Manfaat daun sirsak. Saya cukup memahami bahwa manfaat daun sirsak atau ramuan-ramuan daun sirsak sudah diteliti memiliki khasiat yang sangat mujarab dan boleh dikatakan bahwa informasi tersebut tidak menipu orang lain. Hanya saja kita harus menyadari bahwa kondisi dan kekuatan tiap orang yang mau menerima manfaat daun sirsak tidaklah sama dalam menerima terapi tersebut, bisa jadi kontra produktif dan tentunya kita tidak mau menanggung risiko yang terjadi pada seseorang tanpa kita teliti keadaan yang ada pada diri sang pasien.

Maraknya tulisan dari banyak penulis mengenai pengobatan dengan ramuan herbal atau tumbuhan, dan memberikan statement bisa MENGOBATI atau MENYEMBUHKAN penyakit seganas apapun, itu perlu di ralat secara bijaksana.

Manfaat Daun Sirsak

Meskipun sekali lagi kita punya banyak bukti mengenai manfaat daun sirsak kesembuhan yang terjadi sebagai dampak minum ramuan herbal tersebut. Menurut undang-undang kesehatan yang ada menyatakan, SEORANG DOKTER sekalipun tidak boleh menjamin pasien BISA SEMBUH dengan resep obat yang ditulisnya. Dokter yang bijak akan mengatakan, apabila minum resep obat ini selama seminggu masih ada keluhan maka diharapkan kembali periksa diri. Kebenaran yang penulis pahami adalah sehebat apapun kita, hanya TUHAN YANG MAHATAHU dan MAHAKUASA yang bisa menjamin kesembuhan seseorang.

Sesungguhnya Tuhanlah yang menciptakan pohon sirsak, telah memberikan hikmat pengertian kepada manusia untuk mengerti khasiat daun sirsak. Apabila anda berminat mengetahui manfaat daun sirsak berupa terapi buah sirsak atau daun sirsak, maka sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan DOKTER yang menangani masalah penyakit anda apakah anda boleh menerima manfaat daun sirsak tersebut.

Meskipun ada ratusan testimoni mengenai orang yang menerima khasiat daun sirsak dimana tadinya sakit lalu jadi sehat dikarenakan minum dan makan daun atau buah sirsak, namun sebaiknya anda konsultasikan lagi dengan DOKTER yang merawat anda.

Apa saja manfaat mengkonsumsi buah sirsak ?

Buah Sirsak adalah buah yang dikenal sarat dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan dengan bertambahnya pengetahuan dan teknologi dibidang medis dan kedokteran, maka penelitian terhadap daun sirsakpun dikembangkan. Hasilnya cukup menggembirakan, karena ternyata daun sirsak memiliki kandungan dan khasiat yang sangat mujarab. Banyak orang yang ingin mencari tahu manfaat daun sirsak tersebut.

Sebelum membahas mengenai manfat daun sirsak bagi kesehatan, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu buah sirsak itu sendiri. Selain memiliki rasa yang khas, buah sirsak ini telah diteliti memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh seseorang. Selain itu buah sirsak juga memiliki khasiat sebagai antibakteri, antijamur atau fungi, efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing, menununkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Rasa buah sirsak ini kecut dan manis. Belakangan ini setelah diketahui manfaat dari buah sirsak harga buahnya menjadi melonjak. Kebanyakan mereka yang sudah mengenal manfaat buah sirsak rela merogoh koceknya untuk membeli buah sirsak yang saat ini dijual di kisaran harga 15.000 hingga 23.000 per kilonya, tergantung musim dan kualitas buah. Buah yang dijual biasa masih keras alias mentah, dan setelah 2 atau 3 hari baru bisa dimakan.

Khasiat Daun Sirsak

Buah sirsak bisa dimakan begitu saja atau juga bisa di jus dengan blender. Anak-anak yang masih kecil biasanya belum tahu manfaat buah sirsak, begitu pula anak-anak sulit menelan serat dari buah sirsak ini, sebaiknya berikan jus sirsak saja dengan menambahkan susu kaleng agar lebih memberikan asupan gizi bagi mereka yang dalam masa pertumbuhan. Hindari menambahkan gula, karena gula yang masuk ke dalam tubuh justru mengambil vitamin tubuh kita. Gula berebut vitamin dalam tubuh, padahal justru seharusnyalah dengan mengkonsumsi buah sirsak tubuh kita mendapat tambahan vitamin dan mineral. Anda juga bisa mengetahui manfaat daun sirsak untuk mengobati diabetes untuk membantu mengobati penyakit diabetes tersebut.

Penderita jantung perlu makan buah sirsak ini dan memahami manfaat buah sirsak karena mengandung kalsium yang menguatkan otot jantung kita. Jantung setiap kali berdenyut membutuhkan kalsium dari tubuh kita, kalau ada asupan tambahan maka kalsium tersebutlah yang diserap oleh jantung.

Apabila jantung tidak mendapatkan kalsium dalam makanan, maka jantung akan menyerap kalsium yang ada dalam matriks tulang sebagai penggantinya. Bila kalsium tidak terpenuhi, maka jantung akan memompa lebih keras dan orang tersebut jadi tidak bisa tidur karena tekanan darah meningkat. Kalau ada tambahan asupan kalsium dari kandungan buah sirsak tentu menjadi lain hasilnya.

Riset sedang membuktikan mengenai manfaat buah sirsak ini terhadap kekebalan tubuh terhadap semua kuman atau bakteri. Pasien wanita yang menstruasi lama, sering lemah karena darah banyak keluar, membutuhkan high protein yang cukup, untuk itu perlu mengkonsumsi buah sirsak. Penulis pernah mencoba untuk minum buah sirsak dengan air mendidih, rasanya enak dan membuat stamina kuat, seharian mengerjakan tugas jadi tidak terasa capek.

MANFAAT DAUN SIRSAK BAGI KESEHATAN


Setelah mengetahui manfaat dan khasiat buah sirsak, selanjutnya kita akan melihat manfaat dan khasiat dari daun sirsak.

Apa saja manfaat daun sirsak?

Berbeda dengan buah sirsak yang saat ini sudah dibanderol dengan harga yang cukup mahal, daun sirsak yang mudah didapatkan dengan harga yang sangat murah ternyata memiliki kandungan senyawa annonaceous acetogenins yang mampu membunuh sel-sel kanker. Belakangan ini manfaat dan khasiat daun sirsak mulai terkuak dan banyak produk obat-obatan yang diproduksi dengan memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan bakunya. Bahkan manfaat daun sirsak sudah diteliti untuk mengobati penyakit eksim juga.

Sejak beberapa tahun silam, daun sirsak telah dimafaatkan untuk menjadi obat antitumor dan anti kanker oleh suku asli hutan Amazon, Amerika Selatan. Ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terus berupaya untuk mencari metode pengobatan penyakit kanker yang masih belum bisa disembuhkan dengan hanya mengandalkan kemoterapi saja.

Penyakit kanker sendiri merupakan penyakit mematikan kedua di dunia setelah penyakit jantung. Penyakit ini masih belum ditemukan obatnya hingga beberapa tahun belakangan ini. Peningkatan jumlah pasien kanker di dunia sebanyak 6,25 juta setiap tahunnya. Ada begitu banyak pasien pengidap penyakit kanker yang meninggal setiap harinya karena tidak menemukan metode dan pengobatan yang mampu menyembuhkan penyakit kanker tersebut.

Apakah daun sirsak benar-benar bisa mengobati penyakit kanker?

Penyakit kanker bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, dan dapat dikategorikan sebagai faktor eksternal, faktor internal, dan seringkali merupakan gabungan keduanya. Untuk faktor ekstrenal, kanker biasanya disebabkan oleh radiasi, radikal bebas, sinar ultraviolet, virus, infeksi, rokok, bahan kimia makanan seperti bahan pengawet dan pewarna sintetik. Gaya hidup masa kini tidak bisa menghindarkan seseorang untuk bersinggungan dengan faktor-faktor tersebut.

Sementara itu, untuk faktor internalnya penyakit kanker bisa muncul karena faktor genetik, faktor hormonal, faktor emosional, pola hidup, dan kekebalan tubuh masing-masing orang. Penyakit kanker seringkali ditangani dengan cara melakukan operasi bedah untuk menghindari penyebaran sel kanker dan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker tersebut.

Belakangan ini daun sirsak menjadi bahan pembicaraan karena dinyatakan mampu menjadi pengganti kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker bahkan yang sudah berada dalam stadium lanjut. Jenis pengobatan penyakit kanker dengan metode alamiah ini tentunya bisa menjadi angin segar bagi para penderita penyakit kanker yang seringkali tidak tertangani karena mahalnya biaya operasi dan kemoterapi. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan baca artikel manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker.

Pengobatan alami penyakit kanker akan sangat terjangkau jika dapat dilakukan dengan pemanfaatan bahan ilmiah seperti daun sirsak. Buah sirsak sendiri merupakan tumbuhan Indonesia yang memiliki kandungan kimia alamiah seperti saponin, flavonoid, tanin, kalsium, fosfor, hidrat arang, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta fistosterol, ca-oksalat dan alkaloid murisine.

Pada tahun 1976, Jerry L. McLaughlin bersama dengan salah satu rekannya Prof. Soelaksono Sastrodihardjo, PhD, peneliti dari Sekolah Ilmu dan Tekonologi Hayati, Instituts Teknologi Bandung pernah melakukan penelitian khasiat daun sirsak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam daun sirsak terdapat beberapa kandungan senyawa aktif yang termasuk ke dalam annonaceous acetogenins. Beberapa senyawa turunan acetogenins yang ditemukan adalah acetogenins muricatocins A, muricatocins B, annonacin A, trans-isoannonacin. Semua kandungan ini mengarah kepada kesimpulan bahwa daun sirsak mengadung senyawa anti kanker dan antioksidan yang sangat tinggi.

Jika benar demikian maka salah satu contoh penggunaan daun sirsak ini adalah sebagai obat alami untuk mengatasi dan mengobati kanker payudara pada wanita. Penulis sendiri masih belum membuktikan manfaat dan khasiat dari daun sirsak ini baik secara langsung ataupun tidak langsung. Penulis hanya mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan testimoni yang banyak beredar di media masa yang menyatakan manfaat daun sirsak ini untuk mengobati penyakit kanker.

Karena belum mencobanya secara langsung, maka penulis tidak berani mengklaim manfaat dan khasiat dari daun sirsak ini. Namun ada banyak kesaksian yang saya sendiri tidak melihatnya secara langsung, dan tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya. Adapun untuk ramuan daun sirsak yang dapat digunakan sebagai obat kanker alami yang banyak digunakan oleh beberapa orang adalah sebagai berikut :

  • 60 gram daun sirsak dan 1 liter air.
  • Rebus daun sirsak dengan 1 liter air hingga tersisa 400 ml.
  • Minum ramuan dua kali sehari pada pagi dan sore hari
  • Masing-masing minum sebanyak 200 ml atau 1 cangkir.

Jika dilihat dari ramuannya yang begitu sederhana, tentunya hal ini tidak sulit untuk dipraktekan sendiri dan tentunya ramuan ini akan sangat terjangkau harganya.

Daun sirsak ternyata tidak hanya digunakan untuk mengobat penyakit kanker saja. Penelitian terkini juga mengaitkan manfaat daun sirsak sebagai obat alami untuk penyakit ambeien atau wasir, mencret pada bayi, sakit pinggang, dan sakit kandung kemih. Selain itu manfaat daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Daun sirsak yang biasanya diolah dalam bentuk teh, namun harus diketahui dengan benar bagaimana cara memilih daun sirsak yang tepat, karena hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa yang sudah diteliti dari sisi medisnya.

Ada beberapa orang yang mendapati ketika merebus daun sirsak, warna air hasil rebusan daun sirsak berwarna cokelat tua. Menurut kabar yang saya dengar air rebusan daun sirsak yang bagus seharusnya berwarna hijau kekuningan dan tidak berwarna coklat tua. Perlu dicatat juga bahwa ramuan atau hasil rebusan daun sirsak itu tidak boleh disimpan terlalu lama, karena akan mengalami oksidasi dan biasanya akan berwarna hitam, dan hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa pemberian dosis ramuan daun sirsak untuk pengobatan setiap orang tidak bisa disamakan dan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh seseorang. Setiap pasein juga wajib mempelajari dan mengenali fenomena atau gejala dan reaksi yang terjadi di dalam tubuhnya. Karenanya cara yang paling bijak adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau membeli produk ramuan daun sirsak herbal yang sudah diproduksi secara resmi dan melalui pengujian badan POM.

Meski seandainya daun sirsak benar-benar bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker, namun kita tidak boleh melupakan bahwa gaya hidup sehat yang diawali dengan pola makan sehat dan bergizi setiap hari akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Apalagi bagi anda yang tidak menderita penyakit kanker. Alangkah baiknya untuk mencegah daripada mengobati.

Semua tulisan ini hanya dtujukan untuk informasi semata. Penulis tidak bisa menjamin seluruh kebenaran tulisan ini terkait dengan manfaat dan khasiat daun sirsak yang dipercaya mampu mengobati penyakit kanker. Seiring dengan berjalannya waktu penelitian secara medis akan terus dikembangkan dan semoga pada akhirnya bisa didapatkan formulasi yang tepat untuk membantu pengobatan penyakit kanker yang terjangkau oleh masyarakat luas.

Last edited 08 July 2015