Makanan Sehat: Buah dan Sayuran

4
376 Posts
559 Points

Memilih makanan dengan komposisi yang benar akan membantu kita untuk tetap sehat dan bugar. Dengan memiliki pola makan yang sehat maka kita akan memiliki banyak energi sehingga mampu memiliki semangat yang lebih tinggi dan secara tidak langsung akan memberikan dampak pada penampilan fisik juga. Memang untuk memiliki pola makan yang sehat perlu waktu dan seringkali terasa sukar untuk dipertahankan karena godaan selalu akan datang. Namun jika kita ingin mendapatkan kesehatan yang optimal, maka tidak ada cara lain, mau tidak mau hal ini harus diperjuangkan dan diusahakan semaksimal mungkin.


enter image description here

Mengapa Manusia Harus Makan Sayur dan Buah?

Berbicara mengenai mengapa sayuran dan buah merupakan makanan yang sehat bagi tubuh manusia, maka kita harus melihatnya lebih jauh, yaitu ditinjau secara biologis. Manusia sebenarnya memiliki anatomi tubuh yang disusun sedemikian rupa sehingga lebih cocok untuk mengkonsumsi lebih banyak bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan daripada daging hewan.

Mengapa demikian?

Setiap hal yang diciptakan oleh Tuhan pasti punya tujuan dan fungsi yang khusus yang mana pasti ada alasan terbaik untuk hal tersebut. Sebagai contoh, manusia dilengkapi dengan 20 gigi geraham yang berfungsi untuk melumat bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, 8 gigi seri yang bisa digunakan untuk memotong buah dan sayuran, dan hanya memiliki 4 gigi taring yang digunakan untuk merobek daging. Selain itu rahang manusia juga didesain dapat bergerak secara vertikal dan horizontal, sementara rahang karnivora hanya bisa bergerak secara vertikal dan cocok untuk melakukan gerakan mencabik-cabik daging yang dimakannya.

enter image description here

Usus manusia juga panjang dan tidak lurus, sehingga cocok untuk mencerna makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, beda dengan usus karnivora yang pendek dan lurus. Daging memang cocok untuk menjadi makanan bagi hewan karnivora karena sistem pencernaannya mendukung untuk hal tersebut, misalnya bisa meragikan daging pada temperatur tubuh yang tepat sehingga mudah dicerna secara cepat lewat usus tersebut, sementara pada manusia, usus yang panjang membuat daging lambat untuk dicerna dan cenderung membusuk, dan menjadi penyebab banyak masalah kesehatan.

Air liur manusia bersifat basa dan mengandung ptyalin yang berfungsi dengan baik untuk mencerna zat-zat makanan dari karbohidrat, sementara air liur karnivora bersifat asam, cocok untuk mencerna daging. Hati karnivora juga mengeluarkan empedu yang jauh lebih besar dibandingkan manusia, yang berguna untuk menangani jumlah asam urat yang berlebihan yang terkandung dalam daging.

Tangan manusia juga bentuknya didesain untuk mengambil buah, sayuran, dan biji-bijian, dan bukan cakar seperti hewan karnivora yang digunakan untuk mencabik-cabik daging. Dengan demikian sebenarnya tubuh manusia secara anatomi dan fungsinya tidak efektif dalam mencerna makanan yang berasal dari daging hewan.

Apa saja manfaat mengkonsumsi Sayur dan Buah?

Dari sisi ilmu kedokteran atau ilmu gizi, buah dan sayuran diperlukan oleh tubuh manusia karena termasuk makanan yang bersifat basa, mengandung vitamin dan mineral, dan mengandung zat-zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Radikal bebas ini bisa berupa polusi, makanan yang tidak sehat, kuman dan bakteri, stress, kesalahan pengobatan, dsb yang akan terus meningkat dan terakumulasi dalam tubuh manusia seiring dengan bertambahnya usia.

Salah satu solusinya adalah dengan memiliki pola makan yang sehat dan mengandung banyak zat antioksidan seperti buah dan sayuran, misalnya: kubis, brokoli, asparagus, kembang kol, anggur merah tua, bawang bombay, dan bawang putih.

enter image description here

Salah satu manfaat yang penting dari makan sayur dan buah adalah karena memiliki serat yang terlarut dan tidak terlarut. Serat terlarut seperti pectin pada sebagian besar buah dapat larut dengan mudah di dalam air dan diserap oleh usus untuk kemudian beredar melalui sirkulasi darah. Serat terlarut ini sangat diperlukan karena kemampuannya melekatkan diri pada lemak dalam darah sehingga bisa mengangkat lemak tersebut dari peredaran darah, dan sebagai hasilnya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Serat tidak larut tidak dapat diserap oleh usus, namun sangat berguna untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh melalui usus. Tanpa serat ini maka proses pembuangan sisa makanan menjadi lambat dan menyebabkan pembusukan dan sembelit (susah buang air besar. Salah satu cara untuk mengecek apakah tubuh kita sudah memiliki asupan serat yang cukup adalah dengan memperhatikan kotoran atau feces yang kita buang di toilet. Apabila mengapung maka itu bisa jadi pertanda yang baik bahwa tubuh kita sudah cukup serat.

Bagaimana cara memasak sayur yang benar?

Yang perlu diperhatikan adalah semakin segar buah dan sayuran tersebut, maka kandungan zat-zat kimia (vitamin dan mineral) juga semakin aktif dan baik. Jika sayuran atau buah sudah dimasak atau sudah disimpan terlalu lama, maka sebagian besar nutrisinya akan hilang, khususnya vitamin C yang hilang paling cepat.

Cara memasak sayuran juga merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan jika kita ingin mendapatkan nutrisi yang maksimal. Sayuran yang dimasak dengan cara stream (tim) akan lebih baik dibandingkan direbus. Waktu memasak sayuran juga harus diusahakan seminimal mungkin agar zat gizinya tidak hilang, namun hindari penggunaan microwave untuk memasak sayuran.

Meskipun lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar, namun sayuran yang dimasak juga memiliki manfaat tersendiri, diantaranya: memecahkan enzim penghambat yang mencegah pencernaan protein dan polong-polongan. Pada beberapa sayur dan buah, pemanasan bisa mengefektifkan vitamin B dan beberapa zat gizi lainnya. Pemanasan juga membantu membunuh beberapa bakteri toksik seperti salmonella.

Demikianlah beberapa hal yang terkait dengan manfaat buah dan sayuran bagi tubuh manusia dan mengapa makanan tersebut merupakan konsumsi yang paling tepat bagi tubuh manusia.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
1
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Tips-tips Kesehatan

Setelah membaca artikel ini saya mulai bisa memahami mengapa para dokter dan ahli gizi menyarankan kita untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah sebagai porsi utama makanan kita setiap hari. Dulu orang tua kita selalu menginginkan anak-anaknya makan daging yang bergizi dan supaya tubuh menjadi lebih kuat. Namun setelah membaca artikel ini saya mulai mengerti bahwa sebenarnya ada banyak sayuran yang bisa menggantikan protein yang ada dalam daging dan susu.

Seperti tahu dan tempe misalnya, makanan ini biasanya disebut sebagai makanan yang murah dan kelas bawah, tapi justru bisa menjadi alternatif bagi sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti daging.

Kalau menurut saya mengkonsumsi daging juga boleh dilakukan dalam kesempatan tertentu misalnya waktu datang ke pesta pernikahan, atau pada saat acara makan bersama partner kerja atau keluarga besar. Namun sebaiknya kita mengusahakan diri untuk banyak makan sayur dan buah.

Last edited 30 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
5 Posts
5 Points
san.san posted this in Tips-tips Kesehatan

Buah dan sayuran merupakan makanan favorit saya. Bahkan kalau makan tanpa ada buah dan sayuran rasanya ada yang kurang. Badan terasa kurang fit dan tidak segar. Barangkali saya memang sudah merasakan sendiri manfaat buah dan sayuran tersebut secara tidak langsung. Tapi banyak anak-anak sekarang ini yang susah sekali jika diberi makan sayur. Mereka lebih suka makanan yang instan dan sedap. Ini merupakan kondisi yang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Karena kita tahu bahwa pada masa pertumbuhannya, anak-anak perlu banyak asupan vitamin dan mineral yang bisa menjaga daya tahan tubuhnya.

Sebagai orang tua kita harus bisa mencari cara agar anak-anak kita mau dan suka makan sayur dan buah. Agar kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa dan pola hidup sehat sudah bisa ditanamkan sejak usia dini. Ada satu artikel yang cukup menarik jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat agar anak anda suka makan sayur.

Last edited 07 February 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: