secara tidak langsung membuat seseorang lebih rentan menderita penyakit kanker.

Untuk itu jika anda memiliki sejarah keluarga yang menderita penyakit kanker, maka anda perlu lebih berhati-hati dan menjaga pola hidup yang sehat dan makan makanan yang mengandung antioksidan agar bisa mencegah dan menghambat resiko untuk terkena penyakit kanker.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan merupakan faktor eksternal yang dipercaya bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kanker. Salah satunya adalah paparan asap rokok baik secara langsung (perokok aktif) maupun tidak langsung (perokok pasif). Merokok bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih.

Faktor lingkungan lainnya yang patut diwaspadai adalah paparan sinar ultraviolet matahari dan radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) yang mana bisa berasal dari sinar rontgen, atau paparan yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir, dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau hingga jarak yang sangat jauh.

Selain dari asap rokok, orang yang sering minum alkohol serta makan makanan yang banyak mengandung lemak dari daging yang diawetkan juga memiliki resiko terkena kanker lebih besar. Penyakit kanker juga berkaitan secara langsung dengan aktifitas seksual, karenanya para pelaku seksual diusia dini atau yang sering berganti-ganti pasangan cenderung terkena penyakit kanker.

Pada dasarnya faktor eksternal bersumber dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari. Terpapar radikal bebas secara berlebihan dalam waktu yang cukup lama bisa berdampak pada proses metabolisme. Untuk itulah diperlukan peran antioksidan yang salah satunya didapatkan dari manfaat daun sirsak.

Faktor Gangguan Keseimbangan Hormon

Pendorong terjadinya penyakit kanker adalah hormon estrogen yang merangsang tumbuhnya sel kanker. Kelebihan hormon estogen dan kekurangan hormon progesteron, penyebab meningkatnya kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker prostat.

Keseimbangan hormon juga sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor psikis atau psikologi, seperti stress dan depresi. Kondisi tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, sehingga sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

Faktor Bahan Kimiawi dalam Bahan Makanan.

Makanan yang mengandung pengawet dan pewarna kimia bisa menyebabkan terjadinya kanker pada saluran pencernaan tubuh. Kita perlu mewaspadai hal ini karena pada jaman sekarang ini seseorang seringkali lebih mementingkan kepraktisan dan kenikmatan sehingga tidak memperhatikan bahaya dibalik makanan yang mengandung pengawet dan pewarna buatan tersebut.

KHASIAT DAUN SIRSAK UNTUK MENGOBATI PENYAKIT KANKER.


Apa kaitannya antara manfaat daun sirsak dengan penyakit kanker yang diuraikan panjang lebar diatas?

Mungkin anda berpikir bahwa penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan sulit untuk disembuhkan. Beberapa orang yang menderita penyakit kanker harus melakukan operasi dan kemoterapi yang menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah. Namun beberapa tahun belakangan ini rahasia pengobatan alami dengan memanfaatkan daun sirsak mulai terkuak dan membuat kehebohan di kalangan masyarakat. Manfaat daun sirsak bahkan bisa juga digunakan untuk pengobatan penyakit diabetes, mengobati penyakit wasir, mengobati penyakit eksim, dan mengobati sakit bisul

Hal ini sebenarnya hanya masalah penyebaran informasi dan sosialisasi saja, karena sebenarnya penelitian mengenai khasiat daun sirsak ini sudah dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah pada akhir tahu 1990-an. Bahkan dibeberapa daerah tertentu masyarakat secara turun-temurun sudah mengkonsumsi daun dan buah sirsak untuk menyehatkan tubuh.

Salah satu penelitian daun sirsak ini pernah dilakukan oleh orang asli Indonesia. Adalah Prof. Soelaksono Sastrodihardjo PhD, salah seorang peneliti dari Institut Teknologi Bandung yang sudah mempublikasikan hasil penelitian yang membuktikan kandungan dalam daun sirsak sebagai obat antikanker. Hasil penelitian serupa juga pernah dilakukan oleh Prof. Dr. Ervizal AM Zuhud MS yang adalah pendiri Pusat Studi Biofarmaka, Institut Pertanian Bogor yang semakin memperkuat hasil penelitian tersebut.

Untuk membuat ramuan herbal dari daun sirsak ini anda cukup menyediakan sekitar 15 lembar daun sirsak. Daun sirsak tersebut dicuci hingga bersih lalu diblender hingga hancur. Kemudian ramuan tersebut direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa sekitar 3 gelas saja. Air rebusan itu dapat diminum untuk sehari. Antioksidan dalam kandungan dari ramuan daun sirsak sangatlah tinggi sehingga membantu regenerasi sel tubuh baru yang mati karena sel kanker. Antioksidan ini lebih murah dibanding dengan mengkonsumsi Double X, produksi Nutrilite buatan USA yang dikenal ampuh menyembuhkan kanker.

Meski sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa terdapat banyak manfaat dan khasiat dari daun sirsak, namun akan lebih bijak jika anda mengkonsultasikan lebih dulu dengan dokter yang merawat anda untuk mendapatkan konfirmasi lebih baik. Karena anda perlu mengetahui secara persis kondisi tubuh anda dan komplikasi penyakit lainnya yang mungkin kontra produktif dengan pengobatan secara herbal menggunakan daun sirsak tersebut.

Last edited 23 February 2015