Menghindari makanan penyebab jerawat adalah salah satu cara yang harus dilakukan agar anda memiliki wajah yang bersih dan bebas dari jerawat. Masalah jerawat memang cukup mengganggu karena bisa merusak penampilan dan rasa percaya diri. Banyak cara dilakukan sebagai sebuah cara menghilangkan jerawat yang umum dilakukan. Selain perlu mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari, anda juga perlu mengetahui makanan sehat yang bisa dijadikan untuk membantu menghilangkan jerawat.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa faktor makanan juga menjadi penyebab timbulnya jerawat dan juga menjadi penyebab mengapa anda sulit untuk menghilangkan jerawat dari tubuh anda, khususnya pada area wajah. Mereka yang sudah melakukan banyak cara untuk menjaga dan melakukan perawatan wajah dengan berbagai produk pembersih wajah seringkali masih mendapatkan bahwa jerawat tidak kunjung hilang. Malahan seringkali karena produk-produk pembersih wajah tersebut jerawat semakin bertambah banyak. Beberapa obat jerawat alami tertentu memang bisa menghilangkan jerawat dengan manjur, namun seringkali ini hanya menjadi solusi sementara, karena seringkali jerawat masih saja muncul. Lalu apa yang salah?

makanan penyebab jerawat

Melalui tulisan ini kita akan mendalami mengenai faktor makanan yang seharusnya dihindari jika anda ingin cepat menghilangkan jerawat dari wajah anda serta menjaganya agar tidak muncul kembali. Debu atau kotoran yang menempel di wajah bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya jerawat, namun juga bisa disebabkan oleh faktor internal yang datang dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang telah diteliti menjadi faktor penyebab munculnya jerawat dan juga menjadi penyebab mengapa jerawat tidak kunjung hilang.

Mungkin anda berpikir bahwa kacang merupakan makanan penyebab timbulnya jerawat yang paling utama yang harus dihindari. Namun ternyata anggapan ini bisa dikatakan tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa orang tertentu yang memang memiliki faktor alergi terhadap kacang sehingga seringkali muncul jerawat yang merupakan dampak dari alerginya. Nah, untuk itu kita perlu mengetahui kebenaran mengenai makanan apa saja yang sudah terbukti secara klinis menjadi faktor pemicu munculnya jerawat.

Berikut ini daftar makanan yang perlu dihindari atau dibatasi konsumsinya agar jerawat anda tidak muncul kembali dan bisa membantu mempercepat proses untuk menghilangkan jerawat anda hingga tuntas:

  1. Makanan Pedas.

    Makanan pedas ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di tubuh kita. Secara umum jika kita mengkonsumsi makanan pedas maka tubuh akan bereaksi, pori-pori akan membesar dan mengeluarkan keringat. Secara khusus keringat akan sering keluar pada area sekitar wajah yang mana jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar bisa menjadi penyebab menempelnya debu atau kotoran dan menyumbat pori-pori yang sedang membesar. Hal itu kemudian menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan peradangan dan pada akhirnya timbul jerawat dimana-mana.

    cara mencegah jerawat dengan menghindari makanan penyebab jerawat

    Seringkali kita juga secara tidak sadar menyeka keringat secara sembarangan, misalnya dengan lengan baju, dengan tangan secara langsung, atau tissue yang tidak bersih. Ini juga yang menjadi penyebab mengapa jerawat bisa muncul ketika kita sering mengkonsumsi makanan pedas. Jika ingin menghilangkan jerawat dari wajah anda, batasi konsumsi makanan pedas.

    Banyak yang bertanya, bukankah cabe banyak mengandung vitamin C yang justru bagus untuk kesehatan kulit wajah dan mengganti sel-sel yang rusak dan regenerasi sel-sel kulit yang baru? Memang benar, hanya saja selain mengandung vitamin C, cabe juga membuat efek lainnya yang kontradiksi dengan manfaat vitamin C tersebut. Karenanya alangkah lebih baik jika kita mengkonsumsi bahan makanan lain yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, strawberry, kiwi, dsb yang tidak membuat kita berkeringat ketika mengkonsumsinya.

  2. Makanan Yang Mengandung Gula Tinggi.

    Bahan makanan yang satu ini seringkali tidak masuk hitungan dan tidak terduga sebagai salah satu penyebab mengapa usaha untuk menghilangkan jerawat seringkali tidak berhasil. Makanan manis atau yang memiliki kandungan gula tinggi seringkali hanya dihubungkan dengan penyakit diabetes. Lalu apa benar ada hubungannya dengan jerawat?

    Konsumsi makanan yang menggandung gula tinggi bisa menyebabkan lonjakan kadar hormon, termasuk insulin, yang dipercaya menjadi pemicu produksi sebum. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi, menyebabkan zat makanan diserap ke dalam sistem peredaran darah secara cepat. Hal ini mempunyai efek langsung pada tingkat keparahan jerawat karena menimbulkan ketidakseimbangan hormonal.

    Salah satu penyebab munculnya jerawat selain kondisi kulit adalah fluktuasi hormonal atau ketidakseimbangan hormonal. Kelebihan produksi sebum yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal sudah banyak diketahui menjadi penyebab mengapa sekitar 80 persen remaja mengalami jerawat selama masa remajanya. Sebuah penelitian mengkonfirmasi hal ini dengan hasil riset yang menunjukkan bahwa pria muda yang mengkonsumsi gula dalam level rendah mengalami penurunan yang signifikan dalam tingkat keparahan jerawat yang dialaminya.

    Selain itu penelitian juga menunjukkan kaitan antara kandungan gula darah dan penyebab mengapa luka tidak sembuh-sembuh. Kandungan gula darah yang tinggi sudah terbukti membuat luka menjadi sulit untuk sembuh. Hal ini disebabkan karena kandungan gula tersebut membuat jaringan kulit kehilangan elastisitasnya dan juga mengurangi kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri yang juga merupakan penyebab timbulnya jerawat.

    Karenanya jika anda ingin agar jerawat anda cepat hilang, batasi konsumsi gula yang berlebihan. Selain bisa berdampak secara tidak langsung pada proses metabolisme dan memicu jerawat, juga secara langsung berkaitan dengan penyakit lainnya yang lebih berbahaya yaitu diabetes.

  3. Makanan Yang Mengandung Lemak atau Susu.

    Selain makanan yang pedas dan makanan yang manis, maka untuk membantu usaha anda dalam menghilangkan jerawat adalah membatasi konsumsi susu yang notabene mengandung lemak tinggi. Selain dalam bentuk susu murni, kita juga bisa menjumpai banyak sekali makanan olahan yang menggunakan campuran susu, seperti cokelat susu, biskuit, kue kering.

    Beberapa penelitian menunjukkan asupan susu tinggi dapat dikaitkan dengan penyebab jerawat. Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa remaja yang minum susu lebih dari dua porsi per hari cenderung menderita jerawat yang lebih parah. Hal itu disebabkan peningkatan pertumbuhan hormon yang menyebabkan kelenjar sebaceous di kulit jadi tersumbat. Jika anda ingin menghilangkan jerawat hindari konsumsi susu sapi dan produk olahan yang mengandung susu berlebihan.

  4. Makanan yang Membuat Alergi

    Selain beberapa jenis bahan makanan di atas, ada beberapa bahan makanan lainnya yang juga perlu dihindari untuk membantu menghilangkan jerawat dari tubuh kita. Namun khusus untuk jenis makanan ini tidak berlaku secara umum, karena berkaitan dengan faktor alergi yang dimiliki oleh masing-masing sesuai kondisi tubuhnya.

    Masalah kulit seringkali muncul akibat alergi pada makanan, misalnya alergi terhadap telur. Masalah kulit yang dimaksud juga bisa termasuk munculnya jerawat yang bernanah. Jerawat bisa juga muncul karena sistem kekebalan tubuh yang mencoba untuk melawan racun yang ada di dalam tubuh karena faktor alergi. Maka dari itu jika anda ingin agar jerawat anda cepat hilang hingga tuntas, perhatikan apa saja makanan yang perlu dihindarkan berkaitan dengan faktor alergi yang kita miliki.

    Alangkah baiknya jika anda lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur sebagai asupan serat sekaligus vitamin dan mineral yang akan membantu meningkatnya sistem imun dan kekebalan melawan racun-racun yang muncul sebagai akibat faktor alergi yang dimiliki oleh seseorang.

Demikianlah beberapa jenis makanan penyebab jerawat yang perlu anda hindari untuk mencegah jerawat muncul kembali. Semoga tulisan ini bisa membantu anda untuk mengenali apa saja hal-hal yang patut diperhatikan sebagai faktor-faktor penyebab jerawat yang tidak hanya berasal dari luar saja, tapi juga dari dalam tubuh. Dengan melakukan perawatan kebersihan wajah secara teratur dan menjaga pola makan, serta menghindari stress maka niscaya jerawat akan segera menghilang dari wajah anda.

Demikianlah beberapa [tips untuk menghilangkan jerawat][16]. Jika anda ingin menambahkan informasi-informasi lainnya seputar makanan-makanan yang perlu dihindari agar jerawat cepat hilang, silahkan tinggalkan komentar dan tanggapan anda dibawah artikel dan tulisan ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Last edited 08 July 2015