Manfaat daun sirsak untuk mengobati diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia dan menempati 3 besar penyakit yang paling mematikan. Meski demikian ada tingkatan tertentu yang berbeda-beda setiap orangnya. Meskipun banyak yang menyatakan bahwa penyakit diabetes ini tidak bisa disembuhkan, namun anda bisa mencoba terapi obat herbal dengan menggunakan manfaat daun sirsak untuk membantu mengobati diabetes yang anda derita yang sudah diteliti bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu ekstrak daun sirsak diyakini mampu memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang bertugas untuk memproduksi inlusin.

Manfaat Daun Sirsak

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai khasiat daun sirsak untuk mengobati penyakit diabetes, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa itu penyakit diabetes dan apa saja penyebabnya. Dengan cara demikian kita bisa mencegah memburuknya tingkatan penyakit diabetes miletus sembari melakukan terapi pengobatan dengan menggunakan manfaat daun sirsak.

Apa itu penyakit Diabetes Miletus?

Diabetes atau yang juga sering disebut sebagai penyakit kencing manis ini, sebagian besar disebabkan karena terjadinya kelainan metabolik dan turunan genetik. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kelainan metabolik, seperti hiperglikemia kronis dan adanya gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Adanya gangguan untuk mencerna karbohidrat tersebut menyebabkan tubuh tidak dapat mengendalikan kadar glukosa darah. Konsentrasi glukosa di dalam darah yang terus menerus meningkat dapat menimbulkan berbagai masalah yang disebut komplikasi diabetes, yaitu munculnya berbagai penyakit lain dalam tubuh. Penyakit diabetes ini perlu segera diobati agar tidak menjadi parah, salah satunya adalah dengan menggunakan manfaat daun sirsak.

Gejala Penyakit Diabetes Miletus

Kenali gejala penyakit diabetes ini agar anda bisa segera melakukan pencegahan dan pengobatan agar tidak menjadi semakin parah. Berikut ini gejala-gejala penyakit diabetes yang paling umum dan mudah untuk dikenali, diantaranya: sering merasa haus dan banyak minum atau sering merasa lapar dan banyak makan, sering buang air kencing, menurunnya berat badan, pandangan mata kabur, jika terjadi luka pada tubuh maka luka akan lama sembuh, mudah terjadi infeksi pada kulit (seperti gatal-gatal), serta lesu dan mudah mengantuk.

Jika anda mulai mengalami beberapa gejala seperti yang sudah disebutkan diatas, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda, sehingga anda bisa mengetahui sejak dini apakah anda mengalami diabetes atau tidak. Jika ternyata anda positif, maka anda harus segera melakukan pengobatan secara intensif untuk menghindari terjangkitnya komplikasi penyakit lainnya. Gunakan manfaat dari ramuan daun sirsak ini jika diperlukan untuk membantu terapi penyembuhan penyakit diabetes.

Selain itu jika anda ingin mengetahui lebih banyak manfaat daun sirsak lainnya, anda bisa membaca artikel lainnya:

  1. Manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
  2. Manfaat daun sirsak untuk mengobati ambeien atau wasir.
  3. Manfaat daun sirsak untuk mengobati sakit eksim.
  4. Manfaat daun sirsak untuk mengobati bisul.

Apa saja penyebab munculnya Penyakit Diabetes?

Penyakit diabetes sebagian besar disebabkan oleh pola hidup dan pola makan sehari-hari yang kita jalankan. Meski ada tipe diabetes yang disebabkan karena adanya gangguan kerja insulin, namun hal tersebut ternyata hanya menyumbang sebagian dari potensi penyakit ini untuk semakin parah. Karenanya anda perlu mengenali apa saja yang memang harus dijaga dan dihindari agar penyakit ini bisa diatasi sesegera mungkin. Berikut ini penyebab timbulnya penyakit diabetes :

  1. Faktor Bertambahnya Usia. Semakin bertambah usia maka resiko terkena diabetes semakin tinggi. Selain karena semakin menurunnya kemampuan dan metabolisme hormon-hormon yang ada di dalam tubuh kita (termasuk hormon insulin), juga karena semakin menurunnya aktifitas yang berdampak pada kecenderungan untuk memiliki lemak berlebih yang juga menghambat sistem kerja insulin dalam tubuh dan menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes miletus ini.

  2. Faktor Keturunan. Seperti yang sudah pernah disinggung diatas, faktor keturunan atau genetik membuat seseorang lebih rentan memiliki kecenderungan terkena diabetes. Karenanya jika anda memiliki sejarah keluarga yang menderita penyakit diabetes, ada baiknya anda lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan manis berlebih dan mulai menjaga pola hidup sehat dengan lebih serius.

  3. Kurangnya aktifitas dan olahraga. Jarang melakukan aktivitas fisik dan olahraga biasanya akan memicu obesitas atau kegemukan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Untuk mencegahnya, berolahragalah minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  4. Pola Makan Tidak Sehat. Hindari konsumsi makanan yang manis secara berlebihan. Hal ini dapat membantu proses metabolisme dan menjaga agar kerja insulin tidak dipacu secara terus menerus dan dalam jumlah yang masif. Apalagi jika anda memiliki riwayat keturunan, dimana terdapat gangguan pada sistem insulin tubuh. Ganti pola makan anda yang tidak sehat, seperti kecanduan permen, minuman manis, kue, roti, dan makanan lainnya yang memiliki kadar gula yang tinggi.

  5. Faktor stress ternyata juga secara langsung maupun tidak langsung dapat menimbulkan diabetes. Pada beberapa orang, stress dapat memicu keinginan untuk makan secara berlebihan dan tidak sehat yang pada ujungnya bisa memicu obesitas dan berujung pada diabetes. Selain itu stress juga bisa mengacaukan sistem kerja hormon pada tubuh manusia, yang secara tidak langsung juga mempengaruhi metabolisme tubuh dan kerja insulin.

Demikianlah penjelasan yang cukup panjang lebar mengenai apa itu diabetes dan bagaimana cara pencegahannya. Lalu apa kaitannya manfaat daun sirsak dengan penyakit diabetes tersebut?

KHASIAT DAUN SIRSAK UNTUK OBAT PENYAKIT DIABETES.


Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Diabetes.

Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk obat diabetes :

  1. Basah

    Rebus daun sirsak sebanyak 10 sampai 15 lembar dengan air sebanyak 3 gelas hingga air rebusan menyusut sampai 1 gelas air rebusan. Angkat dan saring ke dalam gelas, minum saat hangat secara rutin 3-4 kali sehari.

    Saat memilih daun sirsak untuk di rebus, sebaiknya pilih daun jangan yang terlalu tua atau terlalu muda sehingga kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sirsak dalam keadaan optimal.

  2. Kering

    Selain dengan cara mengolah daun sirsak tersebut di atas, daun sirsak juga dapat diolah dalam keadaan kering. Cara mengeringkannya yaitu dengan cara menjemur daun sirsak di bawah sinar matahari, sebelumnya daun sirsak di tutup dengan kain hitam agar kandungan senyawa dalam daun sirsak tidak hilang. Setelah daun sirsak kering, ambil daun sebanyak 10-15 lembar dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas air. Minumlah seduhan tadi dalam kondisi hangat

Dengan pengelolaan diabetes yang baik, komplikasi-komplikasi tersebut dapat dicegah dan dihambat. Terdapat 4 hal utama yang dapat dilakukan untuk mengendalikan kadar gula darah, yaitu: mengikuti pola makan sehat, meningkatkan kegiatan jasmani/aktivitas fisik, pengobatan yang sesuai, dan melakukan pemantauan melalui pemeriksaan secara berkala. Selain dengan menjaga pola hidup yang sehat, anda juga bisa mencoba alternatif pengobatan diabetes dengan menggunakan manfaat daun sirsak tersebut diatas.

Last edited 23 February 2015