Harga HP: Samsung Galaxy S5

Samsung kembali mengupdate jajaran smartphone premium versi Samsung Galaxy dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy S5. Meski secara keseluruhan produk ini tidak nampak terlalu berbeda dengan versi pendahulunya yaitu Samsung Galaxy S4, namun Samsung optimis bisa mengantarkan smartphone ini untuk sama suksesnya dengan versi pendahulunya tersebut. Harga HP Samsung Galaxy S5 ini termasuk dalam jajaran harga ponsel premium yang mana mendapatkan banderol harga awal sebesar Rp. 8.500.000,-

enter image description here

Harga HP yang mahal tersebut bukan tanpa alasan. Ada beberapa fitur-fitur premium dan upgrade spesifikasi yang dibenamkan pada smartphone Samsung terbaru ini. Bagaimana peta persaingan harga HP yang berbanderol premium tersebut? Dalam waktu yang hampir bersamaan para kompetitor Samsung seperti LG dan HTC juga tidak mau kalah. Mereka juga meluncurkan produk premium teranyar. LG meluncurkan LG G Pro2 dan LG G3, sementara itu HTC sudah bersiap dengan HTC One M8. Harga HP produk-produk smartphone premium tersebut sudah pasti cukup tinggi, namun dalam ranah smartphone dengan harga premium, maka persaingan lebih kepada desain dan fitur.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy S5 ini? mari kita bedah bersama isi dan desain dari produk terbaru Samsung ini bersama-sama.

DESAIN SAMSUNG GALAXY S5

Dari sisi desain dan penampilan, smartphone dengan harga premium ini nampak tidak terlalu jauh berbeda dengan seri sebelumnya Samsung Galaxy S4. Baik dari sisi bentuk dan ukuran keduanya hampir sama. Harga HP keduanya sekarang terpaut hampir 2 juta rupiah. Namun ada beberapa variasi baru yang digunakan pada produk teranyar Samsung ini.

Salah satunya yang paling jelas adalah pada bagian cover belakang. Samsung Galaxy S5 ini menggunakan tekstur grid titik-titik yang membuatnya lebih memiliki aksen yang kesat dan tidak licin dalam genggaman. Selebihnya ada bezel logam yang paling tidak bisa memberikan kesan yang lebih premium karena sebagian besar bodi berbahan plastik. Hal ini berbeda dengan LG G3 dan HTC one M8 yang banyak menggunakan material dari logam yang memberikan kesan lebih premium dalam genggaman.

Dengan banderol harga HP yang cukup premium, desain Samsung Galaxy S5 bisa dikatakan kurang memuaskan dan cenderung hampir tidak ada bedanya dengan seri sebelumnya. Mungkin bagi beberapa orang sisi desain Samsung yang seperti itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun bagi yang ingin sebuah produk yang fresh, maka desain dari para kompetitor bisa terlihat lebih menarik.

Namun Samsung Galaxy S5 ini sudah dibekali dengan kemampuan water and dust resistant, artinya sudah anti air dan debu. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan dari Samsung dalam mendesain keseluruhan bodi, sehingga meski tidak nampak premium namun sudah bisa anti air dan debu yang mana tidak dimiliki oleh sebagian besar kompetitornya saat ini kecuali Sony Xperia Z1.

LAYAR SAMSUNG GALAXY S5

Dari sisi layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy S5 ini juga bisa dikatakan tidak ada perubahan dari seri sebelumnya. Layar dengan luas 5,1 inch dan resolusi 1920x1080 dan Corning Gorilla Glass 3 dirasa kurang mumpuni, karena beberapa rumor menyebutkan bahwa Samsung akan menggunakan layar dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 2K.

Namun secara keseluruhan kualitas layar pada smartphone dengan harga premium ini cukup baik dari sisi kontras yang impresif, saturasi warna, maupun viewing angle yang membuatnya tetap cemerlang dilihat dari sudut manapun.

Dengan harga HP yang mencapai 8,5 juta maka Samsung harus rela dikalahkan oleh LG G3 yang sudah berhasil mengimplementasikan layar 2K di smartphone terbaru mereka tersebut. LG G3 sendiri sudah secara resmi masuk ke pasar Indonesia di pertengahan bulan Juni 2014 ini dengan harga sedikit dibawah Samsung Galaxy S5.

SISTEM OPERASI DAN APLIKASI

Salah satu hal yang bisa dikatakan baru di Samsung Galaxy S5 ini adalah dari sisi OS yang digunakan yang sudah OS Android KitKat v4.4.2 yang sudah disesuaikan dengan TouchWiz UI. Sistem operasi terbaru ini bisa dibilang paling gress, yang salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk menggunakan pemindai sidik jari sebagai pengaman smartphone Android.

Kemampuan security pada Samsung Galaxy S5 ini harus berhadapan dengan fitur inovatif LG G Pro2 yang menggunakan KnockCode sebagai alternatif untuk mengaktifkan smartphone Androidnya.

Selain itu Samsung juga memberikan secara gratis beberapa aplikasi premium seperti Finger Scanner, Galaxy Gifts, Heart Rate sensor, dan Kids Mode. Sensor detak jantung ini diletakkan di bawah lensa kamera untuk membaca detak jantung lewat ujung jari. Fitur Kids mode bisa digunakan untuk mengatur penggunaan smartphone ini oleh anak-anak, artinya kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang hanya bisa digunakan oleh kita atau orang lain. Hampir sama seperti Guest Mode yang memang sudah diperkenalkan sebagai fitur di Sistem Operasi Android KitKat.

HARDWARE SAMSUNG GALAXY S5

Dari sisi hardware yang digunakan, harga HP yang cukup mahal ini tentunya akan menjamin bahwa kemampuan hardwarenya juga sangat tinggi. Sebut saja prosesor yang digunakan adalah Prosesor Quad Core 2.5GHz Krait dan GPU Adreno 330, RAM 2 GB dan internal memori 16 GB yang bisa ditingkatkan dengan penggunaan microSD up to 128GB.

Dari spesifikasi tersebut nampak bahwa penggunaan hardwarenya sudah diatas rata-rata smartphone yang ada saat ini. Hanya saja dari sisi harga HP yang ditawarkan seharusnya penggunaan RAM lebih besar dari 2GB dan internal memori seharusnya bisa di atas 16 GB. Sebut saja Samsung Galaxy Note 3 yang dibanderol dengan harga HP dibawah Samsung Galaxy S5 sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB. Kompetitor Samsung Galaxy S5 yaitu LG G3 sudah menawarkan varian yang menggunakan RAM 3 GB dan internal memori 32 GB.

Meski demikian secara keseluruhan performa Samsung Galaxy S5 dengan harga HP premium ini sudah sangat baik dan cepat. Anda tidak akan menemui lag atau kesulitan selama pengoperasian smartphone ini. Semua itu berkat update OS KitKat yang mampu meningkatkan performa aplikasi secara keseluruhan dengan spesifikasi hardware yang sangat memadai ini.

KONEKTIVITAS SAMSUNG GALAXY S5

Dari sisi koneksi dan kemampuan internet, maka Samsung Galaxy S5 ini boleh dikatakan sangat lengkap. Mulai dari jaringan HSDPA hingga LTE, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0, DLNA, NFC, IrLED, EDR, microUSB v3.0 (MHL2.1). Smartphone ini juga sudah mendukung USB on the go (OTG) dan sambungan ke TV dengan output 3D 1080p tanpa bantuan sumber daya eksternal.

Samsung Galaxy S5 ini juga sudah dilengkapi dengan pemancar Infra Red yang bisa membuat Samsung Galaxy S5 ini bisa berfungsi sebagai pengendali jarak jauh untuk perangkat elektronik di rumah. Selain itu Samsung Galaxy S5 juga dilengkapi 'Download Booster' yang mampu melakukan koneksi LTE dan Wi-Fi secara bersamaan. Hal ini membuat aktivitas browsing dan menonton video HDTV di youtube menjadi semakin lancar.

KAMERA DAN VIDEO SAMSUNG GALAXY S5

Harga HP Samsung Galaxy S5 yang cukup premium ini sudah pasti dibekali dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Jika sebelumnya Samsung Galaxy S4 menggunakan kamera sebesar 13MP maka pada seri yang lebih baru ini Samsung menyematkan kamera dengan kemampuan yang lebih tinggi, yaitu sebesar 16 MP autofocus, LED Flash, dan kamera 2 MP pada bagian depannya. Samsung menyatakan bahwa sensor kamera pada Samsung Galaxy S5 ini sudah mendapatkan update sehingga bisa mengatur autofocus dan melakukan pengambilan gambar super cepat.

Namun Samsung harus menghadapi kenyataan bahwa para kompetitor yang menawarkan produk teranyarnya yang juga dengan harga premium, hadir dengan inovasi foto selfie yang lebih baik dengan menyediakan tombol shutter khusus di bagian belakang cover, seperti yang sudah digunakan di LG G2 dan kemudian dilanjutkan ke LG G3.

Terlepas dari semuanya itu Samsung telah berhasil memberikan fitur-fitur dan pengalaman fotografi dan video yang lengkap dan diatas rata-rata.

HARGA HP SAMSUNG GALAXY S5

Harga HP yang termasuk jajaran smartphone premium ini akan berkompetisi dengan jajaran smartphone dengan harga premium lainnya, seperti LG G Pro2, LG G3, HTC One M8, Sony Xperia Z2, Oppo Find 7 new yang mana semuanya dijual dengan harga rata-rata diatas 7 juta rupiah. Pada kelas harga HP yang premium ini konsumen akan mulai mempertimbangkan lebih pada desain dan fitur, sementara selisih harga mungkin hanya berpengaruh sedikit mengingat para pembeli ini adalah orang yang memiliki kemampuan finansial yang tidak terlalu sensitif dengan harga.

Dengan harga HP Samsung Galaxy S5 yang dipatok sebesar 8,5 juta maka beberapa orang mungkin akan lebih memilih alternatif untuk membeli Samsung Galaxy Note 3 atau Samsung Galaxy Note 3 Neo yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi namun harga sudah mengalami koreksi cukup wajar untuk sebuah smartphone. Barangkali beberapa orang akan memilih untuk menunggu hingga harga Samsung Galaxy S5 ini menjadi harga normal.

Last edited 09 October 2014