Keterampilan Seorang Entrepreneur Yang Penting Untuk Diketahui

3
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Berbicara mengenai menjadi seorang entrepreneur, sebagian dari kita merasa masih belum siap dan mampu untuk memulai sebuah usaha sendiri. Banyaknya usaha yang gagal memang disebabkan karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara membangun dan mengelola sebuah bisnis yang sukses.


Untuk memulai sebuah bisnis, sebenarnya tidak diperlukan gelar tertentu, pendidikan tinggi, modal yang besar, pengalaman bertahun-tahun dibidang tertentu, atau latar belakang keluarga seorang pengusaha. Namun tidak dapat dipungkiri ada serangkaian keterampilan yang perlu dikuasai dan dimiliki oleh seorang entrepreneur agar bisa mengawali dan menjalankan sebuah bisnis yang sukses.

Hanya karena seseorang sudah bisa dan terbiasa melakukan pekerjaan teknis tertentu dalam bidang bisnis tertentu tidak serta merta ia juga sudah menguasai aspek bisnis secara keseluruhan dengan benar. Sebagai contoh: bukan karena seseorang pandai memasak maka ia bisa dipastikan bisa mengelola bisnis restoran dengan baik. Kebanyakan dari para juru masak yang handal sekalipun ternyata tidak tahu bagaimana caranya melakukan pemasaran, melakukan branding, melatih staf, mengatur arus keuangan, dsb.

enter image description here

Sehingga yang terjadi adalah, pada saat ia memulai usaha sendiri, ia baru menyadari bahwa ada banyak aspek bisnis yang tidak ia mengerti sama sekali. Biasanya banyak yang tidak bisa bertahan lama atau berkembang menjadi sebuah bisnis yang benar. Mereka cenderung lebih fokus pada operasional usahanya dan melewatkan sedikit waktu untuk melakukan pemasaran, mengatur dan memeriksa keuangan, mengembangkan layanan pelanggan, dsb. Akhirnya usahanya tersebut hanya berkembang sebatas usaha mandiri (self-employed) dan bukan sebuah bisnis dalam pengertian yang sesungguhnya.

Berikut ini beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang entrepreneur agar ia mampu membangun sebuah bisnis yang sukses dan bertahan lama:

  1. Keterampilan untuk berinovasi dan berkreasi. Keterampilan ini diantaranya mencakup kemampuan untuk membangun visi, positioning, dan keunikan perusahaan dibandingkan para pesaing yang sudah ada pada saat itu. Selain itu juga kemampuan untuk melihat tren pasar dan mengambil langkah cepat untuk menyesuaikan produk atau jasanya agar bisa relevan dengan tren tersebut.

  2. Keterampilan dalam membentuk organisasi. Dalam hal ini, seorang entrepreneur harus mampu bekerja secara tim dan menempatkan orang pada peran dan posisi yang bisa memunculkan potensi terbaiknya. Keterampilan ini juga menyangkut bagaimana cara menjalankan operasional bisnis secara simultan dari berbagai aspek bisnis yang terkait, seperti pemasaran, keuangan, produksi, dsb.

  3. Keterampilan dalam hal managemen dan personalia. Sebuah bisnis yang sukses sebagian besar dibangun oleh sekelompok orang-orang yang tepat dan berdedikasi tinggi untuk sebuah perusahaan. Keterampilan inilah yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur, yaitu kemampuan untuk merekrut, melatih, dan mengembangkan sebuah tim inti yang menjadi tulang punggung bagi bisnis tersebut.

  4. Keterampilan dalam marketing dan penjualan. Keterampilan menjual merupakan hal yang terpenting dan mendasar dalam sebuah bisnis. Sebagai seorang entrepreneur anda harus menyadari bahwa konsep menjual ini adalah kunci utama keberhasilan sebuah bisnis. Selain menjual dalam arti yang sesungguhnya, yaitu menjual sebuah produk atau jasa, seorang entrepreneur juga harus mampu menjual ide-ide, visi, dan merk bisnisnya baik itu kepada anggota tim, investor, maupun pelanggan secara global.

  5. Keterampilan dalam mengatur keuangan. Jika anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses, maka mau tidak mau anda juga harus terlibat dalam hal keuangan. Banyak entrepreneur yang gagal dalam berbisnis hanya karena masalah keuangan yang tidak terkontrol dengan baik. Mereka seringkali terjebak dalam operasional produksi dan penjualan namun tidak mengawasi keuangan bisnisnya. Alhasil, mereka masuk dalam kesulitan keuangan, misal karena banyaknya piutang yang belum tertagih, sementara mereka membutuhkan dana untuk produksi dan promosi.

  6. Keterampilan secara operasional dan pengembangan sistem. Meskipun diletakkan pada bagian terakhir, namun keterampilan ini adalah salah satu yang paling menentukan apakah sebuah usaha tersebut akan bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang mampu berkembang dan dilipatgandakan atau hanya sekedar usaha mandiri yang bergantung kepada kehadiran kita di dalamnya. Sebuah bisnis yang sukses hanya bisa dihasilkan dari keterampilan untuk membuat sebuah formula atau sistem yang bisa dijalankan oleh siapapun juga dan dapat menghasilkan produk dan layanan yang sama dimanapun.

Secara garis besar demikianlah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh entrepreneur. Mungkinkah semua keterampilan ini dimiliki oleh seorang entrepreneur? Sebagian besar mungkin tidak, karenanya banyak dari bisnis besar yang dimulai tidak hanya seorang diri, melainkan melibatkan mitra atau partner kerja yang bisa saling melengkapi dalam keterampilan-keterampilan tersebut.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi anda.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3 Posts/Answers
2
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Entrepreneurship

Melihat daftar skill atau keterampilan yang disebutkan diatas, maka saya merasa bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur sukses memang tidak mudah. Semuanya itu perlu dipersiapkan sejak dini, bahkan sejak berada di bangku sekolah dasar. Karenyanya tidak heran banyak juga orang yang terjun ke dunia bisnis dan membangun usahanya sendiri berakhir dengan kegagalan.

Memang tidak diperlukan background pendidikan tertentu, tapi memang diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus dalam bidang bisnis yang akan dikelolanya. Karenanya memang saran yang tepat untuk orang-orang yang ingin berbisnis dalam satu bidang, bekerja dulu di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut agar bisa mengerti seluk beluk operasional dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas sebelum merencanakan bisnis yang akan dijalankan sendiri.

Salam sukses..!!

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
1 Posts
5 Points
Lia malik posted this in Entrepreneurship

Artikel ini secara gamblang sudah menunjukkan fakta di lapangan yang sesungguhnya, bahwa memang untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses tidak mudah. Ada yang memiliki tekad dan ide bisnis yang bagus, namun tidak juga berhasil. Mengapa?

Ya.. untuk menjadi seorang entrepreneur sukses kita harus berhadapan dengan banyaknya persaingan dan kompetisi. Inovasi yang berkesinambungan dan strategi bisnis yang tepat dan membangun tim yang solid. Ini merupakan kemampuan multitasking yang tidak mudah untuk dipelajari dan diterapkan. Kebanyakan entrepreneur harus memiliki partner yang saling melengkapi untuk sukses. Seperti halnya Bill Gates dan Steve Balmer, Steve Jobs dan Steve Wozniak, Sergey Brinn dan Larry Page... mereka punya keterampilan yang saling melengkapi.

Steve Jobs kaya dengan inovasi dan konsep bisnis yang kuat, baik dalam penjualan dan marketing dan produksi. Sementara pada sisi teknis ada Steve Wozniak yang bermain di belakang layar, namun perannya sangat vital dalam pengembangan dan implementasi produk dan software Apple...

Karena itu jika kita merasa bahwa keterampilan seorang entrepreneur tidak lengkap dalam diri kita, maka kita harus mulai berpikir untuk mendapatkan partner yang bisa melengkapi peran-peran dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sebuah bisnis yang sukses.

Last edited 30 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
5 Posts
5 Points
san.san posted this in Entrepreneurship

Kalau menurut saya keterampilan dalam berbisnis itu bisa dikatakan juga sebagai insting bisnis. Dimana insting ini terbangun dari kreativitas dan kemampuan untuk berinovasi, melihat peluang, mengambil resiko dan melihat jauh ke depan tren yang akan segara terjadi. Jika insting bisnis ini terasah maka sebuah bisnis yang bagus bisa dilahirkan. Kebanyakan orang menganggap apa yang dilakukan oleh orang lain itu gila, karena melawan arus. Namun kenyataannya apa yang dilakukan oleh pebisnis tersebut terbukti tepat di kemudian hari....

Salah satu contohnya adalah Waffen Buffet yang mengakuisisi perusahaan yang hampir bangkrut yang mana harga sahamnya terjun bebas. Namun karena insting bisnis dan perhitungannya yang tepat ia tetap berani membeli saham perusahaan tersebut. Dan akhirnya memang benar, perusahaan tersebut kemudian hari sukses besar, dan nilai sahamnya naik tinggi..

Inilah yang saya maksudkan dengan keterampilan dalam berbisnis. Mungkin tidak secara alamiah atau karena keturunan dan faktor genetik saja, namun juga sebenarnya bisa dilatih dan dikembangkan, asalkan memiliki kemauan untuk belajar.

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: