Sebelum kita mengupas manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit Eksim secara herbal, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyakit Eksim itu?

Penyakit Eksim atau Eczema merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan karena kelainan kulit (baik kulit kering maupun kulit basah) yang disebabkan antara lain karena alergi obat tertentu, alergi terhadap makanan atau minuman tertentu, juga alergi terhadap sinar matahari, atau tekanan secara kejiwaan. Untuk mengobati penyakit Eksim ini secara herbal anda bisa menggunakan manfaat dari daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyakit Eksim atau Eczema ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Eczema basah (Numularis Dermatitis) dan Eczema kering (Neuro Dermatitis). Echzema basah merupakan penyakit eksim yang bentuknya bersisik kasar, berbintil mengandung air, dan terasa gatal. Biasanya timbulnya di jari kaki, punggung, atau dada. Sementara itu Echzema kering merupakan penyakit Eksim yang menyebabkan terjadinya penebalan kulit, dan bila dikelupas nantinya akan infeksi mengeluarkan cairan berbau. Sebaiknya dibiarkan saja mengering tanpa dikelupas agar sembuh. Gunakan manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit eksim tersebut.

Tanda-tanda eksim diawali dengan rasa gatal, panas, dan merah di bagian permukaan tubuh yang terserang. Kemudian timbul melepuh dikulit yang berwarna merah tadi. Sebagian atau seluruh kulit yang melepuh dapat berisi nanah yang mudah pecah. Dalam keadaan ini eksim dikenal dengan eksim basah. Lama kelamaan luka melepuh mengering dan membentuk koreng yang disebut eksim kering. Eksim kering dapat berubah lagi menjadi eksim basah jika kulit melepuh lagi.

Daerah yang terkena eksim akan terasa sangat kering, menebal, atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu, pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan memengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Ada 4 macam Eczema atau penyakit Eksim, diantaranya adalah:

  1. Atopic Dermatitis. Penyakit Eksim ini disebabkan karena penderita memiliki kulit yang sensitif terhadap rangsangan yang dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, kebersihan, dan penyebab iritasi. Kasus ini paling banyak terjadi pada bayi berusia 2 sampai 18 bulan . Gejalanya sering terjadi berupa bercak-bercak merah di wajah sampai daerah popok bayi. Biasanya akan sembuh setelah bayi berusia di atas 18 bulan. Menjaga kebersihan kulit bayi dari gangguan faktor penyebab alergi atau yang memberi rangsangan terhadap kulit. Karenanya kita perlu berhati-hati terhadap penggunaan handuk yang kasar, sabun antiseptik sehingga bisa mencegah timbulnya Eczema.

  2. Seboroik Dermatitis. Penyakit Eksim ini timbulnya pada daerah yang kaya kelenjar minyak, daerah rambut, alis, lipat hidung, belakang telinga dan lipatan kulit. Gejalanya adalah muncul warna kemerahan, bercak, dan sembab yang jelas terlihat. Bisa terlihat kering atau berminyak kekuningan, disertai rasa gatal. Gejala yang sering terlihat berupa ketombe.

  3. Intertrigo Dermatitis. Penyakit Eksim jenis ini merupakan kelainan radang kulit di daerah lipatan tubuh sebagai akibat dari banyaknya keringat, kegemukan, atau sering terjadi gesekan kulit. Gejalanya berupa bercak kemerahan dan sembab di lipatan kulit, leher, ketiak dan lipatan bokong/pantat. Dalam kondisi seperti ini mudah sekali terjadi infeksi sekunder oleh jamur yang biasa terdapat pada daerah dubur.

  4. Numularis Dermatitis (Eksim Basah). Penyakit Eksim ini ditandai oleh gejala seperti bercak bersisik bulat dan berbintil-bintil yang ada airnya dan terasa gatal. Lokasi yang paling sering ditumbuhi eksim basah adalah pada bagian punggung dan dada. Khususnya ditemui pada orang dewasa yang banyak keringat dan lembab.

Apa saja yang bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit Eksim?

Penyebab timbulnya eksim sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa eksim sangat mungkin berhubungan dengan aktivitas daya tahan tubuh (imun) yang terlalu rendah atau daya tubuh yang berlebihan yang mana menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Penyakit Eksim juga bisa disebabkan karena faktor keturunan, karena itu tidak jarang penyakit ini diderita oleh seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Kasus penyebab eksim pada setiap orang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Ada yang menderita penyakit Eksim setelah memegang sabun atau deterjen dan merasakan gatal yang luar biasa. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan, tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Penyakit Eksim ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan baik melalui makanan yang dikonsumsi maupun dari faktor lingkungan yang tidak sehat. Selain itu pada beberapa kasus penyakit Eksim ini juga disebabkan karena kesalahan diet makan, pencernaan kurang sempurna, buang air besar kurang normal, dan pikiran yang sering depresi bisa menjadi pemicu penyakit Eksim.

Bagi Ibu yang menyusui bayi atau memberikan susu instan, hendaklah membersihkan mulut bayi dengan kapas steril bercampur air seusai menyusui. Hal ini bisa mencegah bintik-bintik merah yang akan jadi Eczema kalau terjadi luka akibat gatal yang digaruk sang bayi. Cara merawat penderita Eksim yang efektif adalah dengan melihat penyebab Eczema pada penderita tersebut. Berdasarkan jenis penyebabnya, penyakit Eksim ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  1. Eczema alergis (alergi makanan). Jenis penyakit Eksim ini disebabkan karena alergi terhadap makanan tertentu, seperti makan makanan seafood, udang, kepiting, cumi, telur, kerang darah. Alergi bisa timbul karena hiper sensitif terhadap lemak tertentu yang dikandung oleh makanan tersebut.

  2. Eczema Kontak (bersentuhan dengan bendah, atau kimia). Jenis penyakit Eksim ini disebabkan karena bersentuhan dengan benda-benda tertentu, seperti cincin, gelang, kalung, arloji, atau bersentuhan lama dengan larutan atau cairan shampo atau detergen tertentu. Penyakit ini dalam level yang lebih rendah juga bisa dialami oleh bayi karena popoknya yang menempel terlalu lama sehingga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi merah meradang. Popok pada bayi yang telah penuh dengan pipis atau kotoran, sebaiknya diganti dengan yang kering, agar terhindar dari Eczema.

KHASIAT DAUN SIRSAK UNTUK MENGOBATI SAKIT EKSIM


Bagaimana cara memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati penyakit Eksim ini? Ikuti terus tulisan ini hingga selesai.

Bagaimana cara menangani Penyakit Eksim?

Penyakit Eksim ini sebenarnya sulit untuk disembuhkan, karena penyakit ini mudah untuk kambuh kembali, sesuai kekuatan daya tahan tubuh seseorang pada saat itu. Adapun berbagai cara bisa digunakan untuk mengobati penyakit Eksim ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan ramuan daun sirsak. Namun ada juga beberapa cara dan petunjuk praktis lainnya yang bisa anda coba, selain memanfaatkan khasiat daun sirsak.

Khasiat Daun Sirsak

Memang penyembuhan eksim sulit dilakukan, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan dan alergen yang menyebabkan eksim. Penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Berikut ini beberapa cara perawatan dan pengobatan penyakit Eksim secara sederhana.

Pertama kali, bersihkan luka atau bercak yang mana penyakit Eksim tersebut berada. Misalnya dengan cara mengusap bagian yang terasa gatal dengan menggunakan kassa steril dan larutan alkohol 70 persen, meskipun agak perih pada awalnya, namun anda harus bisa menahannya. Setelah beberapa saat anda akan mulai merasakan gatalnya berangsur-angsur hilang, kemudian olesi dengan minyak tawon. Jangan diberi cream apapun, karena justru makin susah sembuhnya, kecuali dengan resep dokter.

Selain dengan cara tersebut, anda juga perlu mengobati penyakit Eksim dari dalam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak yang dibuat menjadi ramuan herbal untuk diminum. Caranya, rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan 3 gelas air hingga menjadi 2,5 gelas. Setelah didiamkan beberapa saat hingga cukup dingin untuk diminum, juga bisa ditambahkan jeruk nipis agar rasa pahitnya sedikit tertutup dengan rasa segar asam.

Dengan manfaat daun sirsak yang memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk mengobati penyakit dari dalam tubuh, anda bisa merasakan pengobatan penyakit eksim secara alami. Atau bisa juga hanya dengan minum jus lemon sesering mungkin, karena kedua ramuan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, serta memberikan sifat basa untuk menetralisir racun dari dalam tubuh.

Selain menggunakan khasiat daun sirsak atau buah lemon, anda juga bisa mengobati penyakit eksim ini dengan menggunakan daun sirih yang dipadu dengan air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok teh dan madu murni 2 sendok teh. Anda juga bisa menggunakan daun kedondong yang muda, ambil 30 lembar makanlah mentah, rasanya cukup asam dan enak juga jika dikonsumsi sebagai lalapan.

Daun sirsak ini ternyata juga memiliki khasiat lainnya dalam menyembuhkan beberapa macam penyakit. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak manfaat daun sirsak lainnya, anda bisa membaca artikel lainnya:

  1. Manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
  2. Manfaat daun sirsak untuk mengobati ambeien atau wasir.
  3. Manfaat daun sirsak untuk mengobati sakit eksim.
  4. Manfaat daun sirsak untuk mengobati bisul.

Pada prinsipnya mengobati penyakit Eksim dimulai dengan menghilangkan rasa gatal agar tidak digaruk lalu menimbulkan infeksi secara terus menerus. Untuk mengatasi rasa gatal tersebut anda bisa mengoleskan minyak Tawon asli Makasar, yang dapat dibeli di Hypermart atau Apotik Kimia Farma. Apabila sakit berlanjut hubungi dokter kulit agar diberikan antibiotik yang memadai.

Pengobatan penyakit eksim sendiri diarahkan pertama-tama pada mengatasi rasa gatal, yang kadang hebat dan sangat gatal, olesilah dengan minyak tawon. Selanjutnya jagalah ketahanan tubuh dengan minum Vitamin C yang kuat, Bio C plus atau Double X produk Nutrilite USA sangat dianjurkan. Apabila ingin murah dan berkhasiat maka minumlah ramuan manfaat daun sirsak. Penyandang sakit Diabetes biasa gampang kena Eczema, jadi kurangilah makanan manis baik dari Gula maupun nasi putih. Gantilah dengan beras Merah yang organik.

Minumlah vitamin Double X, produk Nutrilite, USA. Untuk yang murah meriah minumlah khasiat daun sirsak 10 lembar lalu rebuslah dengan air 3 gelas hingga jadi 2,5 gelas rebusan tambahkan daun asam biar segar.

Untuk kasus-kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi, bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang hebat, berikan ramuan khasiat daun sirsak, dengan cukup 10 lembar direbus dengan air 3 gelas hingga jadi 2,5 gelas. Minumlah dengan keyakinan yang besar agar memperkuat khasiat daun sirsak tersebut, hindarilah gula, karena justru akan menyerap vitamin dalam tubuh. Padahal justru tubuh butuh Vitamin C yang cukup untuk melawan Eczema tersebut, minumlah daun asam, jeruk nipis, lemon atau minumlah ramuan khasiat daun sirsak.

Berdasarkan analisa kasus, Eczema akan menghilang seiring bertambahnya usia. Namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan. Untuk menghindari eksim, kulit harus selalu dibersihkan dan gunakan pelembab. Hindari penggunaan bahan kimia yang akan mengganggu kulit. Jangan memakai pakaian yang akan mengganggu kondisi kulit. Jika Anda terkena eksim, gunakan minyak tawon dan minumlah vitamin C dosis memadai, periksakan ke Dokter.

Kesimpulan, bila mengidap penyakit Eksim maka janganlah terlalu memikirkan masalah yang ada. Pertama, bawalah dalam doa, dan hadapilah dengan penuh keyakinan. Masalah tidak akan membuat anda terpuruk, justru membuat anda lebih dekat pada Sang Pencipta alam semesta. Kedua, janganlah menggaruk kalau ada rasa gatal, ambillah alkohol 70 persen, lalu gosoklah pada bagian yang gatal. Kemudian oleskan minyak tawon dengan kain Kasa berulang-ulang. Ketiga, minumlah Vitamin C, lemon atau jeruk nipis, atau daun asam yang direbus dengan ramuan manfaat daun sirsak. Keempat, bila sakit berlanjut periksakan ke dokter yang berkompeten, semoga cepat sembuh. Amin.

Last edited 23 February 2015