Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami oleh sebagian besar kalangan, baik mulai dari remaja hingga dewasa. Pada umumnya jerawat seringkali dihubungkan dengan perubahan sistem hormon pada masa remaja dan puber. Namun pada kenyataannya masih saja banyak orang yang sudah melewati masa puber namun masih bergumul dengan masalah jerawat. Untuk menghilangkan jerawat kita juga perlu memperhatikan pola makan kita, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat sebanyak mungkin.

Jerawat memang sangat berkaitan dengan sistem hormonal dan kondisi kebersihan kulit, namun faktor internal yang merupakan hasil dari konsumsi makanan sehari-hari rupanya kerap tidak disadari oleh sebagian besar orang sebagai faktor penyebab timbulnya jerawat secara terus menerus dan tidak bisa dihilangkan hingga tuntas. Ada beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang perlu dihindari dan juga sebaliknya ada juga makanan penghilang jerawat yang perlu anda konsumsi secara rutin.

makanan sehat penghilang jerawat

Makanan secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem hormon yang ada di dalam tubuh secara umum, karenanya jika kita ingin mengatasi sumber penyebab jerawat, maka kita perlu memiliki pola makan sehat. Secara umum makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung vitamin C dan yang bersifat basa. Vitamin C diperlukan oleh tubuh sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, serta berperan dalam proses regenerasi sel-sel yang baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak.

Jeruk manis pacitan, jeruk baby pacitan, jeruk lemon, dam jeruk nipis merupakan beberapa jenis buah penghilang jerawat dan membuat kulit wajah menjadi bersih dari bekas jerawat. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber vitamin C alami yang paling populer. Obat jerawat alami tidak selalu kalah dengan produk kosmetik yang berharga mahal, kandungan alami dari buah dan sayuran juga tidak kalah khasiatnya untuk membantu menghilangkan jerawat tanpa efek samping.

Makanan yang bersifat basa tidak selalu berarti makanan tersebut tidak boleh terasa asam. Khususnya rasa asam yang ada dalam jeruk nipis ternyata tidak memiliki sifat asam. Pada saat dikonsumsi, asam dalam jeruk nipis berubah sifat menjadi basa di dalam sistem pencernaan kita.

Sifat basa ini akan menetralisir kandungan asam lambung yang selama ini menjadi obat untuk jerawat dan juga penyembuh sakit lambung atau maag. Sifat basa dari jeruk nipis tersebut dapat menyeimbangkan pH pada saluran pencernaan, sehingga tubuh jadi santai, tidak tegang, dan terhindar dari sembelit. Jeruk nipis juga baik untuk penderita sakit lambung atau maag, dan dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, dimaksudkan untuk lebih efektif menyeimbangkan pH pada saluran cerna kita. Selain itu minuman sederhana ini juga berkhasiat untuk mengaktifkan liver, dan mempermudah proses detoxifikasi, membuang racun dalam tubuh.

Cara menghilangkan jerawat yang paling efektif adalah dengan mengetahui penyebabnya baik dari internal tubuh maupun eksternal tubuh. Tindakan perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat tidak selamanya memberikan hasil yang memuaskan jika jerawat terus saja muncul karena faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bahkan ada yang sampai menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan jerawat di salon kecantikan secara sementara saja, namun masih memiliki potensi munculnya jerawat tersebut kembali.

pola makan sehat untuk mencegah jerawat

Vitamin C yang baik untuk membantu menghilangkan jerawat juga banyak dijumpai pada jambu biji dan buah kiwi, bahkan diketahui mengandung vitamin C hingga dua kali lipat dibandingkan vitamin C pada jeruk. Selain itu vitamin C juga terkandung pada tomat, asparagus, dan kembang kol. Beberapa penelitian menyatakan, kekurangan dalam mengkonsumsi Vitamin C menyebabkan jerawat, sariawan dan bibir pecah-pecah serta kulit kering dan kasar. Kekurangan vitamin C juga bisa mengakibatkan anemia, seperti kurang berenergi, mudah lemas dan sering mengantuk.

Berikut ini rangkuman beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk membantu menghilangkan jerawat:

1. Buah Jambu Biji

Jambu biji adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Kandungan vitamin C pada jambu biji adalah dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk manis. Jika jeruk saja kandungan vitamin C nya 54 miligram setiap 100 gram buah jeruk, maka pada jambu biji bisa mencapai sekitar 108 miligram setiap 100 gram buah jambu biji. Meski demikian vitamin C seringkali lebih diidentikkan dengan buah jeruk. Selain memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk menghilangkan jerawat, buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah timbulnya jerawat, menurunkan kolesterol, serta mengobati diare. Khususnya bagi anda yang memiliki jenis jerawat batu, maka jambu biji ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan jerawat batu tersebut.

2. Buah Kiwi

Buah yang memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi berikutnya adalah buah kiwi. Kandungan vitamin C nya mencapai 100 mg pada 100 gr buah kiwi. Vitamin C pada buah kiwi sangat baik untuk kesehatan kulit agar tidak timbul jerawat dan juga membantu untuk menghilangkan bekas jerawat, serta dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga stamina tubuh agar tidak lemah syawat.

3. Buah Pepaya

Buah pepaya seringkali hanya diketahui sebagai buah yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sembelit. Padahal buah ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah pepaya dengan berat sekitar 150 g memiliki kandungan 100 mg vitamin C. Jus pepaya yang dihaluskan memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar, yaitu 150 mg. Selain itu pepaya juga memiliki kandungan vitamin A tinggi, kaya folat dan serat. Mengkonsumsi buah pepaya bisa mengurangi penimbunan lemak di tubuh sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi timbulnya jerawat, dan membantu proses pencernaan protein, serta meningkatkan kualitas sperma.

4. Sayur Brokoli

Selain pada buah-buahan, vitamin C juga bisa ditemukan pada berbagai macam sayuran, salah satunya adalah brokoli. Kandungan vitamin C pada 100 gram brokoli adalah sebesar 120 mg. Sayur brokoli berkhasiat untuk mencegah kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk bisa berperan sebagai detok dan penghilang racun dalam tubuh. Selain itu brokoli juga dapat mengobati maag, kembung, dan mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, dan timbulnya jerawat. Untuk merawat kulit dan membantu anda menghilangkan jerawat, gunakan sayur brokoli sebagai bagian dari menu makan sehari-hari.

5. Sayur Kubis

Selain brokoli, sayur lainnya yang kaya akan kandungan vitamin C adalah kubis. Kandungan vitamin C pada 300 gram kubis adalah sebesar 150 mg. Sayur kubis yang direbus dan dikonsumsi secara teratur bisa menyehatkan kulit sehingga mencegah timbul jerawat dan membantu untuk menghilangkan jerawat karena kandungan vitamin C nya. Sayur kubis ternyata juga bisa berkhasiat untuk mencegah kanker. Bagi penderita maag dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara mentah, lebih baik dikonsumsi setelah merebusnya terlebih dahulu.

6. Buah Strawberry

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan masih diatas jeruk. Setiap 100 gram strawberry mengandung 60 mg vitamin C. Khasiat buah strawberry ini diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tidak timbul jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat karena kandungan vitamin C dan antikosidan, juga bisa membuat gigi jadi kuat dan email gigi mengkilat.

7. Buah Tomat

Buah tomat juga memiliki kandungan vitamin C, hanya saja kandungannya rendah. Kandungan vitamin C yang terdapat pada 100 gram buah tomat hanya sebesar 5 mg. Namun buah tomat punya khasiat lainnya yang sangat baik untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga mengurangi masuknya debu atau kuman ke dalam kulit. Sebagai hasilnya kandungan nutrisi dalam buah tomat ini bisa mencegah timbulnya jerawat dan mencerahkan kulit secara alami.

8. Buah Apel

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah apel adalah sebesar 5 mg, hampir sama dengan buah tomat. Khasiatnya buah apel lainnya adalah melakukan detox terhadap racun dalam tubuh. Buah Apel dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan memberikan kekebalan pada tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang kuman penyakit dan dapat melawan faktor alergi dalam tubuh. Buah apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Manfaat lain buah apel untuk kesehatan selain untuk membantu menghilangkan jerawat adalah untuk mencerdaskan otak. Kandungan Asetilkolin dalam buah apel dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan mengkonsum apel secara teratur daya ingat otak akan semakin meningkat. Selain itu buah apel juga memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati asma, mencegah keropos tulang/osteoporosis, menyehatkan mata, menyehatkan penderita asam urat tinggi, dan mengembalikan stamina tubuh.

Menjaga wajah maupun tubuh agar tidak timbul jerawat itu sebenarnya sangatlah mudah. Asalkan sanggup untuk menjaga diri agar tidak makan minum yang pedas, yang manis berlebihan, yang berlemak (seperti susu manis), menjaga kebersihan kulit. Selain menjaga pola makan dan kebersihan kulit, ada faktor lainnya yang tidak kalah penting. Menghindari stress berlebih juga terbukti menjadi cara menghilangkan jerawat dari kulit kita. Selain itu, anda juga perlu membantu proses untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan mengkonsumsi vitamin C yang kaya dengan antioksidan, sehingga membunuh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah tidurlah dengan kualitas tidur yang cukup dan baik. Minumlah dengan cukup agar kulit segar dan kenyal, juga jaga pikiran agar berpikir apa adanya, kerjakan yang bisa anda kerjakan, yang sulit carilah solusi dengan sahabat agar beban jadi ringan. Alhasil, wajah anda tampil dengan ceria dan cerah, mulus tanpa noda jerawat. Demikianlah beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu proses penyembuhan dan mencegah jerawat muncul kembali.

Selamat mencoba.

Last edited 08 July 2015