Harga HP/SMARTPHONE XIAOMI REDMI

Produsen ponsel dan smartphone Xiaomi benar-benar serius untuk menggarap pasar internasional setelah mengalami pertumbuhan yang fantastis selama beberapa tahun belakangan ini. Bayangkan saja jika omzet penjualan Xiaomi pada tahun 2013 kemarin sudah menembus angka $ 10 miliar yang melonjak 10 kali dibanding tahun sebelumnya. Harga HP semakin murah setiap tahunnya, dan beberapa negara berkembang sangat tertarik dengan harga HP Xiaomi yang sangat terjangkau namun kualitasnya tidak murahan.

enter image description here

Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar yang cukup menarik dan sangat potensial untuk menjajakan smartphone murah meriah yang sudah terlebih dahulu menyambangi Malaysia dan Singapura tersebut. Konsumen di Indonesia sendiri sudah dikenal sangat sensitif dengan harga HP dan smartphone yang dibelinya. Meski mengusung tagline smartphone murah buatan China, namun tidak berarti termasuk smartphone ini termasuk murahan lho..!!

Xiaomi cukup serius untuk membangun brandnya secara global, hal ini ditunjukkan dengan merekrut salah satu petinggi Google untuk memimpin ekspansi Xiaomi ke kancah Internasional. Disamping menonjolkan harga HP yang murah, Xiaomi juga menjaga kualitas produknya dengan fitur dan layanan yang tidak kalah dengan brand-brand global seperti Samsung, LG, Nokia, dan bahkan Apple. Xiaomi telah merekrut Hugo Barra yang sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala divisi pengembangan produk di Google, ini merupakan strategi untuk membuat brand Xiaomi siap bersaing di pasar global.

Salah satu produk HP dan smartphone Xiaomi yang dipastikan akan menyambangi Indonesia adalah Xiaomi Redmi. Harga HP/smartphone Xiaomi ini berkisar pada harga 2 jutaan saja, namun sudah menggunakan Quad Core Prosesor dan Layar IPS HD.

Harga smartphone Xiaomi Redmi ini sebenarnya hanya sekitar 1.6 juta saja jika nantinya dijual secara resmi. Harga 1,6 juta itu untuk pasar Singapura, namun akan terpaut sedikit saja jika nantinya masuk ke pasar Indonesia. Untuk saat ini harga HP Xiaomi di pasar blackmarket cukup tinggi, yaitu sekitar 2,5 juta rupiah.

DESAIN XIAOMI REDMI

Dengan harga HP yang cukup miring saat ini, kebanyakan produsen mengorbankan sisi desain yang terbilang standar dan terkesan murahan (tidak elegan). Namun Xiaomi sudah berinisiatif untuk tidak meninggalkan kesan murahan pada semua lini ponsel dan smartphonenya. Desainnya cukup slim dan menggunakan cover material dari bahan plastik, namun tergolong cukup baik dalam desain dan penggunaan material yang tidak meninggalkan bekas kotoran dan tidak licin (glossy).

enter image description here

LAYAR XIAOMI REDMI

Dengan layar yang cukup lapang dan resolusi yang cukup baik yaitu 4,7 inch dengan resolusi 720x1280, Xiaomi tidak segan-segan menggunakan teknologi layar IPS yang membuatnya lebih istimewa karena sudut pandang bisa lebih luas dan kualitas layar tetap terjaga meski harus dilihat dari samping.

Xiaomi Redmi ini menggunakan Sistem Operasi Android Jelly Bean yang sudah dikostumisasi dari versi standarnya. Uniknya ada mode lite yang khusus diperuntukkan bagi pengguna anak-anak maupun orang tua yang merasa terlalu sulit untuk menggunakan sistem operasi Android secara penuh. Dengan lite mode ini beberapa aplikasi utama saja yang akan muncul sehingga bisa dengan mudah dioperasikan oleh pengguna yang masih tidak terlalu familiar.

HARDWARE

Untuk urusan dapur pacunya Xiaomi Redmi sudah menggunakan prosesor Quad core 1.5 GHz dan RAM 1 GB. Karenanya untuk ponsel dengan harga yang cukup miring tersebut terasa lebih istimewa dalam menjalankan berbagai aplikasi dan games yang terbaru. Yang lebih istimewa lagi adalah kita diberikan extra baterai cadangan 2500 mAh yang bisa digunakan jika baterai utama kehabisan daya.

KAMERA

Kamera yang disematkan di ponsel dengan harga HP yang miring ini tidak tanggung-tanggung, 8 MP dengan autofocus dan LED Flash yang menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup baik bahkan dalam situasi yang minim dengan cahaya dan penerangan.

Secara umum dengan melihat keseluruhan harga HP dan fitur-fitur serta komponen yang digunakan Xiaomi Redmi ini bakalan bersaing sengit dengan ponsel Android lainnya seperti Smartfren Andromax yang menyasar pasar dan kalangan yang sama. Namun jika dianalisa dengan lebih detail harga HP Xiaomi ini memang sedikit lebih murah nantinya jika saja di Indonesia dibanderol dengan harga IDR 1,6 juta .

Last edited 09 October 2014