Makanan Sehat Dari Biji-Bijian

3
376 Posts
559 Points

Tulisan ini merupakan bagian dari seri pedoman "Makanan Sehat, Rahasia Umur Panjang". Bagi Anda yang ingin mencapai kesehatan yang optimal dan umur yang panjang, silahkan baca seri artikel ini secara lengkap untuk mendapatkan pemahaman yang benar mengenai pola makan sehat yang merupakan kunci menuju kesehatan yang optimal dan umur panjang.


Bahan makanan dari biji-bijian

Pada bagian ini kita akan mempelajari secara mendetail bahan makanan yang termasuk dalam kategori ini. Biji-bijian merupakan bahan makanan yang didalamnya termasuk padi-padian (grain), polong-polongan (bean), dan kacang-kacangan (nut). Biji-bijian dipercaya mengandung banyak zat-zat esensial yang berguna untuk mencegah penyakit, meningkatkan, dan memulihkan kesehatan.

Sehubungan dengan manfaat dari biji-bijian ini, maka kita juga perlu memastikan bahwa kalaupun kita makan daging, maka pilihlah hewan yang mana dagingnya berasal dari makanan hewan tersebut yaitu hewan yang makanannya adalah biji-bijian atau padi-padian.

enter image description here

Pada saat kita mengkonsumsi bahan makanan dari padi-padian atau biji-bijian alangkah baiknya jika kita menggunakannya sesuai dengan rancangan asal dan hanya mengubah sedikit saja komposisinya.

Bahan makanan dari Padi-Padian

Padi-padian yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia adalah gandum, beras, jagung, dan oat. Pada jaman dahulu, gandum sendiri dianggap sebagai bahan pokok kehidupan dan raja dari kelompok padi-padian. Jelai atau jali yang lebih murah biasanya digunakan oleh orang-orang kelas rendah.

Dalam perkembangannya, jelai atau jali itu sendiri dapat digunakan sebagai tepung untuk roti atau crackers, pemanis, minuman, obat untuk penyakit usus, bahan pembuat sup, antioksidan, bahkan sebagai obat jantung (karena mengandung beta glucan, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan LDL kolesterol). Kandungan serat dalam jelai yang tinggi juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu juga bisa membantu menghambat perkembangan kanker.

Beras merah yang selaput luarnya berwarna kecoklatan sarat dengan zat gizi, justru beras putih, yang sudah melalui proses dibersihkan, digiling, dan diputihkan kandungan gizinya sangat kecil. Apalagi tepung beras, sebagian besar zat-zat gizi dan nutrisinya sudah terbuang dan justru tidak baik bagi kesehatan karena mengandung bahan pemutih. Proses pemutihan tersebut menggunakan magnesium silikat yang tidak lain merupakan bahan dasar bedak kosmetik. Bahan pemutih yang digunakan pada tepung beras juga diduga bisa memicu penyakit kanker karena mengandung serat asbes.

enter image description here

Meskipun sebenarnya manfaat maksimal bisa didapatkan dari padi-padian utuh (whole grain), namun kebanyakan orang dewasa ini lebih memilih bentuk yang lebih praktis untuk dikonsumsi, yaitu refined grain yang sudah mengalami proses baik itu penggilingan maupun pemutihan. Orang cenderung untuk mengkonsumsi roti putih, sereal instan, cookies, ketimbang mengkonsumsi dalam bentuk aslinya. Padahal bahan-bahan olahan tersebut sudah mendapatkan bahan tambahan seperti gula dan bahkan sudah tidak mengandung serat lagi.

Untuk memahami mengapa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung putih sudah tidak mengandung nilai gizi lagi, Anda perlu mengetahu bagaimana proses pemutihan gandum menjadi tepung putih yang melalui 20 tahapan yang nampak bersih namun justru membuat kesehatan memburuk bagi yang mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang.

Bahan Makanan Dari Polong-Polongan

Polong-polongan adalah biji-bijian yang dapat dimakan, dan ada di dalam kulit. Perlu diketahui bahwa selaput luar yang membungkus polong-polongan tersebut mengandung trypsin inhibitor, yaitu zat penghambat enzim pengurai protein yang mana bisa menyebabkan penyakit pencernaan. Karena itu sebelum diolah, polong-polongan ini harus direndam dulu semalam agar zat tersebut terlepas di dalam air. Bahan makanan yang dapat dikelompokkan sebagai polong-polongan antara lain: kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, kacang kedelai, kacang bogor, kacang polong, dan lentil.

Kandungan gizi yang terdapat pada polong-polongan antara lain karbohidrat, protein nabati yang 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan padi-padian, rendah lemak, vitamin dan mineral, serat yang dapat menurunkan rasa lapar, menurunkan LDL, menstabilkan gula darah, mencegah sembelit dan kanker.

Kacang kedelai dan hasil olahannya bahkan dapat digunakan sebagai pengganti daging, susu formula (susu bayi), tepung, minyak untuk memasak, karena kacang kedelai adalah satu-satunya polong-polongan yang paling lengkap proteinnya.

Bahan Makanan Dari Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak nabati yang paling tinggi dan memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Selain itu juga merupakan sumber mineral dan vitamin yang tinggi kalsium untuk mencegah osteoporosis pada wanita usia lanjut. Bahan makanan yang termasuk dalam kelompok kacang-kacangan ini adalah kelapa (coconut), mete (cashew nut), almond, pistachio nut, kenari (walnut), hazelnut, brazil nut, biji wijen (sesame seed), biji bunga matahari.

Kacang tanah sebenarnya tidak termasuk dalam kelompok kacang-kacangan, tapi polong-polongan karena kulitnya sangat mudah dicemari jamur yang mengandung aflatoksin yang bisa menyebabkan kanker.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
2
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Tips-tips Kesehatan

Woow... ternyata beras dan nasi putih yang kita konsumsi sehari-hari ini bisa-bisa tidak ada nilai gizinya tho?? bahkan ada yang pake pemutih...!! waduh gawat juga ya.. sekarang ini kalo mau pilih makanan yang sehat susah banget... bahkan yang merupakan makanan pokok kita pun sebenarnya sudah tidak sehat lagi. Apalagi makanan-makanan yang lain... kalo lihat liputan investigasi di televisi bakalan ngeri dech... makanan yang selama ini kita anggap sehat ternyata juga diolah dengan menggunakan bahan bahan kimia dan pengawet.

Beras merah yang kurang populer karena identik sebagai 'makanan burung' rupanya justru merupakan makanan sehat yang kaya gizinya.

Last edited 07 February 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: