Mengenali Fitur-Fitur Dasar Facebook

Facebook pada awalnya merupakan sebuah situs pertemanan yang mengusung konsep social network. Sejak tahun 2004 hingga saat ini, facebook telah mengalami transformasi dan beberapa kali pergantian tampilan dan update-update fitur secara berkala. Selain itu saat ini aplikasi Facebook juga dapat diakses dengan menggunakan aplikasi di smartphone dan tablet.

Di satu sisi Facebook terus menerus berusaha untuk memberikan fitur-fitur yang semakin memanjakan penggunanya, namun disisi yang lain, ada beberapa pengguna yang bingung dan sulit untuk beradaptasi dengan tampilan yang selalu diperbaharui. Salah satu fitur yang menjadi perhatian Facebook adalah fitur Privacy dan Security yang memang sangat krusial bagi pengguna, karena banyaknya data dan informasi yang bersifat pribadi.

enter image description here

Sebagai pengguna Facebook, kita harus mengerti beberapa fitur dasar yang bisa kita gunakan di Facebook dan memahami pengaturan-pengaturan dasar yang perlu dilakukan agar informasi dan data-data pribadi kita tidak terumbar begitu saja. Beberapa fitur dasar yang ada di Facebook:


Status Updates

Fitur ini adalah fitur yang paling dasar dan sering digunakan oleh user, yaitu untuk melakukan posting pesan, baik berupa teks, gambar, link, ataupun video. Status update ini nantinya dapat dilihat oleh teman-teman yang ada di Facebook, tergantung pada pengaturan yang digunakan.

Sebaliknya teman-teman yang melihat status Facebook kita bisa memberikan komentar atau 'Like' pada postingan kita tersebut. Update status terbaru akan muncul paling atas di timeline dan juga tercatat pada bagian "Recently Updated" pada daftar teman user tersebut.

Untuk mengetahui fitur ini selengkapnya, silahkan klik link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Update Status


Timeline

Fitur ini merupakan pembaharuan dari Profile dan Wall Facebook yang diberlakukan sejak tanggal 15 Desember 2011. Disinilah semua konten posting user akan diatur dan ditampilkan kepada orang lain, khususnya teman-teman yang ada di Facebook. Di Timeline ini foto, video, dan posting yang ada akan dikategorikan dan diurutkan berdasarkan waktu uploadnya (penayangannya). Sehingga sepintas seperti catatan harian yang mengisahkan perjalanan user tersebut sejak bergabung dengan Facebook.

Konten-konten yang akan ditampilkan di Timeline dapat diatur melalui Timeline Privacy setting, sehingga user dapat menentukan siapa yang berhak untuk melihat profile dan wallnya yang ada di Facebook.

Untuk lebih jelasnya, silahkan mengklik link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Timeline


Friends

enter image description here

Fitur ini digunakan oleh facebookers untuk mencari dan mendapatkan teman, yaitu dengan cara mengetikkan kata pencarian (baik nama orang, group, berdasarkan lokasi, nama sekolah, dsb), kemudian mengirimkan permintaan untuk menjadi teman (sent friend request). Kedua facebookers dapat menjadi teman jika pihak yang mendapatkan request menyetujuinya (accept friend request). User dapat menolak permintaan tersebut atau menyembunyikannya dengan menggunakan tombol "Not Now".

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silahkan klik link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Friends


Like

Fitur ini dibuat oleh Facebook sebagai sebuah mekanisme atau cara untuk menyampaikan pesan "positif feedback" dan menghubungkan hal-hal apa saja yang diminati oleh facebookers tersebut. User dapat memberikan feedback "like" ini pada update status teman, komentar teman, foto-foto yang dipublish, atau link yang dikirimkan oleh teman, halaman fanpage di Facebook, serta iklan-iklan yang dimunculkan di Facebook. Cukup dengan menekan tombol "like" yang ada dibawah konten tersebut.

Selain itu fitur "like" ini juga sudah tersedia di berbagai website diluar Facebook, dimana user dapat memberikan "like" untuk konten-konten website tersebut dan hal ini akan diposting sebagai aktifitas dan minat user tersebut ke Facebook.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur "like" ini?? silahkan membaca lebih lanjut di link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Like


Message and Inbox

Fitur ini digunakan untuk mengirimkan pesan kepada user lain secara privat (private message). User dapat mengirimkan pesan kepada banyak teman sekaligus. Namun pesan ini tersimpan di kedua belah pihak, yaitu pengirim dan penerima. Jika pesan ini dihapus oleh salah satu pihak, maka pesan tersebut masih ada dipihak yang lain.

enter image description here

Sejak akhir tahun 2010, Facebook telah meluncurkan penyempurnaan fitur ini yang disebut dengan layanan "Facebook Messages". Setiap facebookers diberikan semacam alamat email dengan @facebook.com, namun bukanlah sekedar email saja, namun merupakan penggabungan antara SMS (text messaging), pesan chat (instant messaging), email, dan pesan privat (private message). Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai "Gmail killer".

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai fitur ini, silahkan melihat penjelasannya melalui link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Facebook Messages


Privacy and Security

Setelah banyaknya kasus dan kejadian yang membuat banyak account facebook yang dibajak, maka Facebook banyak memberikan perhatian khusus kepada sektor ini. Sejak 12 Mei 2011, Facebook telah meluncurkan fitur keamanan dan privasi baru yang dirancang untuk memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi para Facebookers dari serangan Malware maupun pembajakan akun facebooknya.

Facebook telah menerapkan mekanisme autentikasi dengan menggunakan 2 lapisan "login approval", dimana jika fitur ini diaktifkan, user harus memasukkan kode yang dikirimkan lewat SMS ke handphone pemilik account pada saat user melakukan log in dari perangkat baru atau perangkat yang tidak dikenali.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur keamanan dan privasi Facebook, silahkan membacanya pada link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Privacy and Security


News Feeds

News feed pada dasarnya merupakan tempat dimana aktivitas user dan teman-temannya akan tertampil secara berkala. News feed memberikan highlight informasi seperti penggantian profile, event-event yang akan datang (misalnya ulang tahun teman), update status, dan update info lainnya (seperti percakapan antar wall dengan teman).

Karena banyaknya informasi yang muncul di News Feed, yang seringkali tidak terorganisir dengan baik, sehingga kesannya justru banyak informasi yang tidak diinginkan oleh user, dan beberapa berpendapat bahwa informasi tersebut dapat memudahkan orang lain untuk melakukan pelacakan aktivitas facebookers, seperti status hubungan, kejadian, dan percakapan dengan user lain, sehingga privasi user menjadi terganggu dan terlalu terekspos.

Untuk itu banyak update yang dikerjakan Facebook untuk bagian ini. Meski sudah diupdate pada saat Facebook mengubah layout secara keseluruhan di tahun 2010, namun pada tanggal 7 Maret 2012 Facebook telah meluncurkan desain terbaru dari News Feed yang dikatakan sangat berbeda dari sebelumnya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai fitur ini, silahkan klik link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: News Feeds


Notofication

Fitur ini merupakan semacam fitur yang memberikan informasi berupa tanda pemberitahuan yang muncul pada bagian toolbar atas, biasanya berupa pop-up berwarna merah. Notifikasi ini bisa berupa pemberitahuan adanya request friend (ajakan untuk menjadi teman dari user lain), pesan yang masuk ke inbox, atau pesan yang dibagikan di wall teman, ada komentar baru pada gambar user tersebut, atau gambar dimana user tersebut pernah memberikan komentar.


Graph Search

Fitur ini masih dalam versi beta (belum final), dimana melalui fitur ini user dapat melakukan pencarian seperti di google. Namun pencarian ini tidak seperti mesin pencari pada umumnya yang hanya memberikan daftar website yang relevan dengan kata pencarian. Dengan banyaknya informasi yang ada di dalam percakapan antar user di Facebook dan jejaring koneksi yang luas, memungkinkan user untuk mendapatkan jawaban yang lebih natural mengenai sesuatu pertanyaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut fitur pencarian di facebook ini, simak penjelasannya melalui link berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Graph Search


Networks, groups, and pages

Selain ditujukan untuk pengguna secara personal (pribadi), Facebook juga terbuka bagi kelompok, organisasi, lembaga, atau perusahaan untuk bergabung dalam jejaring sosial ini. Hal ini hampir sama dengan membuat sebuah blog di Facebook dan menjadi administratornya. Banyak perusahaan atau publik figur yang menggunakan fitur ini dengan membuat halaman khusus yang disebut 'fanpage'. Bahkan fitur ini pernah menjadi salah satu faktor kesuksesan kampanye Presiden Amerika Barrack Obama di tahun 2008 yang lalu.

Ingin mengetahui lebih lanjut fitur ini, silahkan melihat penjelasan selengkapnya berikut ini:

Fitur-Fitur Dasar Facebook: Network, Groups, Pages


Last edited 12 May 2014