Manfaat bawang putih untuk jerawat

Kulit yang sehat tentu diidamkan setiap orang. Jika menggunakan kosmetik, harganya mahal. Cara yang mudah dan murah dan mampu memberikan khasiat yaitu bawang putih. Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat sebagai obat herbal alami, salah satunya adalah khasiat bawang putih sebagai obat jerawat alami yang murah dan praktis untuk digunakan.

Bawang putih disebut juga Allium Saativum L. Pada tahun 3000 tahun SM para pujangga Cina telah menguji dan menulis manfaat bawang putih. Bahkan pada tahun 335 SM, seorang cendikiawan Yunani kuno yakni Aritoteles telah menggunakan bawang putih sebagai obat. Orang Yunani dan Romawi menggunakan bawang putih untuk mengobati lepra dan asma.

Kegunaan bawang putih sebagai salah satu bumbu pelengkap masakan sangat terkenal di dunia. Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, dikenal juga sebagai obat herbal. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangat praktis dan sudah terbukti khasiatnya.

manfaat bawang putih untuk jerawat

Manfaat bawang putih sangat banyak, tetapi sebagian orang tidak menyukai bawang putih karena baunya yang khas. Bau tersebut dianggap mengganggu dan mereka memilih untuk tidak memakan makanan yang banyak bawang putihnya. Padahal, bawang putih sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Bawang putih sudah digunakan di Mesir oleh para pembangun piramida untuk meningkatkan stamina dan mencegah penyakit. Sedangkan di dalam resep makanan Libanon, bawang putih sejak dulu digunakan sebagai resep untuk diet. Sebagian penduduk di Rusia menjadikan bawang putih sebagai pengganti antibiotik yang kemudian dikenal Penisilin Rusia karena dipercaya mengandung kebaikan penisilin.

Bawang putih memang memiliki bau yang sangat tajam, bawang putih juga banyak disebut sebagai rempah yang menyebabkan bau mulut dan bau badan, karena aroma khas yang dikeluarkan sangat tajam, namun semakin tinggi aroma yang ditimbulkan semakin tinggi pula khasiatnya.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih mempunyai sifat mencegah penggumpalan darah (thrombosis) dan mencegah terbentuknya pengerasan dinding pembuluh darah.

Umbi berwarna putih ini mengandung zat allicin. Zat ini diduga dapat mengganggu terbentuknya kolesterol. Karena kolesterol tak terbentuk, pengerasan pembuluh darah dapat dicegah. Dengan demikian pembuluh darah tetap lentur dan tekanan darah tidak naik. Selain itu bawang putih juga berfungsi merangsang peningkatan sel darah putih yang baik sebagai penjaga kekebalan tubuh.

Bawang putih terdiri dari beberapa jenis. Jenis bawang putih yang memiliki manfaat luar biasa yaitu bawang puting tunggal. Manfaat bawang putih tunggal diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung, kesehatan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan, menurunkan kolesterol, dan juga menstabilkan gula darah. Bahkan bawang putih juga dapat mengencerkan darah secara alami. Jadi bagi Anda yang bermasalah dengan darah kental, Anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk mengencerkannya.

Manfaat bawang putih cukup banyak, selain harganya lebih murah dibanding obat medis, bawang putih juga dipercaya aman. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, cara mengobati jerawat dengan bawang putih adalah cara pengobatan tradisional yang praktis dan murah.

Manfaat bawang putih untuk mengobati jerawat

  • Bawang putih bersifat anti bakteri. Bawang Putih mengandung minyak astiri yang tinggi sehingga memiliki kemampuan antibakterial dan antiseptik. Bawang putih jenis baby (bawang putih yang ukurannya kecil) diyakini sebagai bawang putih yang memiliki kandungan antibiotik paling tinggi.
  • Bawang putih bersifat anti radang. Bawang putih dapat mengurangi peradangan pada kulit. Bawang putih dapat mendinginkan kulit yang meradang. Bawang putih bersifat absortif. Bawang putih bisa digunakan untuk mengangkat minyak.
  • Bawang putih bersifat astringent. Bawang putih dapat mengempeskan jerawat. Bawang putih bersifat melembutkan. Bawang putih mengandung komponen allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta mampu membantu menghilangkan strech-marks. Bawang putih dapat membantu menghilangkan kerut wajah.
  • Bawang putih dapat digunakan sebagai scrub wajah. Dia berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Cara perawatan jerawat dengan bawang putih

  • Menghaluskan kulit. Campurkan sedikit pasta bawang putih pada masker wajah Anda.
  • Anti penuaan. Campurkan beberapa tetes air bawang putih ke dalam krim wajah Anda, gunakanlah setiap satu minggu sekali.
  • Komedo. Usapkan pada wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan memutar.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

Pilihan pertama adalah dengan pasta bawang putih. Tumbuk sampai halus dua siung bawang putih. Oleskan di sekitar wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit. Ini berkhasiat untuk membantu menghilangkan ruam merah serta mengobati radang akibat jerawat. Kemudian bilas sampai bersih.

Pilihan kedua, dengan memakan satu atau lebih bawang putih di setiap harinya. Banyak yang mengatakan bahwa cara menghilangkan jerawat ini cukup efektif, namun memang kita harus tahan dengan bau bawang putih yang cukup menyengat. Sebagai masker wajah, ambil bawang putih 2 siung. Kupas dan cuci dengan air mengalir. Tumbuk hingga cukup halus. Oleskan ke area kulit wajah atau punggung yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal dua kali seminggu. Setelah tiga bulan, kulit wajah Anda akan terlihat lebih segar, cerah, dan bebas jerawat.

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan manfaat bawang putih. Bawang putih untuk jerawat termasuk aman digunakan. Hanya saja untuk penggunaan dengan cara dioles harus hati-hati. Bagi yang kulitnya sensitif dan alergi bawang putih, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini. Jika tidak cocok, efek samping yang mungkin timbul adalah kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.

Last edited 29 December 2015