Hanya 3% orang yang menuliskan Impian-Impiannya dengan jelas lalu meraihnya...

5
708 Posts
910 Points

Makna dibalik Impian yang dituliskan

“Banyak orang yang mempunyai impian, 97% menyimpannya dalam angan-angan, 3% menuliskannya secara rinci. Itulah mengapa jumlah orang sukses di dunia hanya 3%. (Rockeffeler).


Mengapa kita perlu menuliskan impian-impian tersebut?

Jika anda sering mengikuti seminar-seminar motivasi yang dipimpin oleh para motivator dan leader yang terkenal dan sukses, maka banyak diantara mereka yang menyarankan kita untuk menuliskan impian-impian kita secara jelas pada secarik kertas, lalu menempelkannya pada tempat dimana kita sering melihatnya...misal: di pintu lemari es, di kamar tidur, di meja kerja, di toilet, dsb. Dengan cara demikian kita dapat terus termotivasi dan semangat untuk meraih impian-impian tersebut, dan niscaya impian tersebut akan terwujud.

enter image description here

Apakah ini semacam mitos, takhayul, atau mantra ajaib yang bisa membuat mimpi menjadi kenyataan..?? Mengapa saya sudah melakukannya, namun tidak berhasil meraih mimpi tersebut??

Dimana logikanya??? atau sebenarnya ada penjelasan yang lebih rasional untuk bisa memahami hal ini??

Segala sesuatu yang ada di muka bumi saat ini, rata-rata lahir dari sebuah impian yang akhirnya terwujud dalam dunia nyata, misal: pesawat terbang, bola lampu, handphone, mobil, televisi, dsb.

Kata-kata punya kekuatan yang mampu mengubah impian jadi kenyataan... merubah sesuatu yang abstrak menjadi nyata... Dengan mulai menuliskan impian-impian kita secara jelas, baik itu di selembar kertas, di catatan harian, dokumen di komputer, maka paling tidak impian yang pada mulanya hanya berupa angan-angan (abstrak) sudah mulai terwujud dalam bentuk yang nyata, yaitu tulisan itu sendiri... [not bad]... meski yang kita harapkan nantinya adalah wujud akhir yang belum nyata pada saat kita menuliskannya.

Ini merupakan salah satu bentuk tindakan mewujudkan sesuatu yang abstrak (tidak nyata) menjadi sesuatu yang nyata.. langkah pertama yang terlihat sepele, namun maknanya powerful. Ini merupakan ujian pertama terhadap tindakan, kepercayaan, atau keyakinan.

Jika kita tidak mengambil tindakan nyata untuk menuliskan impian tersebut, maka besar kemungkinan kita tidak akan mengambil langkah-langkah lainnya lebih jauh, atau melakukan tindakan-tindakan nyata lainnya untuk mewujudkan impian kita.. menuliskan impian merupakan langkah awal pijakan kaki kita di anak tangga pertama menaiki anak tangga yang ujungnya adalah impian itu sendiri.

enter image description here

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk yang cerdas, ia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik, termasuk beradaptasi dengan impian tersebut.

Pernahkan kita berpikir bahwa ketika kita masih bayi, banyak hal yang sulit untuk kita lakukan. Perlahan namun pasti kita mulai bisa berbicara, makan sendiri, berjalan, berlari, bahkan mengendarai mobil. Sama seperti impian, kita perlu waktu untuk beradaptasi dengannya. Jika impian tidak dituliskan, maka impian tersebut cenderung untuk dilupakan, teralihkan dengan kesibukan dan rutinitas, membuat kita kehilangan fokus dan akhirnya impian tersebut tidak pernah terwujud.

Pada waktu kita kecil, orang tualah yang sering menjadi tulisan tersebut bagi kita.. terus melatih kita pada waktu belajar berbicara, mengajari kita berjalan. Guru-guru di sekolah yang memberikan ilmu secara tertulis dan konsisten setiap hari. Inilah yang kita perlukan, yaitu konsistensi. Segala sesuatu berawal dari kebiasaan, sehingga tubuh kita dengan sendirinya mampu beradaptasi.

Kata-kata yang keluar dari mulut dan tulisan yang digoreskan oleh pena kita merupakan cerminan dari sistem berpikir kita. Sistem berpikir yang dibangun setiap hari merupakan cerminan tujuan, arah hidup, cita-cita dan gambaran diri kita.. Ini akan menentukan apa yang akan kita lakukan, apa yang kita perjuangkan, pilihan-pilihan dan keputusan, serta apa yang berharga dalam hidup kita....

Jika anda sudah mulai memahami hal ini, mulailah tuliskan impian-impian anda dengan jelas.. pikirkanlah impian tersebut dengan serius dan matang.... Ini akan menentukan pilihan-pilihan hidup anda ke depannya untuk menjadi semakin terarah...


Selain menuliskan impian kita, kita juga perlu mengikrarkan mimpi tersebut, mengikrarkan berarti menceritakan kepada orang lain, menunjukkan impian yang sudah kita tulis kepada orang lain, dan meminta orang lain mendoakan dan mendukung impian kita.

Mengikrarkan sebuah impian, bukan berarti membual atau mengucapkan mantra. Ini lebih merupakan ujian pertama bagi keyakinan kita untuk mewujudkan impian tersebut. Jika kita tidak memiliki keyakinan atas impian tersebut, maka besar kemungkinan kita tidak berani melangkah ke anak tangga berikutnya menuju anak tangga terakhir untuk meraih impian tersebut.

Mengikrarkan juga bisa diibaratkan membuat sebuah jaringan / networking. Dengan memberitahukan impian tersebut kepada orang lain dan tidak hanya menyimpannya, maka siapa tahu ada orang yang akan membantu mewujudkan impian kita.. Mulailah ceritakan impian tersebut kepada keluarga, teman, dan rekan-rekan anda.. tidak ada yang bisa menduga kemungkinan-kemungkinan berikutnya yang akan terjadi...

Jangan takut untuk memberitahukan impian anda kepada orang lain karena takut gagal, atau mendapat cemoohan. Justru hal ini akan membuat anda kepalang tanggung dan terlecut untuk meraih impian tersebut. Dan ingat!! tidak setiap orang akan mencemooh anda... siapa tahu justru akan ada orang yang menolong anda mewujudkan impian tersebut karena melihat keyakinan dan kesungguhan anda...

Peluang ini tidak akan pernah didapatkan jika kita menyimpan impian-impian kita untuk diri kita sendiri.

Seringkali untuk mencapai impian tersebut tidak hanya ditentukan oleh skill/ kemampuan yang kita miliki, ada banyak faktor lain yang menjadi kunci kesuksesan dalam meraih impian kita, seperti ketekunan, jaringan dan relasi, dan dukungan doa (Tuhan).

Ciptakanlah jaringan sebanyak-banyaknya, tidak pandang bulu apakah orang kaya atau orang miskin, karena setiap orang memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri.

Anda juga bisa share impian anda di komunitas PeopleHOPE ini, bergabunglah dengan teman-teman anda yang sudah berani menuliskan dan men-share-kan impian-impian mereka..

Go for it NOW!! 50.000 IMPIAN yang akan menjadi KENYATAAN

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
4
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Serba-Serbi

Hmmm... menuliskan impian..

Sepertinya saya dulu termasuk orang yang suka menuliskan impian saya, namun karena kurang konsisten, maka tidak berjalan sampai hari ini, bahkan saya sudah lupa apa yang dulu pernah saya tuliskan sebagai impian saya..

Sepertinya memang kita perlu menuliskan impian yang ingin kita raih agar kita lebih memiliki arah dan visi yang jelas dalam hidup ini. Saya sampai hari ini memang agak tidak percaya dengan keajaiban menuliskan impian. Namun berkaca dari pengalaman saya saat ini, memang ada benarnya juga. Karena tidak menuliskan impian saya, maka saya cenderung tidak punya sasaran yang ingin dicapai, sehingga hidup seperti hanya mengalir saja, dan hasilnya juga biasa-biasa saja.

Rupanya saya harus mulai membangun kebiasaan ini. Tidak ada kata terlambat...!!

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

3
7 Posts
37 Points
Sylvia Hana posted this in Serba-Serbi

Kadang kita memang perlu menuliskan impian kita secara spesifik. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepada kita sebuah gambaran mengenai masa depan kita. Memang sebenarnya agak lucu jika kita dalam hidup ini tidak punya sasaran yang jelas akan kemana hidup kita kelak.. jika hanya menjalani hidup saja maka itu pasti sangat membosankan.. apalah artinya hidup cuman sekedar hidup saja.

Nah, kalo kita mau serius dengan impian kita, memang lebih baik jika kita menuliskannya. Memang kemungkinan impian yang kita tuliskan itu tidak tercapai dalam waktu singkat. Namun percayalah bahwa jika kita menuliskannya, kita akan lebih ingat dan lebih menghidupi impian tersebut. hingga suatu saat tanpa kita sadari kita telah meraih impian tersebut.

Saya sendiri butuh lebih dari 5 tahun untuk bisa mencapai apa yang saya impikan semenjak saya menuliskannya. Jika saya tidak menuliskannya mungkin saya sudah lupa dengan apa impian saya dulu dan bagaimana sekarang saya sudah meraihnya...

Karena itu tetaplah bersabar dalam perjuangan meraih impian. asal ada semangat dan gairah, segala sesuatu adalah mungkin dalam hidup ini..

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: