Entrepreneur Sukses Hanya 10% saja?

3
376 Posts
557 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Diantara begitu banyaknya kisah sukses para entrepreneur dunia dan juga yang berasal dari Indonesia, kita juga harus mengetahui fakta dan statistik yang sebenarnya dalam dunia bisnis.

Penelitian menunjukkan bahwa sedikitnya 40% dari seluruh bisnis, tidak dapat berkembang alias bangkrut pada tahun pertama berdirinya. Fakta lainnya menunjukkan angka yang lebih mengejutkan, yaitu sekitar 80% bisnis hanya mampu bertahan paling lama 5 tahun, setelah itu gulung tikar. dan sisanya yang 20% berhasil lolos dari seleksi tersebut pada akhirnya 80%nya akan bangkrut sebelum tahun ke-10. Dengan kata lain, hanya 10% bisnis yang mampu bertahan melewati tahun ke-10 dan terus berkembang hingga menjadi bisnis yang menguntungkan. Dalam proses perjalanan tersebut tidak sedikit entrepreneur yang jatuh bangun dan mengalami kegagalan sebelum akhirnya usahanya sukses dan berkembang.

enter image description here

Jika memang peluangnya sangat kecil, maka bukankah lebih baik jika menjadi seorang karyawan saja, yang jauh lebih aman?

Nampaknya pemikiran ini tidaklah tepat sepenuhnya. Rasa aman yang anda rasakan sebagai seorang karyawan sebenarnya merupakan rasa aman yang palsu. Mengapa demikian? karena rasa aman yang anda rasa itu bergantung pada tangan orang lain, anda tidak mampu mengendalikan nasib anda sendiri, sehingga rasa aman tersebut ternyata hanya khayalan semata. Anda juga bekerja pada sebuah perusahaan yang menjalankan bisnisnya yang juga belum tentu sudah melewati masa 10 tahun yang aman atau bisa bertahan mengatasi kompetisi yang lebih ketat ke depannya.

Kalaupun anda beruntung dan bisa bekerja di perusahaan multinasional atau pemerintah, dan memiliki jenjang karier yang bagus dan diberikan jaminan pada saat anda pensiun nantinya dengan uang pensiun yang cukup besar, apakah bisa memberikan rasa aman itu? Dewasa ini persaingan yang sangat tinggi harus dihadapi oleh setiap lembaga, kompetisi juga akhirnya berdampak pada posisi anda di perusahaan tersebut.

Bagi sebagian besar perusahaan, nilai anda akan menurun (terdepresiasi) seiring dengan bertambahnya usia anda, karena tingkat produktifitas anda akan semakin menurun. Hingga pada usia sekitar 40 tahun, maka posisi anda semakin terancam, mengapa? Karena seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk bersaing dan mengurangi biaya (cost), maka mereka akan mulai berpikir untuk menggantikan karyawan senior yang semakin tidak produktif tapi bergaji tinggi, dengan orang lain yang bergaji lebih rendah namun masih dalam usia produktifnya.

enter image description here

Jadi bisa dikatakan rasa aman yang anda rasakan ketika bekerja kepada orang lain itu bukan rasa aman yang sejati, nasib anda dan rasa aman tersebut sepenuhnya berada dalam kendali dan kuasa orang lain.

Sebaliknya jika anda memiliki usaha sendiri atau menjadi seorang reseller, maka nasib anda ditentukan oleh tangan anda sendiri. Bukankah itu lebih aman dibandingkan menyerahkan kendali ditangan orang lain?

Kalau begitu apakah Anda berani untuk mencoba memulai usaha sendiri? Memang ada resiko yang lebih besar, namun jika kita mengetahui faktor-faktor kesuksesan para entrepreneur maka kita berada di posisi 10% bisnis yang mampu bertahan lama.

Semuanya itu mungkin untuk dicapai asal Anda tahu caranya !!

Bukan masalah kecerdasan atau kepandaian secara intelektual, ataupun karena faktor keberuntungan atau bakat berbisnis. Banyak dari mereka yang gagal dalam berbisnis karena mereka terus menerus berbuat kesalahan yang seharusnya tidak mereka perbuat. Mereka tidak mengetahui dan tidak memiliki keterampilan dan pola pikir seorang entrepreneur yang benar.

Justru inilah yang menjadi kunci sukses seorang entrepreneur. Keterampilan tersebut bisa dipelajari dan dikembangkan oleh siapapun juga yang ingin menjadi seorang entrepreneur sukses. Anda membutuhkan sebuah panduan lengkap bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang sukses agar bisa melihat gambaran secara utuh dan menyeluruh.

Last edited 09 July 2017


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
3
7 Posts
45 Points
kasandra posted this in Entrepreneurship

Tantangan terbesar bagi seorang entrepreneur menurut saya adalah pada kemampuannya untuk memiliki visi dan konsep bisnis yang bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada, dan merealisasikan konsep tersebut dengan sumber daya dan waktu yang cukup lama. Biasanya para entrepreneur akan sangat bersemangat dengan ide dan konsep bisnis di awal perencanaan bisnisnya, namun seiring dengan perjalanan waktu, banyaknya kendala, masalah dan halangan bisa membuatnya ragu dengan konsep bisnisnya tersebut.

Ia akan mulai berpikir apakah konsep bisnisnya tersebut bisa diterima oleh konsumen atau customer yang disasar, sementara ia harus berinvestasi modal dan waktu yang tidak sedikit. Hal ini menjadi semacam pertaruhan bagi sang entrepreneur. Dan yang membuat banyak yang tidak mampu bertahan adalah karena tidak kunjung mendapatkan hasil kembalian dari semua yang sudah diinvestasikannya.

Budaya yang serba instan saat ini sangat mempengaruhi pola pikir seseorang yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang seminimal mungkin. Hal ini pada umumnya tidak bisa diadopsi dalam pola pikir seorang entrepreneur sejati. Setidaknya seorang entrepreneur harus memiliki fokus utama pada konsep bisnis dan kualitas produk/jasa yang dihasilkan, serta strategi marketing yang tepat sebelum ia mulai berpikir untuk mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut.

Maka saya juga mulai berpikir bahwa memang benar hanya sedikit saja yang bisa bertahan menjadi seorang entrepreneur.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
7 Posts
37 Points
Sylvia Hana posted this in Entrepreneurship

Kecilnya statistik keberhasilan seorang entrepreneur memang bisa menjadi catatan tersendiri bagi kita yang baru ingin mulai terjun sebagai seorang entrepreneur. Untuk menjadi seorang entrepreneur saja tidak terlalu sulit, asalkan memiliki ide bisnis yang jelas dan kemauan untuk segera mengeksekusi ide tersebut, maka bisnis sudah bisa dimulai dan kita resmi menjadi seorang entrepreneur. Namun untuk bisa bertahan dan menjadi seorang entrepreneur yang sukses, ini lain ceritanya.

Banyak orang yang ingin terjun sebagai seorang entrepreneur karena tergiur dengan potensi penghasilan yang tak terbatas dan bisa menjadi bos bagi usahanya sendiri, tidak perlu disuruh-suruh layaknya seorang pegawai. Namun dibalik sebuah kesempatan yang besar ada resiko yang besar pula...

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: