Hal apa saja makanan yang harus dihindari agar program menurunkan berat badan anda sukses dan membuahkan hasil?

Makanan dan minuman saat sekarang ini sangat beragam, enak, mudah didapat dimanapun. Ini merupakan godaan yang sangat luar biasa bagi kaum muda-mudi untuk diet makan khusus. Betapa tidak, mau kemanapun kaki melangkah selalu ada saja makanan yang di pajang di toko atau resto yang berjajar menunjukkan foto menu andalannya di depan restonya. Hanya tekad yang kuat sanggup menepis godaan tersebut untuk tidak mencicipinya.

Cara Menurunkan Berat Badan

Pengalaman menyatakan bahwa untuk melakukan progam penurunan berat badan yang sukses, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Tekad yang kuat.

    Dengan tekad kuat merupakan modal utama untuk berhasil melakukan diet penurunan berat badan. Meskipun tahu cara melakukan program diet namun tidak diimbangi dengan tekad untuk mengikuti hingga akhir maka jadi sia-sialah usaha yang dilakukan selama ini.

  2. Ada makanan dan minuman yang harus dihindari.

    Makanan yang khusus harus dihindari adalah :

    • Jenis daging merah, misalkan daging sapi, babi, anjing, mengandung lemak jenuh yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh manusia.

    • Makanan yang mengandung gula, misalkan donat, manisan buah, roti coklat , permen nougat, permen bonbon, hal ini membuat tubuh jadi lemah, karena gula menyerap vitamin dalam tubuh. Kekurangan vitamin bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan orang, khusus bagi mereka yang mau melakukan program diet.

    • Makanan yang mengandung tinggi kalori, misalkan junk food, dark coklat, white coklat, keju, akan menggagalkan program diet anda.

    • Makanan yang di goreng, minyak goreng apalagi yang di pakai berulang-ulang kurang baik untuk dikonsumsi. Minyak yang telah dipakai lalu di diamkan, sebaiknya tidak boleh dipanaskan lagi karena menjadi minyak jenuh. Minyak jenuh inilah penyebab kolesterol jahat dalam tubuh.

    Minuman yang dihindari adalah,

    • Minuman yang mengandung gula tinggi, misalkan soft drink, susu kental manis, jus kemasan dalam botol atau kaleng. Segar di mulut namun kalori dari minuman tersebut menggagalkan program diet anda.

    • Minuman yang mengandung alkohol, minuman ini menyebabkan tubuh jadi gemuk. Adapun minuman beralkohol yang menggagalkan program diet anda adalah, Bir putih atau bir orange, kalori per botol berkisar 150 kalori dan karbohidrat 8 gram. Arak anggur juga mengandung alkohol per sloki ada 80 kalori, atau arak Sampanye mengandung 95 kalori per sloki. Begitu pula Arak Vodka yang mengandung 65 kalori per sloki, serta Cocktail yang ber alkohol mengandung 75 kalori per mangkuk kecil.

    • Minuman sachet yang manis, sangat bertentangan program diet anda.

  3. Jaga tingkat emosional anda.

    Banyak orang tidak menyadari bahwa ada korelasi atau hubungan yang erat antara orang yang mudah stress dengan menggemuknya tubuh orang rersebut. Orang yang tingkat emosionalnya tinggi seringkali lebih mudah terserang stress, dibanding mereka yang kondisi emosionalnya lebih teduh. Stress akan memicu hormon Kortisol dan kadar adrenalin, bila mampu mengelola emosi dengan baik maka terjadilah keseimbangan yang baik untuk tubuh.

    Hormon kortisol dan kadar adrenalin yang tidak terkontrol akan bercampur dengan darah dan berdampak merusak peredaran darah yang ada dan merusak tubuh. Setiap ada gangguan kesehatan tubuh maka akan memiliki dampak pada tingkat kegemukan yang tak terkendali. Banyak contoh gangguan pada kadar adrenalin akan mengakibatkan tekanan darah dan denyut jantung yang tinggi. Dan terjadinya peningkatan Trigliserida atau lemak dalam darah, serta tingginya kadar gula anda. Juga darah cepat membeku, dan menjadi kental. Kadar adrenalin yang tinggi meningkatkan kolesterol dalam darah, ini merusak metabolisme tubuh, dan BAB jadi susah sehingga perut buncit dan tubuh gemuk.

    Bagaimana dengan hormon Kortisol, saat adrenalin masuk ke dalam sirkulasi tubuh, maka hormon Kortisol timbul. Hormon satu ini menyebabkan diabetes, dan menaikkan bobot tubuh yang bagian perut. Hormon kortisol juga menyebabkan tulang kropos karena menyedot Calcium, Magnesium, Potassium dalam matriks tulang. Juga tubuh mudah terserang sakit karena daya tahan kekebalan tubuh rendah.

  4. Menurunkan berat badan disesuaikan dengan Golongan darah anda, yaitu golongan A, B, AB, O. Sebaik apapun anda melakukan program tersebut, maka akan lebih baik bila disesuaikan dengan golongan darah anda masing-masing.

A. Menurunkan berat badan untuk orang bergolongan darah A.

Golongan darah A, orang dengan jenis golongan darah ini sangat baik makan sayur-mayur, buah, makanan dari olahan kedelai, misalkan tahu, tempe, capcay, karedok Jakarta, tipat Bali, gado-gado Surabaya, tahu pong Semarang. Pendek kata, banyak makan sayur, dan buah sangat dibutuhkan untuk pemilik golongan darah tersebut.

Makanan yang harus dihindari jenis daging merah dari sapi, babi, anjing, kelinci, bebek, udang, cumi, lobster, kepiting, kerang darah dalam jumlah banyak. Hindari juga menu berlemak,misalkan keju, yogurt manis, es krim dalam dosis lebih. Makanlah ikan salmon, tuna, lele, telur dalam jumlah yang wajar.

B. Menurunkan berat badan untuk orang dengan golongan darah B.

Golongan darah B, orang yang memiliki golongan darah ini jarang sekali menderita sakit karena antibodinya sangat prima. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan gabus, ikan dorang. Sayur brokoli, sawi daging, terong, wortel, kubis baik di jadikan bahan pengenyang perut.

Menu yang sebaiknya dihindari adalah daging ayam horn, ayam pedaging yang mengandung zat kimia dalam pakan ternaknya, daging itik, daging burung puyuh atau unggas dikurangi, karena memperbesar risiko darah mengental. Bila ingin konsumsi sari laut misalnya kerang darah, kerang batik, cumi-cumi, daging sapi, daging kambing, boleh dengan porsi kecil.

C. Menurunkan berat badan untuk orang dengan golongan darah AB.

Orang dengan golongan darah AB sangat mudah beradaptasi dengan semua jenis makanan. Konsumsi makanan yang berimbang dari daging ikan, daging ayam, daging sapi tak masalah , apalagi diimbangi dengan adanya sayur-mayur yang kaya serat. Kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan minum susu, dan makan buah anggur. Yang perlu dihindari adalah kepiting, udang, agar tidak terkena alergi, juga hindari telur bebek, pisang, soft drink.

D. Menurunkan berat badan untuk orang dengan golongan darah O.

Orang dengan jenis golongan darah O, asalkan tidak mengidap diabetes maka masih bisa ditolelir untuk mengkonsumsi sedikit daging sapi sekitar setengah ons sebagai penyedap masakan, sea food, makanlah nasi merah sebagai ganti nasi putih, makanlah sayur sawi, sayur bayam, sayur kubis, sayur pocai. Daging sapi harus dihindari, alasannya adalah daging sapi ini mengandung lemak jenuh yang jahat bagi tubuh.

Penelitian menyatakan bahwa orang yang gemar makan daging sapi, misalkan bakso kasti yang besar sebanyak 2 buah maka amati leher maupun tengkuknya pasti ada gumpalan daging yang banyak lemaknya. Begitu pula dengan nasi putih, mengandung gula dan kalori yang menggemukkan badan, khususnya bagian paha dan lengan. Nasi merah dianjurkan karena tidak mengandung gula, dan cara menanaknya di rice cooker adalah tiap bagian beras merah tambahkan air 2 bagian agar nasinya tidak keras, makanlah dengan lauk ikan kering dengan sup terpisah.

Jadi pantangan hanya jenis daging merah seperti daging sapi, daging babi, daging kambing, daging anjing, daging ular, daging buaya, yang lemak jahatnya bisa menumpuk pada bagian leher, tengkuk, paha dan lengan, serta perut. Dalam kurun waktu 6 hari saja tanpa makan daging merah dan nasi putih serta tidak makan camilan, tapi kondisi makan kenyang dengan ikan, sayur, buah dengan sukacita hasilnya akan baik. Berat badan akan turun 4 kg, dengan dibarengi puasa sampai dengan pukul 12.00 tiap hari, namun tetap minum air saat puasa.

Kesimpulannya adalah bagi anda yang ingin mengetahui hal apa saja yang harus dihindari agar program menurunkan berat badan anda sukses adalah, pertama miliki tekad yang kuat untuk melakukannya. Karena tekad kuat untuk berkurang berat badan inilah yang merupakan kunci utama untuk anda bisa lakukan program tersebut dengan berhasil.

Berikutnya adalah upaya yang harus dilakukan agar menghindari makanan dan minuman yang menggagalkan program diet anda, serta jaga tingkat emosional anda agar tidak terlalu tertekan atau stress bila menghadapi masalah dalam hidup ini. Kenali jenis golongan darah anda agar lebih berhasil dan cepat menghindari makanan yang tidak baik untuk program diet anda dalam menurunkan berat badan anda. Sukses menanti anda, lakukan dengan sukacita dan penuh keyakinan langkah- langkah tersebut diatas.

Last edited 23 February 2015