Terowongan Ala Malaysia, Solusi Macet dan Banjir di Jakarta?


Banjir besar yang melanda Jakarta awal tahun 2013 ini membuat Jokowi selaku Gubernur Baru Jakarta lebih serius dalam menangani masalah klasik Jakarta, yaitu banjir. Penanganan banjir dengan cara konvensional sepertinya sudah tidak terlalu menolong Jakarta untuk keluar dari masalah banjir sepenuhnya.

Untuk itu sebuah terobosan yang cukup berani, diusulkan oleh Jokowi, yaitu dengan membangun Deep Tunnel atau Smart Tunnel. Konsep ini sebenarnya bukan konsep yang baru, justru bisa dikatakan konsep ini diadopsi dari keberhasilan Malaysia dalam mengatasi banjir di Kuala Lumpur dengan menggunakan terowongan raksasa.

enter image description here

Jika Smart Tunnel, terowongan pengendali banjir, milik Malaysia memiliki dua fungsi, lain halnya dengan terowongan multiguna atau multipurpose deep tunnel yang akan dikerjakan Pemerintah Jakarta. Terowongan ini nantinya akan dimodifikasi sehingga dapat berfungsi lebih dari sekedar pengendali banjir dan sebagai jalan tol.

Seperti yang dilansir dari sumber tempo, deep tunnel yang akan dibuat di Jakarta diharapkan dapat memiliki lima fungsi. Selain dua fungsi tadi, ditambah sebagai saluran air limbah kota, tempat pengaliran air bawah tanah, dan jaringan utilitas kota seperti instalasi listrik dan kabel telepon.

Akankah Proyek ini benar-benar dapat terealisasi dengan cepat dan dapat mengatasi Masalah Banjir di Jakarta??

Bagaimana menurut anda??

Last edited 22 March 2014