Ketika kita mencari cara alternatif penanganan jerawat, kita sering menemukan produk perawatan kulit buatan rumahan. Biasanya dia terbuat dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Dia bisa membantu mengatasi jerawat, menjaga kondisi kulit dan menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Baik Anda remaja atau dewasa, jerawat mempengaruhi 80% manusia. Diet kita memainkan peran penting mencegah timbulnya jerawat. Salah satu buah yang bisa digunakan untuk kulit wajah kita adalah tomat.

Manfaat buah tomat itu sangat banyak, selain mengandung banyak antioksidan yang membantu kita memperbaiki sel-sel kita, dia juga mengandung banyak vitamin C dan lycopene. Lycopene sangat baik bagi kulit kita. Sebenarnya apa sih lycopene itu?

Lycopene adalah sebuah antioksidan yang memberi tomat warna merah bersemangat. Lycopene memberikan banyak manfaat. Lycopene baik bagi otak dan sistem kekebalan tubuh kita. Lycopene juga sangat baik bagi kulit.

manfaat tomat untuk kulit wajah

Dia meningkatkan faktor perlindungan kulit / skin protection factor (SPF) kita. Dia melindungi kita dari berbagai sinar yang berbahaya seperti ultraviolet A dan B. Sinar ultraviolet dari matahari dapat dengan cepat mempertua kulit kita. Dia membantu proses produksi, pertumbuhan dan regenerasi sel kulit. Dia memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih muda. Dia juga membantu menghasilkan kolagen. Kolagen inilah yang membuat kulit kita menjadi lebih berisi dan bersinar.

Pori-pori yang besar tidak hanya lebih jelas terlihat. Mereka juga menyampaikan undangan terbuka pada kotoran, polutan untuk tinggal di dalamnya. Jus tomat sangat baik untuk mengurangi ukuran pori-pori. Meskipun tidak seketika terjadi dalam semalam, pelan-pelan dia membantu kita. Inilah yang bisa membantu anda dalam mengatasi masalah jerawat.

Sekali seminggu minumlah jus tomat organik. Sertakan juga sebagai bagian dari makanan. Untuk wajah, gunakan cotton bud untuk membersihkan kulit kering di sekitar daerah terinfeksi. Usapkan tomat dengan lembut dalam gerakan melingkar. Biarkan menempel pada kulit sekitar 5 menit, kemudian bilas. Sebaiknya lakukan aktivitas itu pada malam hari sebelum tidur. Seiring berlalunya waktu, Anda dapat melihat pengurangan ukuran pori-pori Anda.

Tomat adalah anti radang alami. Bisa dimakan ataupun dioleskan pada wajah. Untuk membantu mengurangi kemerahan di sekitar jerawat Anda, tempelkan sari tomat di daerah terinfeksi. Biarkan menempel beberapa menit. Jika jerawat Anda meradang hebat, lakukan hal itu dua kali sehari. Pastikan Anda telah membersihkan wajah Anda sebelumnya. Sebaiknya jangan menggunakan tangan langsung. Jika Anda menggunakan tangan Anda langsung, pastikan Anda telah mencuci tangan Anda hingga bersih.

Biasanya orang dengan kulit berminyak sering terganggu dengan banyaknya minyak di wajahnya. Terutama di sekitar daerah T dan dagu. Kelenjar minyak kita menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum ini dapat menyumbat pori-pori kita. Sebum juga membuat wajah kita nampak mengkilat dan kusam. Banyak orang yang mengkonsumsi tomat setiap hari, membuktikan bahwa kadar minyak pada kulit wajahnya menjadi berkurang. Mereka biasanya sudah mengkonsumsi selama satu tahun.

Untuk penggunaan luar, tomat dapat berfungsi sebagai astringent. Dia bermanfaat mengeringkan minyak yang berlebihan. Anda dapat membuat sendiri masker tomat yang murah dan efektif. Caranya, blender tomat dan mentimun, pisahkan cairannya dengan ampasnya. Cairannya dapat diminum sebagai jus. Ampasnya dapat digunakan sebagai masker. Mentimun mendinginkan kulit kita. Memberi kita suasana segar dan bersemangat. Tomat membantu menyerap minyak yang berlebihan dan menciutkan pori-pori dan membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Biarkan masker tersebut menempel selama 20 menit. Cobalah langkah ini setiap hari selama dua minggu, kemudian lihatlah hasilnya.

Kadang-kadang, cara terbaik mengatasi jerawat di ujung hidung Anda adalah dengan cara mengeringkannya. Tomat dapat sangat efektif jika digunakan langsung pada kulit. Dia dapat menangangi minyak dengan sangat baik. Tapi jangan menggunakannya terus menerus. Kulit Anda dapat menjadi sangat kering. Hal itu bisa menjadi masalah baru buat Anda.

Jika Anda memiliki satu titik jerawat yang perlu dikeringkan semalam, gunakan tomat. Tempelkan bubur tomat, biarkan selama satu jam. Pastikan hanya untuk daerah terinfeksi saja. Jangan ditempelkan di seluruh wajah Anda. Anda tidak ingin seluruh wajah Anda menjadi kering kan?!

Jika Anda pada kemasan obat jerawat, biasanya akan tertulis vitamin A dan C. Keduanya ditemukan pada tomat mentah. Begitu juga dengan vitamin K. Vitamin A disebut juga retinol. Makanan sehat ini merupakan antioksidan yang sangat kuat. Dia sangat baik bagi kesehatan tulang, gigi dan kulit. Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat. Dia penting untuk kesehatan secara umum. Mulai kulit, tulang, juga otot. Dia membantu menghasilkan dan memperbaiki kolagen. Dia menjaga kelenturan kulit kita. Dia juga mengairi kulit kering. Vitamin K membantu mengatasi kemerahan kulit (rosacea). Dia juga bagus untuk menyamarkan pigmen gelap dan menghilangkan bekas jerawat.

Ada banyak sekali bermacam produk di sekitar kita yang berisi tomat dan ekstrak tomat. Produk yang cukup populer adalah masker organik berbahan tomat. Dia memadukan kemampuan mempercantik kulit dan bahan penyembuh jerawat. Di dalamnya terdapat campuran buah dan sayur lainnya.

Mengapa dia begitu disukai? Karena Anda tidak hanya mendapatkan manfaat dari satu jenis bahan. Tentu saja tomat bagus dalam membantu mengatasi jerawat. Jika digabung dengan mentimun, sari lemon dan alpukat hasilnya jauh lebih bagus. Kulit Anda tidak hanya mendapatkan nutrisi organik yang lebih baik. Tapi juga mendapatkan semua manfaat dari berbagai bahan tersebut.

Jika Anda melihat ke dapur Anda sekarang. Anda mungkin menemukan satu atau dua butir tomat. Buah penghilang jerawat ini mudah didapat dan harganya pun murah. Anda tidak hanya menggunakan sari tomat untuk perawatan kulit Anda. Namun Anda juga dapat memakannya sebagai salad atau saus. Manfaatnya bisa di dapat untuk pemakaian dalam maupun pemakaian luar. Anda bahkan dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah Anda. Selamat mencoba cara menghilangkan jerawat yang alami dan praktis untuk dicoba ini.

Last edited 08 July 2015