Khasiat daun sirsak untuk mengobati bisul. Walaupun penyakit bisul merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal di masyarakat kita, akan tetapi terkadang banyak yang masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengobati bisul dengan tepat. Pada tulisan kali ini penulis akan mencoba mengupas bagaimana pengobatan bisul dengan memanfaatkan khasiat dari daun sirsak. Sebelumnya mari kita ketahui lebih dahulu apa itu penyakit bisul dan apa saja penyebabnya.

Apa itu Penyakit Bisul?

Bisul pada dasarnya disebabkan oleh bakteri yang masuk lewat pori-pori kulit kemudian menginfeksi akar rambut (folikel rambut). Bisul biasanya nampak berupa benjolan yang tumbuh di dalam kulit, terasa nyeri, berwarna kemerahan dan bengkak. Bisul bisa muncul di wajah, di dalam hidung, pada bagian ketiak, pantat, kaki, tangan, maupun di bagian kulit mana saja, khususnya kulit yang berbulu atau berambut. Jarang sekali ditemukan bisul di telapak kaki dan tangan, lidah, atau bibir. Sebaliknya bisul tumbuh di ketiak, kepala, leher, wajah, dan paha yang sering berkeringat dan cenderung berisiko terhadap gesekan dan cedera.

Manfaat Daun Sirsak

Pada awalnya bisul hanya dimulai dengan warna kulit yang memerah dan kemudian secara perlahan timbul benjolan yang terasa sakit. Lambat laun benjolan tersebut semakin besar dan semakin sakit dan berisi nanah, sampai akhirnya (jika sudah matang) akan pecah dan akhirnya mengering. Bagaimana cara mengobati bisul ini dengan ramuan yang memanfaatkan daun sirsak? Ikuti terus tulisan ini hingga selesai.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bisul pada umumnya muncul pada bagian tubuh kita disebabkan oleh infeksi bakteri, yaitu bakteri Staphylococcus Aureus, bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung. Biasanya bisul akan timbul di daerah kulit telah mengalami rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga, sehingga memberikan celah atau kemudahan bagi bakteri untuk masuk ke dalam jaringan kulit dalam, barulah timbul infeksi.

Cara Mengobati Bisul dengan Benar

Mengobati bisul sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, asal prosesnya diikuti dengan benar. Jika anda salah dalam mengobati bisul, maka bisul bisa bertambah parah karena infeksi atau menjadi lama untuk disembuhkan. Berikut ini beberapa langkah pengobatan bisul secara sederhana.

Bisul yang timbul jangan di pencet atau ditusuk dengan menggunakan jarum atau ditekan. Cukup kompres dengan menggunakan alkohol 70 persen, lalu ambil plester steril sesuai dengan besarnya bisul. Potong dalam bentuk kotak 1 x 1 cm, lalu tempelkan pada mata bisul. Hal ini perlu dilakukan agar bisul tidak tergaruk oleh tangan secara tidak sengaja atau terkena kuman dari luar. Kuman akan sangat bahaya jika mengenai bisul tersebut, karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah, karena masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh.

Biarkan plester tersebut menempel terus ke mata bisul tersebut, gantilah plester obat yang warna kainnya merah muda setiap 2 hari sekali. Biasanya tidak sampai 6 hari maka mata bisul tersebut pecah karena lengket di plester. Tetaplah tutup mata bisul dengan plester, agar bisul tersebut matang dan biasanya dengan sedikit tekanan maka keluarlah mata bisul beserta nanah dan darah. Seiring dengan pecahnya mata bisul, maka anda akan merasa lebih lega. Setelah itu bersihkan dengan alkohol, ambil kasa dengan beberapa tetes minyak tawon maka bisul tersebut tidak akan meradang dan menjadi sakit lagi.

Khusus untuk bisul yang besar dan meradang, maka harus ditutup dengan kasa steril yang telah dicelup dengan minyak tawon, tempelkan pada mata bisul tersebut. Lalu tutuplah dengan plester obat yang polos, yang terbuat dari kain (bukan plastik). Ini hanya untuk mengobati manifestasi mata bisul yang telah timbul. Anda perlu berhati-hati agar bisul tersebut tidak timbul lagi pada tempat yang berbeda.

KHASIAT DAUN SIRSAK UNTUK MENGOBATI BISUL


Lalu bagaimana cara pengobatan bisul dengan menggunakan manfaat daun sirsak?

Khasiat Daun Sirsak

Pengobatan bisul dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak merupakan alternatif baru pengobatan tradisional yang mana menggunakan beberapa lembar daun sirsak. Jika perlu bisul juga dapat di obati dari dalam, agar bisul yang ada di tiadakan selama mungkin dan tidak kambuh lagi. Minumlah ramuan yang berkhasiat menggunakan daun sirsak sebanyak 10 lembar, lalu rebus dengan air 3 gelas hingga jadi 2,5 gelas ramuan daun sirsak. Jika perlu campurkan daun asam agar rasanya lebih segar dan mengurangi rasa pahit dari daun sirsak.

Ramuan daun sirsak bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih kuat dan kuman tidak mampu menyerang daya tubuh kita. Manfaat daun sirsak didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh melawan kuman penyakit. Selain itu anda juga bisa membantu kesembuhan bisul dari luar dengan memanfaatkan daun sirsak yang masih muda. Ambil beberapa lembar daun sirsak muda, cuci hingga bersih, kemudian tempelkan pada bagian bisul yang meradang.

Perhatikan kebersihan daun sirsak tersebut, pastikan daun sirsak benar-benar bersih sebelum ditempelkan pada bisul tersebut. Manfaat daun sirsak muda mampu mengurangi peradangan dan membuat bisul cepat matang dan sembuh secara alami. Selain itu anda juga perlu memperhatikan dan menjaga kebersihan pakaian maupun handuk yang menyentuh bisul tersebut. Hal ini untuk mencegah bisul tidak kambuh atau muncul lagi. Terutama jika anda sering mengalami bisul yang berulang.

Jika anda tidak terlalu yakin untuk mengobati sendiri bisul anda, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan ke dokter. Pengalaman pasien penderita bisul yang berobat ke dokter, biasanya menjalani pemeriksaan dan tahap-tahap pengobatan sebagai berikut:

  1. Tindakan Incise dan Drainase. Untuk bisul yang berisi banyak nanah (sudah matang) dokter akan melakukan incisi atau membuat sayatan kecil di ujung bisul dengan menggunakan pisau bedah steril. Tujuannya untuk memberi jalan kepada nanah dan jaringan mati agar mudah dikeluarkan (drainase). Demikianlah semua jaringan yang membusuk termasuk nanah akan dibersihkan agar bisul sembuh dengan tuntas.

    Luka bisul tidak langsung ditutup rapat akan tetapi jika diperlukan pintu keluar (sayatan) dipertahankan dengan meletakkan alat khusus yang steril (drain).

  2. Kurun waktu 3 hari berikutnya bisa diambil agar nanah dan darah kotor (darah bercampur nanah) dapat terus mengalir tanpa ada yang tersisa.

  3. Dokter akan memberikan antibiotik agar kuman yang ada bisa dimatikan, biasanya dengan resep obat minum atau salep antibiotik.

Bagaimana Cara Mencegah Bisul Agar Tidak Kambuh lagi?

Untuk mencegah agar bisul tidak kambuh lagi, maka hal pertama yang harus kita perhatikan adalah kebersihan. Kebersihan sangat berperan dalam mengurangi resiko terkena bisul. Cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi. Jagalah kebersihan badan dengan mandi secara teratur dan bila perlu menggunakan sabun sirih agar kuman tidak menempel pada tubuh kita. Cuci pakaian, seprai, dan handuk secara teratur dan hindari pinjam-meminjam peralatan pribadi seperti: baju,celana, kaus kaki, dan handuk. Hindari mencongkel komedo atau koreng bekas jerawat dengan kuku, karena bisa menjadi potensi munculnya bisul yang bernanah.

Sebagai kesimpulan, bisul yang sudah terlanjur timbul sebaiknya tidak boleh dibiarkan dalam keadaan terbuka, bersihkan dengan alkohol 70 persen, lalu tutup dengan kasa yang di celup minyak tawon. Biarkan selama 2-3 hari. Hindari bisul terkena air, karena air mengandung kuman. Ganti dengan kasa steril yang dicampur minyak tawon yang bersih, pastilah bisul tersebut mulai melunak dan mata bisul akan pecah, dan keluarlah nanah dari bisul tersebut. Maka jadilah kering dan sembuh setelah beberapa hari.

Gunakan daun sirsak yang muda untuk ditempelkan pada bisul jika anda ingin mencoba khasiat daun sirsak tersebut untuk mengobati bisul. Untuk pencegahan agar tidak kambuh lagi, maka minumlah ramuan khasiat daun sirsak yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mengingkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Hindari makan makanan yang bergula, yang mengandung lemak untuk sementara waktu, berdoa, jaga kesehatan, makan yang sehat, itulah kunci sukses sehat.

Selain itu jika anda ingin mengetahui lebih banyak manfaat daun sirsak lainnya, anda bisa membaca artikel lainnya:

  1. Manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
  2. Manfaat daun sirsak untuk mengobati ambeien atau wasir.
  3. Manfaat daun sirsak untuk mengobati sakit eksim.
  4. Manfaat daun sirsak untuk mengobati bisul.

Last edited 23 February 2015