Kata-kata mutiara Inspirasi anda

Berikut ini akan saya bagikan kata-kata mutiara yang bisa menjadi bahan perenungan bagi kita untuk hari ini:

Hanya karena seseorang diam, tak berarti dia lemah. Itu hanya karena dia mempunyai rasa cukup dewasa untuk tahu bahwa amarah tidak akan menyelesaikan masalah.

Mungkin kita akan menjumpai orang-orang tertentu yang tidak reaktif terhadap perbuatan jahat dari orang lain. Kita lantas menganggap orang tersebut aneh dan sepertinya penakut atau lemah... tapi dari kata-kata mutiara ini kita bisa melihat dari sisi yang berbeda. Orang tersebut kemungkinan merupakan orang yang sudah dewasa dalam pemikirannya yang tidak menganggap pembalasan merupakan cara yang terbaik untuk menghadapi sikap orang lain terhadapnya.

Secara manusiawi, kira sebagai manusia punya kecenderungan egois yang tinggi, selain itu juga memiliki pandangan yang keliru mengenai apa itu harga diri. Kita seringkali harus berhadapan dengan 2 hal ini ketika kita sedang menerima perlakuan yang tidak baik dari orang lain. Karenanya sebagian orang akan bersikap sangat reaktif terhadap sikap orang lain yang telah menyinggung perasaannya, dan merasa harga dirinya telah diinjak-injak oleh orang lain.

Namun coba kita pikirkan sejenak...

Jika kita melakukan pembalasan terhadap orang lain, bukankah justru itu yang membuat harga diri kita menjadi rendah, karena kita melakukan hal yang sama dengan orang yang kita anggap tidak menyenangkan dan justru membuat kita memiliki nilai diri yang rendah?

enter image description here

Setelah melakukan pembalasan, apakah benar kita merasakan kepuasan karena ego kita sudah mendapatkan 'makanannya'? atau justru membuat kita menjadi orang yang semakin egois dan berderajat sama dengan orang-orang pada umumnya yang juga saling membalas..

Jangan pernah membalas orang yang telah berbuat egois kepadamu, tapi balaslah dengan perbuatan kebaikanmu, karena itu akan membuatnya sadar dari keegoisannya.

Jika tujuan kita membalas hanya untuk memuaskan ego kita, maka kita sedang masuk ke dalam perangkap yang sangat berbahaya, karena sesungguhnya ego manusia tidak pernah bisa dipuaskan..

Apakah kita akan mengorbankan sebuah hubungan hanya demi memuaskan sesuatu yang tidak ada batas dan habisnya?

Anda sendiri yang harus menyikapi hal ini dengan lebih bijaksana...

Kata mutiara ini memberikan kita paradigma yang baru, bahwa salah satu ukuran dari kedewasaan adalah dengan tidak melakukan pembalasan untuk memuaskan ego kita semata, namun juga mempertimbangkan signifikansinya bagi orang lain.

Cara terbaik yang bisa dilakukan sebagai orang yang dewasa adalah membalasnya dengan hal yang bersifat kebaikan, sehingga orang tersebut bisa mendapatkan teladan yang benar dalam bertindak.

Berikan tanggapan anda terhadap kata-kata mutiara dan kata-kata bijak ini...

Last edited 12 May 2014