Makanan Sehat Rahasia Umur Panjang

3
376 Posts
559 Points

Panduan Lengkap Umur Panjang dan Awet Muda secara alami

Memiliki umur yang panjang merupakan harapan setiap orang. Namun di jaman yang semakin modern ini, hal ini seakan-akan sulit sekali untuk dicapai. Kerasnya persaingan hidup membuat kebanyakan orang bekerja tanpa mempedulikan kesehatannya, gaya hidup serba instan dan mementingkan kenikmatan, kurangnya aktifitas karena harus seharian bekerja di depan komputer, dan kurangnya kesempatan untuk berolahraga, sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita.

Namun dari sekian banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia, ada satu faktor utama yang paling mendasar dan penting jika kita ingin mendapatkan umur panjang dan awet muda, yaitu pola makan.

Berdasarkan sebuah survey dan penelitian yang dilakukan pada awal abad 20 terhadap sejumlah orang di Pengunungan Himalaya, yang disebut orang-orang Hunza yang dikenal memiliki usia rata-rata 90 tahun dan seringkali di atas 120 tahun. Penelitian ini mulai dilakukan oleh Dr. Robert McGarrison pada tahun 1940an. Dari hasil penelitiannya didapatkan bahwa tidak ada satu penyakitpun seperti kanker, bisul, radang usus, sakit jantung, ataupun darah tinggi yang ditemukan pada orang-orang tersebut.

Setelah dipelajari, ternyata orang-orang Hunza tersebut memiliki pola makan yang alami, yaitu hanya mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Selain itu mereka juga memiliki kebiasaan minum air bersih dan berolahraga. Pada tahun 1949 mereka diungsikan ke Pakistan, dan sejak saat itu usia mereka memendek karena perubahan makanan.

enter image description here

Nah.. untuk itulah maka kita perlu belajar secara lebih dalam mengenai pola makan yang sehat yang merupakan faktor utama dalam mencapai umur panjang dan awet muda. Tulisan ini akan dibuat secara berseri, yang akan mengupas secara lengkap dan mendalam mengenai prinsip-prinsip dan rahasia untuk mencapai umur panjang dan awet muda yang sebenarnya bisa dicapai oleh setiap orang.

Sedikitnya ada 3 prinsip dasar yang dapat menjadi landasan bagi kita dalam menjaga pola makan yang sehat, yaitu:

  1. Makanlah hanya bahan-bahan yang memang sudah tercipta sebagai makanan, dan hindari apa saja yang tidak diciptakan sebagai makanan. Dalam budaya kita saat ini banyak sekali bahan-bahan tambahan yang sifatnya kimia dan sebenarnya bukan bahan yang tercipta untuk dimakan, seperti pengawet, pemanis buatan, pemutih, perasa, dsb.

  2. Sebanyak mungkin, makanlah makanan sebagaimana makanan tersebut tersedia di alam, sebelum diubah/diolah/dikembangkan menjadi sesuatu yang manusia pikir bisa menjadi lebih baik. Kebanyakan makanan yang sudah diolah/diproses sudah tidak memiliki kandungan gizi yang maksimal namun justru disenangi karena kepraktisan dan kenikmatannya, seperti sayur dan buah kalengan, sosis, kornet, ham, bacon, roti putih, beras putih, dsb.

  3. Hindari kecanduan makanan atau makan makanan secara berlebihan. Bahan-bahan yang menimbulkan kecanduan, seperti alkohol, tembakau, kafein sebisa mungkin dihindari.

Seri-seri berikutnya, kita akan sama-sama mempelajari mengenai jenis-jenis bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan yang optimal yang berujung pada tercapainya umur panjang dan awet muda. Melalui panduan ini akan ada banyak hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya, ataupun yang kesalahan-kesalahan yang seringkali dibuat karena kurangnya pengetahuan kita akan ilmu gizi dan kesehatan yang benar.

Pada bagian pertama, kita akan mempelajari mengenai biji-bijian, yang didalamnya termasuk kacang-kacangan, padi-padian, dan polong-polongan. Bahan makanan ini termasuk yang paling dianjurkan, karena berdasarkan penelitian, sistem pencernaan manusia memang didesain untuk mengkonsumsi bahan makanan jenis ini.

Bagian berikutnya kita akan mengupas bahan makanan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sayur dan buah sudah terbukti sebagai bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Selain memiliki kandungan serat, sayur dan buah juga mengandung antioksidan dan bisa digunakan untuk detoksifikasi. Mengkonsumsi sayur dan buah saja tetap memberikan kekuatan yang optimal asalkan dilakukan dengan komposisi dan cara yang benar.

Bagian selanjutnya akan dibahas mengenai bahan makanan dari daging dan telur. Meski sistem pencernaan manusia pada dasarnya tidak dirancang untuk mencerna daging, namun daging tetap boleh dikonsumsi, asalkan kita dapat membedakan mana daging yang 'bersih' dan yang 'tidak bersih'. Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai lemak, pemanis, dan minuman.

Semoga tulisan berseri ini dapat bermanfaat bagi para HOPERS yang sudah mulai sadar dengan pentingnya kesehatan dan ingin mendapatkan umur panjang dan kesehatan yang optimal, sehingga bisa menikmati kehidupan lebih lama, namun berkualitas.

Selamat membaca.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
3
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Tips-tips Kesehatan

Dewasa ini ada banyak pemuda pemudi yang terkena stroke padahal masih berusia sekitar 30 tahun. Setelah diselidiki mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari aktifitas di kantor yang mengharuskan mereka bekerja di depan komputer selama beberapa jam, jarang minum dan berolahraga. Belum lagi jika waktunya istirahat dan makan siang, mereka juga tidak memperhatikan apa yang menjadi makananya, asalkan enak dan mengenyangkan. Kebiasaan seperti ini jika dilakukan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti stroke dan kanker.

Karena itu beberapa bulan terakhir ini saya juga sudah mulai menyadari akan pentingnya kebiasaan dan gaya hidup sehat dimulai dari makan makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Tuntutan kerja memang tidak bisa diubah, karena persaingan saat ini begitu ketat, dan berakibat pada tuntutan kerja yang tinggi pula. Maka satu-satunya jalan adalah dengan menjaga pola makan dan olahraga agar kondisi tubuh bisa selalu prima, terhindar dari penyakit, dan semoga bisa mendapatkan umur yang panjang. amin.

Last edited 30 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
5 Posts
5 Points
san.san posted this in Tips-tips Kesehatan

Kesehatan dan umur panjang merupakan dambaan setiap orang, tapi banyak orang justru tidak mau berkorban untuk hal itu. Tuntutan jaman sekarang ini yang serba materialistis membuat nilai hidup manusia bergeser kepada pengejaran harta dan status. Yang terjadi adalah mereka bekerja mati-matian demi mendapatkan kelimpahan harta. Namun mereka tidak menyadari bahwa pola hidup mereka rentan terhadap penyakit.

Sudah tidak cukup istirahat, makan makanan yang instan dan mengandung pengawet, banyak berkutat dengan perangkat elektronik, tidak punya waktu berolahraga, dan masih banyak hal lainnya yang tidak disadari akan membawa mereka kepada hal yang kurang baik menyangkut kesehatan mereka.

Padahal dalam satu titik tertentu mereka baru bisa menyadari bahwa kesehatan itu jauh lebih berharga dari kekayaan yang sedang mereka buru. Jika mereka di vonis mengidap penyakit yang berat, dan harus mengeluarkan banyak biaya untuk berobat, mereka baru akan sadar bahwa tidak ada gunanya mendapatkan banyak uang, namun akhirnya juga harus kehilangan materi karena penyakit. Apalagi jika ternyata penyakit tersebut sudah kronis dan tidak bisa diobati lagi. Maka sia-sialah segala jerih payahnya...

Bagaimana dengan anda??

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: