Cara merawat wajah yang sederhana, efektif, dan tidak ribet atau bertele-tele tentunya menjadi keinginan para remaja dan muda-mudi masa kini. Bagi anda remaja muda, hanya butuh waktu 20 menit untuk membaca artikel ini dan kemudian putuskan apakah anda bisa melakukannya. Demi mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda, tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang sia-sia dan membuang waktu anda. Perawatan wajah mengambil peran yang sangat besar dalam mencegah jerawat muncul di wajah anda, karenanya mulailah dari hal yang paling sederhana ini sebagai cara merawat wajah secara alami.

Berbicara mengenai penampilan, tentu setiap orang ingin tampil prima, kecuali mereka tidak mengerti keindahan tentu berbeda. Pada umumnya mereka ingin tampil percaya diri dihadapan teman pergaulan, agar tidak minder atau rendah diri. Salah satu momok yang yang paling ditakuti adalah jerawat. Mereka perlu mengetahui bagaimana cara merawat kulit wajah mereka agar bisa terhindar dari masalah jerawat. Perawatan wajah alami harus menjadi prioritasnya, karena cara ini paling aman dan tidak memiliki dampak buruk untuk jangka panjang.


cara merawat wajah

Ya, jerawat selain membawa penderitaan karena sakit rasanya, bekas jerawat seringkali menimbulkan noda pada wajah yang perlu waktu yang cukup lama untuk memulihkannya. Bekas jerawat inilah yang seringkali merusak penampilan. Bayangkan misalnya ada bekas jerawat di bawah kelopak mata yang disebut black-spot, hal ini tentu merusak keindahan wajah. Cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat merupakan dua hal yang seringkali memusingkan para remaja yang bermasalah dengan jerawat. Butuh kesabaran dan ketekunan ekstra untuk melakukan semuanya itu. Sebelum semuanya itu terjadi maka kita perlu mengetahui bagaimana cara mencegah jerawat muncul sehingga bisa meminimalkan masalah jerawat tersebut.

Masa remaja adalah masa yang paling indah. Bantuan orang tua yang sangat menyayangi remaja kesayangannya memberikan rasa nyaman, dan benar-benar bisa membuat para remaja menjadi enjoy. Lain remaja, lain pula anak muda paruh baya, biasanya mulai tumbuh gejolak emosional yang tinggi sehingga timbul perubahan bentuk secara fisik dan psikis yang disebabkan oleh pengaruh hormonal. Salah satu hal yang diperlukan oleh para remaja adalah pengakuan, baik itu pengakuan orang tua atas prestasi mereka, juga pengakuan teman-teman atas penampilan mereka.

Hal paling utama adalah jagalah penampilan sebaik mungkin, meskipun ada harga yang harus dibayar buat memperoleh hal itu. Harga untuk perawatan jerawat secara alami relatif lebih murah dibandingkan dengan melakukan perawatan wajah di salon kecantikan. Perawatan wajah seharusnya bisa dilakukan sendiri di rumah, meski sederhana dan murah namun anda juga bisa memperoleh hasil yang maksimal, tidak kalah dengan perawatan di salon kecantikan. Meskipun murah dan sederhana kalau hasilnya tidak memuaskan tentu tidak banyak membawa manfaat bagi anda. Temukan rahasianya, pelajari secara logika, lalu lakukan proses perawatan wajah dengan sabar dan penuh keyakinan.

Ada rahasia besar yang wajib anda ketahui untuk perawatan wajah dengan baik:

  1. Faktor Internal.

    Sebenarnya perawatan wajah tidaklah sulit untuk dilakukan oleh setiap orang kalau dia memahami faktor hormonal maupun faktor psikis yang anda miliki. Orang yang paling memahami faktor-faktor tersebut adalah diri anda sendiri. Orang lain bisa melihat sekilas mengenai faktor hormonal dan faktor psikis anda namun hanya sifatnya meraba-raba saja.

    Yang mengerti lebih banyak mengenai hal itu adalah Anda, jadi anda harus jujur untuk memberikan jawaban atas persoalan tersebut.

    a. Faktor hormonal

    Faktor ini lebih bersifat individu, tiap orang mengalami masa pertumbuhan hormonal yang berbeda. Tergantung pada pola makan seseorang, khususnya hormon pada pria yang disebut hormon testosteron. Hormon testosteron ini sangat mempengaruhi kondisi kulit seorang pria, apalagi bila diikuti adanya pola makan yang spesifik misalnya, suka makan daging kambing, atau makan daging srigala. Daging tersebut sangat memicu tingkat kenaikan libido dan memanaskan hormon yang ada dalam tubuh. Karenanya anda perlu menghetahui makanan penyebab jerawat yang perlu dihindari dan dibatasi konsumsinya sehingga jerawat tidak muncul kembali.

    Cara merawat kulit wajah untuk mencegah jerawat

    Bagi orang tersebut yang menyukai konsumsi daging "panas", kadang timbul hasrat seksualitas yang tinggi, bila tidak disalurkan lewat olahraga yang memadai maka akan menimbulkan jerawat. Faktor ini harus disikapi dengan wajar tanpa kegalauan. Minumlah jeruk nipis panas dengan madu, sesering mungkin. Bila perlu bawalah bekal botol berisi perasan jeruk nipis dan madu. Setiap kali haus minumlah seteguk saja, dan lakukan ulang berulang agar hormon dalam tubuh kembali normal. Jeruk nipis merupakan salah satu makanan penghilang jerawat yang sangat dianjurkan untuk perawatan wajah secara alami. Sementara ini kurangi makan daging kambing atau sapi, kalaupun pingin ambil sedikit saja.

    Gantilah dengan daging ikan atau ayam produksi tradisional yang dikenal sebagai ayam kampung. Makanlah sementara dengan beras merah agar lebih sehat, beras merah mengandung serat tinggi dengan kadar gula rendah. Makanlah secukupnya, tambahkan sayur hijau agar menstabilkan hormon tubuh anda.

    Bagi remaja dan pemudi, masa periode atau haid atau menstruasi sering diikuti hormon yang tekanannya lagi tinggi. Tidak jarang ada pemudi yang suka uring-uringan, bad mood, bete, segala hal yang ada di depan seakan tidak pas dilihatnya. Tak heran bila banyak orang jadi korban ketidak-puasan anda.

    Ya, sebenarnya teman atau pria pasangan anda harus memahami keadaan yang sebenarnya, dengan jujur anda katakan aku lagi bad-mood. Cara yang bijaksana adalah anda harus bisa mengendalikan diri dengan lebih baik, minumlah Primrose herbal. Primrose ini ampuh untuk meredakan sakit pinggul anda ketika datang haid, sehingga anda merasa nyaman dan tidak uring-uringan lagi. Ada suami yang selalu keluar kota dengan alasan kerja bisnis, gara-gara menghindari istri yang gemar marah saat mengalami menstruasi.

    Ya, faktor hormonal ini sangat dominan sebagai penyebab timbulnya jerawat baik pada remaja maupun muda-mudi. Carilah pengalaman bagaimana anda mengatasi masalah yang berkenaan dengan faktor hormonal anda, sehingga anda bisa berbagi testimoni dengan orang lain kelak kalau telah melewati masa sulit ini.

    b. Faktor psikis.

    Faktor psikis ini lebih banyak terletak pada salah memprediksi sebuah harapan. Semua orang tentu menginginkan harapan atau cita-citanya berjalan sesuai rencana. Bilamana berhasil maka ada rasa bangga dan senang yang luar biasa. Hal ini akan membuat wajah berseri-seri dan ceria, karena usahanya ternyata berhasil. Ini akan membawa dampak psikis bagi orang tersebut menjadi semakin percaya diri. Sebaliknya bagi yang harapannya tidak tercapai maka ada beban psikis yang menyesakkan jiwanya.

    Ada perasaan seolah-olah dia gagal, kalah, tidak beruntung, bodoh, tidak mampu bekerja dengan baik. Ketidakpuasan seperti inilah yang sering menjadikan seseorang tertekan, sehingga tidak jarang mereka terpuruk, stress, dan tidak tahu harus berbuat apa lagi. Kondisi yang labil seperti ini acapkali memicu hormon tertentu jadi tinggi, akhirnya tumbuhlah jerawat di wajah. Karena itu cara menghilangkan jerawat dengan menghindari stress berlebih terbukti cukup ampuh membantu anda mengatasi masalah jerawat yang bukan disebabkan oleh faktor makanan dan kebersihan.

    Faktor psikis ini sangatlah dominan menguasai seseorang yang tidak bisa menerima kegagalan. Cara bijaksana untuk menyikapi faktor psikis adalah anda harus yakin setiap masalah betapapun beratnya, pasti ada jalan keluarnya. Mulailah bangkit dari kegagalan hari ini, tataplah sukses di depan. Ternyata setelah dijalani dengan kesabaran maka hasilnya jauh lebih baik.

    Rahasia perawatan yang baik adalah, jaga faktor psikis anda dengan satu keyakinan bahwa tak ada jalan yang tak bisa dilalui selama masih ada hari ini. Anggaplah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, jadi tetaplah berharap dan berharap, jangan putus asa atau berhenti sebelum berhasil. Dalam kondisi psikis seperti ini, banyaklah berdoa, minumlah jeruk nipis yang dicampur madu, agar tidak jatuh sakit. Jeruk nipis menjaga stamina tubuh jadi kuat dan tidak mudah terserang bakteri, sekaligus merawat wajah agar tetap bugar dan tidak berjerawat.

  2. Faktor External

    Perawatan wajah dengan baik banyak ditentukan oleh adanya faktor yang datangnya dari luar daripada tubuh anda. Mulai dari kebiasaan yang kurang baik, misalnya merokok atau minum alkohol atau bergaul dengan teman hingga begadang sampai ufuk pagi.

    Faktor external ini bisa diuraikan sebagai berikut:

    a. Faktor kepribadian individu.

    Faktor ini lebih menyangkut interaksi antara kepribadian seseorang yang salah arah, lalu digoda oleh kenikmatan dunia seperti rokok, alkohol, dunia gemerlapan, extacy, pergaulan bebas. Korelasi faktor kepribadian individu dengan perawatan jerawat adalah dikarenakan dampak yang terjadi akibat godaan dari luar itu.

    Kepribadian yang labil begitu bertemu dengan orang yang mengajak ke tempat dugem, dunia gemerlapan maka pastilah senang, lambat laun jadi ketagihan. Ketagihan untuk begadang hingga larut malam membuat ketahanan tubuh rentan sakit. Dan asap rokok yang ada membuat kulit jadi kering dan bakteri melekat pada kulit wajah akibat banyaknya orang yang berkumpul di tempat itu. Sungguh faktor inilah yang membuat seseorang yang tadinya kulitnya segar dan cerah, lama kelamaan wajahnya jadi kusut karena kurang tidur.

    Udara yang kotor karena adanya polutan baik itu dari asap rokok maupun udara yang tercemar air conditioning yang menghembuskan banyak bakteri ke ruangan. Bakteri dan kotoran ini kemudian menempel pada kulit wajah, lalu menutup pori-pori sehingga akhirnya menggumpal karena bercampur dengan lemak tubuh. Lemak yang menggumpal menjadi benjolan yang lama-kelamaan jadi meradang dan tumbuhlah jerawat di kulit.

    cara membersihkan wajah

    Begitu pula dengan alkohol, minuman yang mengandung alkohol banyak menyebabkan seseorang tidak seimbang hormon tubuhnya. Hormon tubuh yang kacau sering menyebabkan anda jadi uring-uringan tanpa sebab. Dan hormon yang tidak terkontrol akibat keracunan alkohol mengakibatkan kulit timbul alergi berupa bintik-bintik merah. Rasa gatal pada bintik-bintik merah inilah yang menyebabkan seseorang tergoda untuk menggaruknya sehingga terjadi lecet.

    Tangan yang kotor mengandung bakteri, sehingga menyebabkan infeksi terjadi. Akhirnya tumbuhlah jerawat abses, merah meradang dengan nanah. Lain lagi dengan orang yang mengkonsumsi ecstacy, bahan ini menyebabkan seseorang merasakan adanya dunia yang melayang-layang. Nampaknya semua masalah hilang lenyap tanpa ada bekas sama sekali, yang ada hanya senang.

    Tipuan inilah yang sering membuat seseorang minum pil koplo ini, syaraf yang ada dalam tubuh anda dibuat mengendur. Otot yang mengendur tersebut menjadikan anda seperti rileks dan tidak tegang. Padahal obat ini menjadi racun dalam tubuh, karena ecstacy mengandung steroid. Steroid ini menyebabkan pori-pori kulit membesar dan kasar, jerawat yang sudah ada semakin menjadi parah.

    b. Faktor kebersihan.

    Faktor ini sangat mempengaruhi jerawat, karena bakteri atau kuman yang menginfeksi pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, debu, atau minyak merupakan penyebab munculnya jerawat. Ya, tangan sering jadi tumpuan bakteri yang berpindahnya ketika menggaruk wajah hingga terjadi infeksi. Garukan tangan yang mengandung bakteri sering menambah korban orang yang terkena jerawat. Cara membersihkan wajah menjadi hal yang utama dan pertama yang bisa kita lakukan untuk menghindari jerawat muncul di wajah kita.

    Selain itu, kebersihan handuk, sarung bantal, juga selimut harus mendapat perhatian yang lebih banyak dari kita. Acapkali anda kurang mempedulikan handuk yang dipakai selama lebih dari 4 hari, maka tumbuhlah bakteri dengan subur di handuk tersebut, lalu berpindah ke wajah. Kecenderungan yang besar pemilik handuk tersebut pasti akan merakan gatal di wajah lalu diusap, terjadi iritasi lalu bakteri berkembang biak di wajah. Itulah awal terbentuknya jerawat.

    Begitu pula rambut yang jarang keramas, kotoran yang mengandung bakteri banyak yang turun ke bawah ketika anda berkeringat. Sehingga tak jarang anda merasa ada sesuatu hewan kecil yang bergerak-gerak di wajah anda, lalu anda garuk karena terasa gatal. Maka jangan heran anda ditumbuhi jerawat karena kebersihan yang tidak dijaga dengan baik.

    c. Faktor asupan makanan sehari-hari.

    Menjaga pola makan yang sehat memiliki dampak yang sangat penting, yaitu menjaga agar tidak merangsang tumbuhnya jerawat di wajah anda. Konsumsi air putih sudah dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan organ dalam tubuh manusia. Sangat membantu tubuh untuk proses metabolism, air putih juga bermanfaat baik untuk proses regenerasi sel kulit kita sehingga tentunya juga baik untuk membersihkan kotoran yang tertempel pada wajah kita. Menjaga pola makan juga memegang peranan penting dalam serangkaian usaha untuk menghilangkan jerawat hingga tuntas.

    Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, yaitu buah-buahan dan sayuran yang berserat tingggi bisa menjauhkan anda dari lemak jahat atau dapat membantu sistem kerja tubuh untuk mengeluarkan lemak jahat. Hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak, dengan menjauhi makanan yang banyak mengandung lipid, contohnya adalah: susu coklat, creamer, yoghurt, kacang goreng, kerupuk, pisang goreng, kacang mete. Penelitian membuktikan bahwa makanan tersebut diatas meningkatkan.

    Nah jika anda mengkosnsumsi makan yang banyak mengandung lemak jahat diatas, hal ini bisa mengakibatkan proses produksi minyak dalam tubuh semakin meningkat pula. Dengan meningkatnya prosuksi minyak hal ini juga dapat memicu penyumbatan pori-pori dan alhasil jerawatpun akan mudah tumbuh. Dengan kata lain, makanan yang terlalu pedas, mengandung lemak yang jahat, juga kandungan pengawet kimia yang ada didalamnya, banyak kali memicu jerawat tumbuh di wajah kita.

    perawatan wajah

    Minuman yang mengandung gula berlebih, pemanis buatan, menjadi penyebab diabetes. Penderita diabetes sangat berbahaya, sebab bila ada luka sekecil apapun akan sulit kering, sehingga mudah di hinggapi bakteri dari sekitar kita. Luka yang kecil ini lalu meradang, bernanah, jadilah jerawat yang serius di wajah. Jangan remehkan asupan yang masuk kedalam tubuh kita, makanlah yang sehat, aman dan tidak berbahaya bagi tubuh anda. Lebih baik mencegah datangnya jerawat daripada mengobati setelah kena jerawat.

Tips perawatan jerawat buat remaja, muda-mudi agar jerawat cepat hilang, adalah sebagai berikut:

  1. Basuh wajah dengan sabun pembersih yang lembut.

    Wajah yang bersih selalu diawali dengan kedisiplinan seseorang untuk melakukan perawatan wajah untuk mencegah jerawat. Udara diluar rumah sangat banyak bertebaran debu yang banyak bakterinya, jadi perlu dijaga agar tidak menempel di kulit wajah anda. Jerawat yang menyerang kawula muda sangatlah khusus dalam menjalani perawatan sehari-hari.

    Tidak boleh menggunakan sabun sembarangan, gunakan sabun yang lembut tanpa pemutih kulit, pakailah yang mengandung gliserin atau yang hipoalergik untuk mendapatkan hasil yang baik bagi wajah. Wajah yang menawan hati, selalu berangkat dari perawatan yang teratur setiap hari.

  2. Jagalah kebersihan diri anda.

    Kebersihan dimulai dari apa yang kita pakai, harus bersih dan tidak bau. Hal yang bersentuhan dengan wajah, misalnya handuk, seprei, sarung bantal atau guling, sapu tangan, lap tangan haruslah diperhatikan kebersihannya. Tanpa disadari anda, justru dari kebersihan inilah yang menghindarkan anda dari jerawat selama ini. Mulailah dari perawatan kulit wajah anda secara teratur sehingga anda bisa meminimalkan resiko munculnya jerawat.

  3. Obati jerawat dengan asupan makanan yang sehat.

    Makanan dan minuman yang sehat, adalah yang mengandung serat tinggi, protein nabati, vitamin A, B, C dan antioksidan tinggi. Makanan yang harus dihindari daging sapi lemak tinggi, kambing, babi, anjing, ular, karena banyak berkembang bakteri dari hewan tersebut.

    Bahan makanan yang pedas, santan, minyak goreng ulang, bumbu instant, vetsin, sebaiknya dihindari karena akan memicu hormon tubuh tidak normal. Hormon yang tidak normal cenderung berdampak pada bintik-bintik merah diwajah yang lambat-laun jadi jerawat kalau terjadi iritasi.

    Jika diperlukan, anda juga bisa menggunakan berbagai obat jerawat alami, untuk membantu memulihkan dan menyembuhkan jerawat tersebut.

  4. Rehat yang cukup.

    Sebaik apapun pola makan minum anda, semua akan sia-sia bila tidak diikuti dengan waktu rehat yang memadai. Tidurlah dengan kualitas yang baik, benar-benar lepaskan semua beban, matikan televisi waktu tidur, serahkan semua kekhawatiran hidup pada sang Pencipta Alam Semesta. Tidur yang berkualitas akan menjadikan kulit segar dan muda. Usahakan senyum sebelum tidur, meskipun banyak masalah tetaplah senyum karena baik untuk regenerasi sel kulit, juga elastisitas kulit jadi lebih lentur dan kencang.

Cara merawat wajah secara optimal sudah secara panjang lebar dijelaskan pada uraian langkah tersebut diatas. Lakukan semua step dengan baik, karena semua yang ditulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman banyak orang yang berhasil melewati masa sulitnya di masa remaja dan muda-mudi. Pengetahuan yang baik akan membawa anda lebih berhasil dalam menghadapi apapun juga dalam hidup ini.

Termasuk wajah anda akan jadi cerah tanpa noda jerawat yang berarti. Ini semua harus dilakukan dengan kesadaran tinggi, tanpa terpaksa, dan biasakan diri untuk tetap tersenyum. Senyuman anda sangat baik untuk kulit wajah agar tetap muda dan cerah, buktikan selama 16 hari, kalau ada hasilnya selalu tersenyum yang wajar.

Last edited 26 June 2016