Mungkin Anda berpikir bahwa diet itu sulit dan tidak menyenangkan. Mengurangi porsi makan atau bahkan ada yang tidak makan sama sekali. Padahal, diet yang benar yaitu dengan mengatur makanan berdasarkan umur dan aktivitas. Bukan porsi makan yang dikurangi, tapi mengganti makanan yang kandungan gizinya lebih dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Jadi Anda harus tetap makan, dan bergembiralah karena sebenarnya diet itu tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda paham kuncinya, maka diet akan terasa menyenangkan dan hasilnya pun akan optimal.

cara diet sehat

Tips Diet Sehat Secara Alami dan Menyenangkan

Memilih melakukan diet dengan cara alami adalah pilihan yang paling tepat. Mengapa harus alami? Karena diet secara alami merupakan cara paling aman tidak akan menimbulkan efek samping serta lebih hemat dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan yang bisa jadi membuat Anda ketergantungan. Berikut akan di jelaskan lebih lanjut tentang tips lengkap diet sehat secara alami yang harus Anda ketahui demi mewujudkan impian Anda memiliki berat badan yang ideal.

  1. Turunkan berat badan secara bertahap

    Diet yang terlalu cepat dalam jangka waktu yang pendek lebih banyak mengurangi massa otot daripada lemak. Hal ini menyebabkan metabolisme terganggu, menjadikan tubuh Anda lemah dalam jangka waktu yang lama dan tentunya ini tidak baik untuk kesehatan. Lakukan diet secara sehat dan bertahap. Meskipun Anda sangat bersemangat dalam menurunkan berat badan, tapi jangan terburu-buru. Melakukan diet sehat itu penting karena sangat berpengaruh untuk kehidupan Anda di masa depan.

  2. Ganti camilan Anda.

    Jika sebelumnya Anda suka ngemil, gantilah camilan snack yang tidak sehat tersebut dengan buah-buahan. Potonglah buah-buahan yang anda sukai dalam potongan kecil lalu jadikan itu sebagai camilan sehari-hari. Namun tidak sembarang buah juga yang bisa Anda jadikan camilan. Buah yang direkomendasikan untuk dijadikan camilan yaitu: pisang, apel, melon, semangka, kiwi, pepaya, dan buah-buahan kering seperti kurma dan kismis.

    cara diet sehat menghindari camilan

  3. Minum yang cukup

    Minumlah 8 gelas air per hari. Karena air akan mempercepat metabolisme dan akan menghindari Anda dari dehidrasi. Jika perlu, bawalah botol air minum kemanapun Anda pergi sebagai upaya mengurangi minuman bersoda atau mengandung banyak gula yang mungkin akan Anda beli ketika haus. Dan saat Anda merasa lapar, cobalah untuk meminum segelas air. Hal ini hanya ingin memastikan apakah Anda benar-benar lapar atau tidak. Sebab salah satu gejala pertama kehausan adalah lapar, jadi orang yang tidak meminum air yang cukup cenderung akan makan lebih banyak.

  4. Dengan Diet Nasi

    Karbohidrat memegang peranan penting dalam tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohirat juga berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa tubuh Anda. Membentuk stuktur sel, jaringan dan organ tubuh. Diet nasi bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Tapi mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya. Seperti: kentang, jagung, beras merah, dan gandum.

  5. Konsumsi makanan berserat

    cara diet sehat dengan makanan berserat

    Makanan untuk diet yang sehat bisa di dapatkan dari beraneka agam makanan yang kaya akan serat. Karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk di cerna dalam lambung. Oleh karena itu, serat menjadi sangat baik sebagai makanan penunda lapar yang sangat efektif. Kadar serum insulin yang tinggi dapat menjadi faktor pemicu timbulnya rasa lapar. Dan fungsi lain serat yaitu dapat memperlambat konsentrasi insulin. Hal itulah yang menjadi sebab serat sangat penting dan dibutuhkan dalam program diet. Yaitu, agar Anda tidak cepat merasa lapar.

  6. Mengatur komposisi makanan

    Dalam menjalankan program diet, sangat penting untuk mengatur komposisi makanan. Misalnya, jika kebutuhan kalori Anda per hari adalah 1.500 kkal, bagi komposisi makan sesuai dengan jadwal makan. Saat sarapan, komposisi kalori 20 persen dari total kebutuhan kalori per hari. Jika kebutuhan kalori per hari adalah 1.500, sarapan membutuhkan 300 kkal. Saat makan siang, komposisi kalori 30 persen atau 450 kkal . Contoh menunya, gado-gado komplit dengan lontong dan telur setengah potong tanpa kerupuk. Lalu, makan malam porsinya 20 persen dengan menu mirip sarapan, namun roti bisa diganti nasi. Tidak apa-apa makan nasi saat makan malam, namun pastikan kalori tetap tidak melebihi komposisinya.

  7. Ijinkan tubuh Anda menyantap makanan nikmat satu kali dalam seminggu.

    Anda mungkin berpikir bahwa diet akan membuat Anda tidak lagi dapat merasakan makan makanan yang enak-enak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal, hal ini justru akan mempersulit Anda. Pikiran Anda akan terus mendesak untuk menikmati makanan tersebut. Dan ketika Anda mengalah untuk mencicipi sedikit saja, maka yang sering terjadi adalah Anda justru tanpa sadar memakan makanan tersebut dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, akan lebih baik jika memberi waktu untuk tubuh Anda dapat bersenang-senang menikmati makanan nikmat satu kali (satu porsi) dalam seminggu. Hanya satu porsi, dan tepatilah janji itu.

  8. Pilih roti whole grain.

    Jika Anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi roti, tidak menjadi masalah jika Anda tetap memakan roti (konsumsi sesuai kebutuhan) , namun pilihlah roti jenis whole grain. Karena roti jenis whole grain memiliki IG yang lebih rendah di bandingkan dengan roti gandum dan roti tawar putih. Selain itu, roti whole grain juga memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi.

  9. Menyikat gigi

    Menyikat gigi ternyata dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Ketika keinginan ngemil muncul, cobalah untuk menyikat gigi. Karena biasanya rasa makanan akan menjadi buruk setelah Anda menyikat gigi. Sangat sederhana namun pantas untuk di coba demi mempermudah serta memperlancar program diet Anda.

  10. Hindari makan makanan yang di goreng

    cara diet sehat menghindari gorengan

    Makanan yang di olah dengan cara di goreng cenderung memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Maka dari itu, pilihlah makanan yang di rebus, di bakar, ataupun di tim. Tidak apa-apa jika sesekali ingin mencicipi makan yang di goreng. Namun ingatlah pada janji Anda, bahwa Anda hanya memiliki satu kesempatan dan satu porsi untuk menikmati makanan yang Anda sukai sekali dalam seminggu.

  11. Memasak makanan Anda sendiri

    Memasak makanan sendiri akan memudahkan Anda dalam mengontrol asupan gula dan kalori pada makanan yang akan Anda santap dibanding dengan makanan siap saji. Bagaimana jika aroma masakan membuat rasa lapar selalu muncul berlebihan? Anda bisa menyantap sepiring salad sebelum memasak. Seperti yang telah di ketahui, salad sangat efektif menunda rasa lapar. Dan ini sangat membantu dalam program diet Anda.

  12. Fokus makan.

    Maksud dari fokus makan adalah Anda tidak melakukan hal lain ketika sedang makan. Makan sambil menonton televisi akan membuat konsentrasi Anda terpecah dan secara tak sadar membuat tubuh lebih gemuk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Brian Wansink dari Cornell Universiti, AS menemukan bahwa kebanyakan orang yang makan sambil menonton televisi cenderung memiliki IMT tinggi. Sedangkan yang makan di ruang makan yang tidak sambil melakukan hal-hal lain, cenderung memiliki IMT yang rendah. Terdengar sepele namun untuk Anda yang menjalankan program diet, hal kecil seperti ini dapat mempengaruhi kesuksesan diet Anda.

  13. Hindari membuat janji di restoran

    Membuat janji untuk bertemu teman Anda di sebuah restoran atau tempat makan, akan memaksa Anda untuk makan dan membuat Anda penasaran untuk mencicipi menu-menu baru atau yang belum pernah Anda cicipi. Pilihlah untuk bertemu di tempat yang tidak akan membuat Anda harus makan. Namun jika yang membuat janji adalah atasan Anda, maka berjanjilah untuk tidak memesan makanan yang tinggi kalori.

  14. Konsumsi susu kedelai

    Untuk Anda yang terbiasa mengkonsumsi susu sapi setiap harinya, cobalah untuk menggantinya dengan susu kedelai. Susu kedelai merupakan alternatif yang lebih baik di bandingkan dengan susu rendah lemak. Kandungan lemak susu kedelai lebih rendah namun nilai gizinya tidak kalah tinggi. Susu kedelai sangat baik untuk Anda yang berdiet. Karena susu kedelai tidak akan membuat Anda gemuk dan tentu saja dengan konsumsi sesuai kebutuhan alias tidak berlebihan.

  15. Catat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda

    Dengan mencatat jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda dalam sehari (termasuk kalori pada makanan kecil yang Anda santap), Anda mungkin akan kaget dengan hasil yang Anda catat. Hal ini diharapkan dapat menjadi pengingat jika suatu waktu Anda tanpa sadar telah mengkonsumsi kalori melebihi kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga Anda bisa memutuskan untuk kembali pada jalan yang benar. Yaitu dengan mengkonsumsi kalori secukupnya, sesuai umur dan aktivitas fisik yang dilakukan. Serta sebagai acuan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh secara bertahap.

  16. Berolah raga secara rutin

    Tidak bisa di pungkiri bahwa olah raga menjadi bagian yang paling penting dan paling efektif dalam membakar lemak. Maka dari itu, berolah raga secara rutin dapat membantu untuk memperlancar program diet yang Anda jalani. Impian Anda mendapatkan tubuh yang ideal akan lebih mudah di gapai. Tidak perlu dengan olah raga yang berat-berat. Cukup lakukan olah raga yang ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, dan aerobic. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu dan akan lebih baik jika Anda menyisihkan setidaknya 30 menit waktu Anda setiap hari untuk berolah raga.

Itulah tips untuk diet sehat dan alami yang dapat segera Anda terapkan. Di sajikan mulai dari hal-hal kecil yang sederhana hingga yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan selalu menunda-nunda waktu Anda untuk melakukan diet. Mantapkanlah niat dan teguhkanlah pendirian Anda untuk menjalankan program diet sehat dan alami. Karena niat serta kesungguhan yang kuat akan membuat Anda displin dalam menjalankan program ini.

Tips tidak akan membuat Anda kurus dan langsing, yang dapat membuat Anda memiliki tubuh yang ideal adalah diri Anda sendiri. Sedangkan tips ada untuk membantu Anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan apa saja yang harus dihindari untuk memperlancar program diet yang Anda jalani.

Last edited 08 July 2015